Alasan Mengapa PlayStation 4 Lebih Unggul Daripada Xbox One!

in ,
Alasan Mengapa Playstation 4 Lebih Unggul Dari Pada Xbox One
Alasan Mengapa Playstation 4 Lebih Unggul Dari Pada Xbox One

Seperti yang kita ketahui bersama, persaingan sengit antara 2 konsol ternama yakni PlayStation 4 dan Xbox One tidak pernah ada habisnya. Terbaru, Sony baru saja merilis laporan pendapatannya yang menunjukkan PlayStation 4 masih diminati meski generasi selanjutnya akan segera hadir. Konsol kembangan Sony tersebut telah menuai banyak kesuksesan dan prestasi yang membanggakan.

Dalam beberapa bulan kedepan, kita akan menyambut konsol generasi baru atau biasa disebut konsol Next-Gen. Akan tetapi, sebelum itu mari kita bahas konsol mana yang menjadi pemenang dari duel sengit antara PlayStation 4 dan Xbox One.

Hingga saat ini, baik Sony maupun Microsoft sudah berhasil menyuguhkan konsol luar biasa di generasi saat ini. Keduanya konsol tersebut terbilang memiliki segala hal yang diperlukan untuk menjadi konsol idaman.

Siapa Yang Terbaik Antara PlayStation 4 Dan Xbox One ?

Xbox One Vs Playstation 4
Xbox One Vs Playstation 4

Dari segala aspek yang telah dihadirkan oleh kedua konsol ini, nampaknya PlayStation 4 lebih unggul. Kenapa bisa begitu ? berikut ini ulasan singkat mengenai alasan PlayStation 4 lebih baik dari pesaingnya.

Jika dilihat dari segi eksklusifitas, PlayStation 4 memiliki jajaran game eksklusif impresif. Jajaran game tersebut seperti Rachet & Clank, Uncharted 4: A Thief’s End, The Last of Us: Remastered, The Last of Us Part II, Horizon: Zero Dawn, Marvel’s Spider-Man, dan tentunya God of War (2018).

Jika bandingkan dengan Xbox One, game eksklusif yang dihadirkan juga tidak kalah bagusnya. Akan tetapi, game-game tersebut membutuhkan waktu cukup lama untuk disempurnakan. Sementara game eksklusif PlayStation 4 tidak memerlukan waktu lama untuk diminati oleh para gamer.

Dari segi inovasi sendiri, PlayStation 4 bisa dibilang mengalahkan Xbox One. Pasalnya, Aksesoris tambahan VR yang diluncurkan Sony laku keras di pasaran. Sementara Kinect yang awalnya wajib dibeli karena sepaket dengan konsol Xbox One banyak menuai kritik. Akhirnya pada tahun 2017, Microsoft menghentikan produksi Kinect.

PlayStation 4 Torehkan Pencapaian Baru

Playstation 4 Torehkan Pencapaian Baru Di Tengah Merebaknya Pandemi
Playstation 4 Torehkan Pencapaian Baru | Sony PlayStation

Dalam kelas konsol rumahan, PlayStation 4 kini telah berhasil menempati posisi kedua di bawah PlayStation 2 dengan melampaui Nintendo Wii dan PlayStation Original. Sedangkan Xbox One tidak berada didalam jajaran konsol tersebut.

Dari segi harga dan penjualan, bisa dikatakan PlayStation 4 jauh mengungguli Xbox One. Pada awal launching-nya, PlayStation 4 dibanderol dengan harga US$400 sementara Xbox One dihargai US$500. Harga tersebut lebih tinggi US$100 karena konsol dijual satu paket dengan Kinect.

Dari segi penjualan, pada Februari lalu PlayStation 4 telah terjual sebanyak 107 juta unit. Sedangkan Xbox One hanya terjual sebanyak 46.36 juta unit, bahkan tidak mencapai setengah penjualan konsol Sony. Angka penjualan PlayStation 4 tertinggi dalam satu tahun terjadi pada 2016 dengan 20 juta penjualan.

Dari semua aspek yang sudah kita bahas tadi, terlihat jelas jika PlayStation 4 unggul di berbagai aspek dibanding Xbox One. Baik itu dari eksklusifitas, inovasi, hingga harga dan penjualan antara kedua konsol ini.

Patut kita simak bagaimana jalannya persaingan antara kedua konsol ini. Terlebih lagi, persaingan antara kedua perusahaan pun terus semakin memanas dengan diperkenalkannya kedua konsol Next-Gen mereka. Oleh karena itu, pastikan kalian pantau terus Dafunda Game untuk mendapatkan informasi update lainnya seputar dunia game.