PlayStation 4 Torehkan Pencapaian Baru Di Tengah Merebaknya Pandemi!

in , , ,
Playstation 4 Torehkan Pencapaian Baru Di Tengah Merebaknya Pandemi
Playstation 4 Torehkan Pencapaian Baru Di Tengah Merebaknya Pandemi | Sony PlayStation

Beberapa hari yang lalu, Sony baru saja merilis laporan pendapatannya yang menunjukkan PlayStation 4 masih diminati meski generasi selanjutnya akan segera hadir. Konsol kembangan Sony tersebut telah menuai banyak kesuksesan dan prestasi yang membanggakan.

Sony membukukan pendapatan keuangannya dari kuartal sebelumnya dan PlayStation 4. Penjualan PlayStationS 4 terus naik meskipun terjadi karantina wilayah secara global.

Dalam kelas konsol rumahan, PlayStation 4 kini telah berhasil menempati posisi kedua di bawah PlayStation 2 dengan melampaui Nintendo Wii dan PlayStation Original. 

Telah Terjual 110 Juta Unit Lebih

Dilansir dari seorang informan terpercaya Daniel Ahmad, Playstation 4 baru saja memecahkan rekor penjualan sepanjang waktu mereka dengan capaian kurang lebih sekitar 110 Juta unit terjual. Pencapaian tersebut mendekati angka penjualan konsol legendaris Playstation 2 yang mencapai sekitar 155 Juta unit.

Dengan catatan penjualan tersebut, PlayStation 4 baru saja meraih pencapaian luar biasa dengan menembus 100 juta penjualan. Penerapan social distancing di tengah pandemi diyakini jadi salah satu faktor pendukung pencapaian ini. Meski demikian, rekor penjualan konsol terbanyak masih dipegang PlayStation 2 di angka 155 juta penjualan.

Berbicara mengenai penjualan, Sony juga berhasil meraih pencapaian menarik lainnya dengan mencatatkan 51 persen penjualan game secara digital. Hal ini merupakan pertama kalinya terjadi lebih banyak penjualan digital dibandingkan dengan penjualan fisik. Hal tersebut juga menggambarkan kemungkinan pergeseran tren pasar game di tahun mendatang.

Mampukan PlayStation 4 Melampaui PlayStation 2?

Playstation 2 X Playstation 4
Playstation 2 X Playstation 4 | Sony PlayStation

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Sony telah berhasil menjual 1,5 juta perangkat hanya dalam tiga bulan dan mencapai total 110,4 juta konsol sejak dirilis. Jumlah ini mencakup semua konfigurasi yang tersedia, termasuk Pro. Sebanyak 1,5 juta penjualan di kuartal pertama ini menurun dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, dalam periode yang sama Sony menjual sekitar 2,6 juta konsol.

Angka penjualan PlayStation 4 tertinggi dalam satu tahun terjadi pada 2016 dengan 20 juta penjualan. Jika ingin melampaui PlayStation 2, maka angka tersebut harus digandakan. Tentunya hal tersebut akan sulit, pasalnya konsol Next-Gen andalan Sony yakni Playstation 5 bakal hadir akhir tahun ini.

Pihak Sony pun mengakui bahwa performa penjualan konsol dan game PlayStation 4 cukup lesu. Selain itu, kurs mata uang yang bergejolak membuat angka pendapatan tahunan perusahaan turut ikut menurun.

Terlepas dari melemahnya performa finansial yang menurun, dalam kesempatan yang sama Sony mengumumkan kabar baik bagi para penggemar. Perusahaan asal Jepang tersebut memastikan bahwa jadwal peluncuran konsol PlayStation 5 masih akan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya.

Artinya, peluncuran PS5 akan tetap dilakukan pada musim liburan 2020, alias sekitar momen Thanksgiving pada 26 November hingga Natal (25 Desember) mendatang. Nantikan terus berita update lainnya seputar dunia game hanya di Dafunda Game yaa!!