Ingin Menikah, Inilah Nasehat Ulama Dalam Memilih Calon Suami

in ,
Ilustrasi Nikah Islamidia

Dalam membangun dan membina rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Namun, semua akan mudah jika kedua belah pihak sepakat untuk menjalin komitmen yang kuat.

Sangat banyak nasehat dan anjuran dari para ulama yang sering kita dengar tentang pernikahan. Salah satunya adalah anjuran dari Syaikh Fuad Shalih yang merupakan seorang ulama dan penulis buku tentang pernikahaan.

Adapun nasehat dan anjuran yang diperuntukkan bagi para muslimah agar tidak menikah dengan pria yang memiliki kriteria berikut ini.

Kriteria Calon Suami yang Harus Dihindari

1. Meninggalkan Shalat

Saat ini banyak sekali orang-orang yang mengaku bahwa dirinya seorang muslim. Namun kenyataannya masih banyak di antara kita masih meninggalkan kewajiban kita sebagai seorang muslim yakni menunaikan Shalat.

JANGAN LEWATKAN •
Aktris Coi Ji Woo Ketahuan Resmi Menikah Diam - Diam, Siapakah Suaminya?

Di jelaskan bahwa, barang siapa yang berani meninggalkan shalat, secara tidak langsung kita telah mengkhianati Allah. Dan apabila Allah saja dikhianati, bagaimana bisa seseorang tersebut dijadikan imam dalam keluarga.

2. Gemar Melakukan Dosa Besar

ilustrasi mabuk

Bagi seorang muslimah, janganlah kalian memilih pria yang gemar melakukan dosa-dosa besar. Misalnya seperti berzina, mabuk, berjudi, dan dosa-dosa besar lainnya.

Bukan tanpa alasan, selain tidak bisa membina dan membimbing seorang istri. Pria seperti ini hanya akan membawa banyak kemudharatan bagi istri dan juga anak keturunannya.

3. Dayyuts

Pria yang tidak memiliki rasa cemburu terhadap istrinya, di mana ia merasa sangat bangga saat ada orang lain menggoda istrinya karena kecantikan yang dimiliki istrinya.

Biasanya pria yang memiliki sifat ini tidak akan mendukung sang istri saat mempunyai keinginan untuk menutup aurat.

4. Takabur/Sombong

ilustrasi sombong

Pria yang memiliki sifat sombong seharusnya sangat dihindari untuk dijadikan suami. Karena pria yang memiliki sifat sombong sangatlah egois dan akan sulit sekali mengalah terhadap wanita.

JANGAN LEWATKAN •
7 Potret Cosplay Hero Mobile Legends ini Akan Bikin Kalian Tergoda!

Pria yang memiliki sifat sombong juga akan susah mengerti bagaimana perasaan seorang istri. Terlebih secara sosial, orang sombong sulit bergaul dan sulit diterima baik oleh masyarakat.

5. Durhaka Kepada Orangtua

ilustrasi anak durhaka

Menikah bukanlah menjadi alasan seseorang untuk jauh dari orangtua, maka sebagai seorang muslimah ada baiknya mencari calon suami yang cinta terhadap orangtuanya.

Dan jangan sekali-kali seorang muslimah mencari calon suami yang durhaka kepada orangtuanya. Bagaimana mungkin pria seperti itu bisa mencintai istrinya, sedangkan ia sendiri durhaka kepada orangtuanya.

6. Kebanci-bancian

ilustrasi kebanci-bancian

Pria yang memiliki sifat kebanci-bancian biasanya dapat dikenali dari caranya yang bersikap lemah gemulai dan tutur kata yang hampir menyerupai suara wanita.

Pria yang memiliki sifat ini janganlah di jadikan seorang imam dalam berkeluarga karena akan menimbulkan fitnah dari masyarakat.

Itulah beberapa nasehat yang diberikan oleh Syaikh Fuad Shalih. Semoga para muslimah bisa mendapatkan calon imam yang terbaik.

JANGAN LEWATKAN •
Seiyuu dari Rin Nohara Haruhi Nanao Resmi Telah Menikah!

Semoga bermanfaat

Sumber : Webmuslimah