Ibu Selliane, Bapak Ricky, Dan Bapak Narenda

BEKRAF Game Prime 2018 Siap Digelar!


Jakarta, 10 Juli 2018 – Tahun lalu, BEKRAF Game Prime 2017 mencatatkan sejarah baru di industri game Indonesia. Digelar selama tiga hari berturut-turut (satu hari Business Day dan dua hari Public Day), BEKRAF Game Prime 2017 berhasil menyedot animo lebih dari 13.000 pengunjung dari seluruh Indonesia. BEKRAF Game Prime 2017 pun bukan hanya menjadi event industri game terbesar di Indonesia, melainkan juga salah satu event industri game papan atas di kawasan Asia Tenggara.

Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerja sama dengan IDEA Network dan AGI pun siap kembali mencatat sejarah dengan menggelar BEKRAF Game Prime 2018. BEKRAF Game Prime 2018 bakal digelar selama tiga hari, Business Day pada tanggal 13 Juli 2018 bertempat di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta dan Public Day selama dua hari (14 dan 15 Juli 2018) bertempat di Balai Kartini, Jakarta.

“Tugas Badan Ekonomi Kreatif sebenarnya adalah membangun ekosistem ekonomi kreatif. Game adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas saat ini. Selain itu, game bukan hanya sekadar entertainment, melainkan bisa menjadi alat edukasi, periklanan bahkan bisa membantu pengembangan subsektor ekonomi kreatif lainnya,” tutur Selliane Halia Ishak, Plt Sestama Badan Ekonomi Kreatif.

Seperti tahun 2017, event yang akan dilaksanakan mulai 13-15 Juli 2018 ini dibagi dalam dua konsep. Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C). Business Day akan mengawali perhelatan BGP 2018 dengan konsep seminar yang menghadirkan para stakeholders industri game tanah air.

Sejumlah tokoh, pakar, dan developer game top mengisi line up sesi B2B ini di hotel Ayana Midplaza, Jakarta. Seperti Wan Hazmer (Founder Metronomik) yang sebelumnya merupakan Lead Game Designer dari Final Fantasy XV, ada juga Elizabeth Galuh, salah satu Project Manager dari Streamline Games Malaysia yang sebelumnya ikut terlibat di pengembangan Street Fighter V dan Marvel vs Capcom Infinite. Dari sesi tersebut, para developer lokal diharapkan bisa menambah skill dan wawasannya agar produk gamenya bisa bersaing di level global.

BACA
Karena Adegan Kekerasan, Seri Anime Mahou Shoujo Site Diadukan Ke Komnas Perlindungan Jepang!

Pada hari kedua dan ketiga (14-15 Juli), adalah hari “bermain” alias Business to consumer yang akan digelar di Balai Kartini, Jakarta dengan konsep pameran yang menghadirkan aneka jenis game, mulai dari board game (sejenis monopoli, ular tangga) hingga game yang disebutsebut sebagai permainan masa depan yaitu game Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Selebihnya, sesi ini dijadikan sarana oleh developer lokal untuk memamerkan hasil karyanya kepada pengunjung sambil berharap dilirik oleh publisher ataupun investor lokal maupun mancanegara.

“Tujuan mengadakan ini (pameran, red) memang ingin mempertontonkan kepada masyarakat di indonesia bahwa banyak pembuat-pembuat game lokal termasuk startup startup lokal yang memang mempunyai kualitas yang sudah layak kita pertontonkan,” ujarnya lagi.

Bekraf Game Prime 2018 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia. (*)

Poster B2C

Belajar Bikin Game dari Pakarnya di Business Day

Pada Business Day, BEKRAF Game Prime 2018 akan mengumpulkan para pelaku industri game Indonesia dan mancanegara untuk saling bertukar ilmu dan membangun relasi untuk kepentingan kolaborasi jangka panjang di industri game. Business Day akan diisi dengan beragam seminar yang mengedukasi dan menginspirasi dari pembicara lokal, internasional, serta pelaku industri game lokal yang sukses bekerja di studio internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

BACA
Puluhan Juta Rupiah Disiapkan Untuk Para Cosplayer Costume Maker di POPCON Asia 2018

Bukan hanya belajar bikin game langsung dari pakarnya. Di akhir sesi Business Day, kamu bisa menjalin relasi baru dan mendiskusikan potensi kolaborasi di masa yang akan datang. Acara networking ini akan dikemas secara kasual lewat sebuah sesi VIP Dinner.

Berikut adalah sesi-sesi yang akan ditampilkan dalam Business Day BEKRAF Game Prime 2018

Sesi 1: Optimizing Your Network

  • Panelis: Hari Sungkari (BEKRAF), Arief Widhiyasa (Agate Studio), Adam Ardisasmita (Arsanesia)

Sesi 2: What to Expect When You Work with a Foreign Company

  • Panelis: Elizabeth Galuh (Streamline Games) and Ian Purnomo (Sony Interactive Entertainment). Moderator: Ian Gregory (Witching Hour Studios)

Sesi 3: Project Management Guide for Game Developers

  • Pembicara: Langer Lee (XFLAG/mixi inc.)

Sesi 4: Level Up Your Game With AWS: How Are Global Gaming Companies Doing It

  • Speaker: Silvia Wibowo (Amazon Web Services)

Sesi 5: Blockchain Technology for Local Gaming Industry

  • Pembicara: Brian Fan (Mfun)

Sesi 6: Beautiful & Engaging Game Design

  • Pembicara: Wan Hazmer (Metronomik/Ex-Square Enix)

Bermain Game Dua Hari Penuh di Public Day

Sedangkan Public Day akan mengusung konsep eksibisi, dimana ribuan pengunjung akan diajak untuk bermain game di ratusan booth yang tersedia selama dua hari penuh. Para pelaku industri game lokal dapat memamerkan hasil karyanya yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Bukan hanya itu, akan ada juga beberapa hiburan lain yang akan memanjakan pengunjung. Berikut rinciannya:

BACA
Main Game Tapi Patah-patah? Ikuti 4 Cara Meningkatkan FPS Berikut ini

100++ Game Lokal Terbaik Indonesia untuk Dimainkan!

Ini saatnya mengenal lebih banyak game-game buatan developer dalam negeri. Yap, BEKRAF Game Prime 2018 akan menghadirkan lebih dari 100 game lokal keren yang bisa dimainkan. Bukan hanya itu, bagi yang tertarik untuk terjun di industri game, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk belajar dari developer game-nya langsung!

Para developer ini punya berbagai merchandise menarik bagi kamu yang mampir dan memainkan game mereka. Untuk daftar game-nya bisa disimak di https://event.gameprime.org/b2c/exhibitor.

Bermain Board Game Seharian GRATIS

Sebelumnya mungkin kita mengenal board game dari judul-judul seperti Monopoli atau Ular Tangga. Nah, di BEKRAF Game Prime 2018 akan ada satu area khusus untuk bermain board game seharian GRATIS. Judul-judul board game yang dihadirkan pun beragam dan mayoritas merupakan hasil karya anak-anak bangsa dari beberapa pengembang seperti Manikmaya Games, Kompas dan sebagainya.

Tertarik untuk membawa salah satu board game ini pulang? Pengunjung juga bisa langsung membelinya dari kreatornya di sini!

Cicipi Game-game dengan Teknologi Virtual Reality

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) menjadi dua teknologi yang disebut-sebut sebagai teknologi game masa depan. BEKRAF Game Prime 2018 juga menyediakan VR & AR area khusus. Di area ini pengunjung bisa bermain game-game VR dan AR, baik yang dibuat developer dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Nostalgia Bermain Ding Dong Era 90-an

Pengunjung bisa menemukan arcade center versi mini di BEKRAF Game Prime 2018 yang akan menjadi “mesin waktu” kembali ke masa kecil. Ada banyak mesin arcade retro yang bisa kamu temukan dan kamu juga bisa bertemu bersama komunitas kolektornya.

BACA
3 Anime (Animasi) Karya Anak Anak Indonesia Dengan Orisinil Story-nya

Bertemu Idola di Artist & Comic Alley

Bagi para artist, entah itu komikus, ilustrator ataupun artist game, BEKRAF Game Prime 2018 menghadirkan satu area khusus yang menghadirkan banyak artist bertalenta di Indonesia. Kamu bisa langsung bertatap muka dan belajar banyak hal dari mereka, atau mungkin juga mendapatkan karya-karya eksklusif mereka.

Belanja Mainan di Toys Alley

Mulai dari Gunpla, LEGO, Action Figure, hingga mainan buatan lokal bisa kamu beli di sini. Pengunjung juga bisa bertemu dengan beberapa komunitas juga lho, seperti Gunpla Freedom Club Indonesia, Indo Art Toys dan Order 66 Indonesia.

Uji Skill di Kompetisi eSports

Selama dua hari kamu bisa menemukan kompetisi eSport di area BEKRAF Game Prime 2018. Ada turnamen Wild Card PES 2018 yang bisa dikuti untuk mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia ke kejuaraan Asia Tenggara di Kuala Lumpur Agustus mendatang!

Lalu, delapan tim Mobile Legends terbaik di Indonesia akan saling beradu untuk memperebutkan gelar siapa tim terbaik saat ini. Kamu bisa langsung nonton keseruannya, bahkan mendapatkan kesempatan untuk meet and greet dengan para atlet profesionalnya. Berikut daftar tim yang akan bertanding di turnamen ini:

  • RRQ
  • LOUVRE
  • AEROWOLF ROXY
  • EVOS
  • BOOM.ID
  • BIGETRON ESPORTS
  • GGWP.ID
  • ONIC ESPORTS

Foto Bareng Cosplayer dan Belajar Bikin Kostum untuk Cosplay

Komunitas Order 66 Indonesia dan Mandoan Bounty Hunter Tribes akan hadir di BEKRAF Game Prime 2018. Mereka akan memeriahkan arena konvensi dengan berbagai macam cosplay khas Star Wars. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia cosplay, komunitas Order 66 Indonesia menurut rencana juga akan menggelar workshop singkat bagaimana cara merakit kostum cosplay sendiri.

BACA
Heboh Kembalinya Game Portal, Tapi Bukan seperti yang Kamu Harapkan

Belajar Merakit Gunpla dengan Rapi dan Benar

Salah satu komunitas Gunpla terbesar di Indonesia, Gunpla Freedom Club Indonesia akan hadir untuk memeriahkan dua hari penuh BEKRAF Game Prime 2018! Selain gathering nasional, mereka juga akan menggelar beberapa workshop singkat bagaimana merakit Gunpla dengan benar dan hasilnya rapi. Bagi yang ingin menambah koleksi Gunpla di rumah, mereka juga akan menjual beberapa Gunpla dengan harga diskon.

Doorprize: PS4 dan Nintendo Switch!

BEKRAF Game Prime 2018 juga bakal menghadirkan doorprize di akhir acara. Hadiahnya tidak main-main, mulai dari berbagai gaming gear keren, PS4, hingga Nintendo Switch!

Selama pameran, kamu akan mendapatkan quest card yang bisa kamu tunjukkan ke booth yang kamu kunjungi. Setelah kamu menyelesaikan aktivitas di satu booth, kamu akan mendapatkan stamp. Kumpulkan stamp tersebut untuk ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik dan juga kupon undian berhadiah PS4 dan Nintendo Switch ini!

Selain itu, BEKRAF Game Prime 2018 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia.

Mengusung tema “Gaming: Evolved” diharapkan BEKRAF Game Prime 2018 ini bisa mengakomodasi dan memberikan informasi kepada para pelaku industri maupun masyarakat umum mengenai tren industri game yang terus berevolusi dengan cepat. Survei dari AppAnnie dan Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR) dan eSports adalah masa depan industri game, dan pendapatan industri dari sektor tersebut diperkirakan akan meningkat berkali-kali lipat hingga 2020 mendatang. Sehingga dengan adanya BEKRAF Game Prime 2018 ini, diharapkan para pelaku industri Indonesia dan Asia Tenggara bisa semakin bersaing di tingkat global.

BACA
VGJ. Storm Berhasil Menjadi Juara di GESC Thailand

“Indonesia memiliki pasar yang besar dan akan sangat disayangkan jika kita tidak melakukan apa-apa untuk mengoptimalkannya,” ungkap Monica Kansy, Chief Event and Community Officer dari IDEA Network.

“Pada dasarnya, kami memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang dengan adanya BEKRAF Game Prime 2018 ini. Untuk jangka pendek, kami menargetkan Game Prime bisa menjadi platform yang sempurna bagi developer game Indonesia untuk memamerkan produk mereka dan meningkatkan skill mereka. Sedangkan untuk jangka panjang, kami ingin mengubah pola pikir masyarakat secara umum terhadap game,” lanjutnya.

“Kami ingin membuktikan bahwa pengaruh game tidak selalu buruk. Faktanya, gamifikasi akan mungkin sangat dekat dengan kehidupan kita di masa depan. Misalnya, game bisa membuat edukasi menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipelajari oleh siswa. Beberapa perusahaan juga menggunakan game untuk memperkenalkan kebijakan perusahaan kepada para karyawannya. Siapa yang tahu, apa lagi yang bisa dilakukan oleh game di masa yang akan datang,” tutup Monica.

Tiket BEKRAF Game Prime bisa didapatkan secara gratis melalui tautan http://bit.ly/bgp2018 (untuk Public Day) serta http://bit.ly/GamePrime18 (untuk Business Day). Informasi lebih lanjut mengenai BEKRAF Game Prime 2018 ini bisa dilihat di http://www.gameprime.org  atau menghubungi [email protected].

 

 


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Suka Suka
0
Suka
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Takjub Takjub
0
Takjub
Ngakak Ngakak
0
Ngakak

0 Komentar

Alfryan Irgie

Novice

Remaja millennials yang acapkali main game kesayangan waktu zaman SD, seperti Stronghold Crusader, Harvest Moon: Back to Nature, sampai Warcraft II sekalipun. Hubungi: [email protected]
Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek & Pop-culture
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Kuis kepribadian
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Peringkat
Buat List, Daftar atau Peringkat Seputar Geek & Pop-culture
Daftar terbuka
Buat Item untuk Di voting oleh Komunitas