Apa itu Meme? Bagaimanakah Bisa Begitu Populer Hingga Sekarang?

in ,
Apa Itu Meme Bagaimanakah Bisa Begitu Populer Hingga Sekarang Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Jika kalian aktif bermain sosial media. Pasti pernah menemukan meme-meme yang tersebar di berbagai grub ataupun teman-teman kalian yang membagikannya. Nah, pernahkah kalian berpikir, apakah meme itu? Kenapa bisa sangat populer dikalangan kaum millenials hingga dewasa.

Berbicara mengenai hal itu, tentu saja meme-meme ini sangat menghibur dimata dan bisa menjadi hobi kita melihat meme-meme yang berdasarkan fakta dan lainnya. Tentu saja meme sendiri ada terdapat beberapa jenis. Lalu, Apakah Meme Itu?

Apa Itu Meme – Asal Usul Meme – Perkembangan Meme

Apa itu Meme? Menurut kami, meme itu adalah sebuah gambar atau foto yang berisi tulisan kreasi para netizen atau para pembuat meme itu sendiri. Tentu, tulisan tersebut sangat mendukung ekpresi dari gambar tersebut. Misalkan sedih, berarti meme tersebut jenisnya sedih. Begitu pula sebaliknya, jika senang, meme itu akan berjenis senang.

Pengertian Meme menurut Wikepedia: ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Meme merupakan neologisme yang diciptakan oleh Richard Dawkins.  Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan,, lagu, tarian dan suasana hati.

Meme dapat replikasi dengan sendirinya (dalam bentuk peniruan) dan membentuk suatu budaya, cara seperti ini mirip dengan penyebaran virus (tetapi dalam hal ini terjadi di ranah budaya). Tentu siapa saja bisa membuat meme, asal mempunyai sebuah foto dan kreasi ide masing-masing. Jika iya, kenapa tidak?


Asal Usul Meme

Kata meme pertama kali dikenalkan oleh Dawkins melalui bukunya The Selfish Gene pada tahun 1976. Dawkins memakai istilah ini untuk mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentukan dari banyak replikator.

Hipotesisnya adalah manusia seharusnya melihat kelahiran budaya berasal dari banyaknya bentukan replikator, yang umumnya mereplikasi melalui hubungan dengan manusian, yang telah berevolusi sebagai peniru (walaupun tidak sempurna) informasi maupun prilaku yang efisien.

Meme tidak selalu terkopi secara sempurna, bahkan dapat hilang, tercampur atau bahkan berubah dikarenakan pengaruh dari ide lainnya, sehingga menjadikan suatu meme yang baru. Jadi, bisa disimpulkan, meme bukan hanya satu jenis ataupun begitu-begitu saja. Tetapi memiliki ragam yang banyak dan keunikan sendiri yang akan membuat kita merasa kagum.


Perkembangan Meme di Indonesia

Berbicara mengenai perkembangan Meme ini sendiri. Tentu sangat populer di Indonesia hingga sekarang. Bahkan, setiap hari tidak teritung berapa banyak meme-meme yang baru yang akan viral setiap hari di sosial media. Terutama di Facebook dan Instagram. Manfaat yang kita dapat pun beragam, seperti murah senyum dan lain-lain.

Jujur, ada sebagian orang yang lagi membaca ini adalah pembuat meme itu sendiri. Bagi orang awam, jika melihat meme, pasti langsung mencari apa itu meme dan bagaimana itu berkembang. Pas banget, karena disini kami akan menjelaskannya kepada kalian semua. Meme juga disebut Mim sekarang, dan mungkin meme ini tidak akan punah dalam beberapa waktu kedepan.

Ayo mulai berdiksusi