Inilah 4 Daftar Team Esports Paling Sukses Di Dunia Versi Forbes

in ,
Organisasi ESports Paling Sukses Di Dunia Versi Forbes

Tidak bisa dipungkiri, jika perkembangan industri Esports saat ini bisa dibilang sudah sangat berkembang. Saat ini sudah banyak organisasi Esports yang muncul dan menghasilkan uang yang bisa dibilang cukup besar.

Esports yang kini menjadi fenomena global, ternyata bermula dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh suatu komunitas, dan hanya berhadiahkan sebuah majalah.

Sama halnya dengan email yang merupakan singkatan dari electronic mail. Esports sendiri adalah singkatan dari electronic sports, yaitu olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh profesional.

Beberapa waktu lalu, esports sama sekali tidak dikenal. Akan tetapi, sekarang ini fenomena esports terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan. Mulai dari gamers, media, hingga perusahaan-perusahaan besar yang sama sekali tidak bergerak di bidang esports.

Nah berbicara mengenai eSports, baru-baru ini Forbes telah merilis daftar dari organisasi eSports dengan nilai valuasi terbesar di dunia saat ini. Kebanyakan dari organisasi eSports tersebut telah menghasilkan banyak prestasi dari berbagai macam game.

Berikut Daftar Team Esports Paling Sukses Di Dunia Versi Forbes


1. Cloud9

Cloud9 team esports sukses
Cloud9

Organisasi Esports Paling Sukses Di Dunia Yang Pertama adalah Cloud9. Cloud9 adalah sebuah organisasi eSports yang bermarkas di Amerika. Organisasi eSports yang didirikan oleh Jack Etienne pada tahun 2013 ini diketahui memiliki nilai valuasi lebih dari USD400 juta atau setara dengan Rp5,6 triliun.

Cloud9 sendiri memiliki beberapa divisi seperti CS:GO, Fortnite, PUBG, Rainbow Six, dan masih banyak lagi.


2. Team soloMid (TSM)

Team SoloMid
Team soloMid

Organisasi Esports Paling Sukses Di Dunia Yang Kedua adalah TSM atau biasa di sebut Team soloMid. TSM merupakan salah satu organisasi Esports tertua yang didirikan oleh Andy Dinh pada tahun 2009 lalu. Saat ini TSM memiliki nilai valuasi lebih dari USD400 juta dan memiliki beberapa divisi game layaknya Cloud9.

Team SoloMid memiliki banyak tim di beberapa judul esports, seperti League of LegendsPUBG, Fortnite, Hearthstone, Smash, Overwatch, Rocket League, Apex Legends, Magic: The Gathering, Rainbow Six Siege, dan Teamfight Tactics.


3. Team Liquid

Team Liquid
Team Liquid

Organisasi Esports Paling Sukses Di Dunia Yang Ketiga adalah Team Liquid. Team Liquid sendiri sebenarnya sudah lama terbentuk. Organisasi ini berdiri pada tahun 2000 di Belanda dan berfokus pada StarCraft. Barulah divisi Dota 2 masuk pada tahun 2012, dan waktu itu masih berpusat di Amerika Serikat.

Seperti yang kita ketahui, Team Liquid adalah sebuah nama organisasi esports yang sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan prestasi-prestasinya.

Team Liquid mempunyai tim di League of LegendsCS:GO, Dota 2, StarCraft2, Fortnite, Rainbow Six Siege, Clash Royale, PUBG, Apex, Hearthstone, Smash Melee, Smash Ultimate, Street Fighter V, Tekken, Quake, dan Team Fight Tactics.

Team Liquid mempunyai nilai valuasi sebesar US$320 juta dengan revenue sebesar US$24 juta setiap tahunnya.


4. FaZe Clan

team esports sukses FaZe Clan
FaZe Clan

Dan Organisasi Esports Paling Sukses Di Dunia Yang Terakhir Versi Forbes adalah FaZe Clan. Organisasi Esports asal Amerika Serikat ini awalnya hanyalah sebuah gaming clan di YouTube yang saat ini berkembang menjadi sebuah organisasi.

FaZe Clan mempunyai tim di beberapa judul esports, yaitu CS:GO, PUBG, Call of Duty, Fortnite, Rainbow Six Siege, dan FIFA. FaZe Clan sendiri kini mempunyai nilai valuasi sebesar US$240 juta dengan US$35 juta revenue setiap tahunnya.


Sekilas Sejarah eSports

Sedikit kilas balik perkembangan esports sampai sejauh ini. Tepatnya pada tahun 1972, pada masa yang mungkin ketika itu komputer masih jarang ditemui, tak ada jaringan internet dan belum banyak judul video game.

Sebuah kompetisi game diadakan di Universitas Stanford. Para murid diundang ke dalam sebuah kompetisi yang diberi nama sebagai Intergalactic Spacewar Olympic. Sebuah kompetisi untuk game yang berjudul Spacewar dan hanya berhadiah satu tahun langganan majalah Rolling Stone yang tengah hits pada zamannya.

Setelahnya, satu per satu kompetisi game yang sejenis pun bermunculan. Sekitar tahun 1980-an, Atari menggelar kompetisi Space Invader dengan sekitar 10.000 peserta, terbesar pada masanya. Bahkan ketika itu, kompetisi game ini terbilang menjadi fenomenal dan diangkat oleh majalah ternama Amerika Serikat, Life and Time.

Nah itulah tadi sedikit sejarah singkat terbentuknya eSports dan organisasi eSports paling sukses di dunia versi Forbes saat ini. Kira-kira apakah team eSports di atas merupakan team favorit kalian? Skuy berikan tanggapan kalian di kolom komentar ya gais.

Ayo mulai berdiksusi