Mengapa Tampilan Xbox Series X Terlihat Seperti Sebuah Kulkas?

in ,
Xbox Series X kulkas
GameRant

Salah satu aspek utama yang mempenhgaruhi kesuksesan sebuah console, adalah kesleuruhan tampilan fisik console-nya. Semakin menarik atau semakin beda tampilannya, maka semakin tertarik / hype pula game untuk membelinya.

Dan pernyataan tersebut sangatlah tepat untuk ngegambarin varian Xbox One yang sedianya akan diluncurkan Desember 2020 ini, Series X.

Salah satu aspek utama mengapa gamer sudah “gatal” untuk segera mencoba bahkan, membeli console-nya adalah dikarenakan tampilan console-nya yang beda dan unik dari tampilan varian console-console Xbox sebelumnya.

Seperti Kulkas

Xbox Series X Controller 0
Xbox Series X | Windows Central

Spesifiknya kalau kamu merhatiin banget, keseluruhan tampilan Xbox Series X benar-benar keliatan seperti sebuah kulkas. Ya perhatiin aja deh. Ya gak?

Walau sekali lagi hal tersebut gak masalah atau seperti yang dijelaskan di awal, akan kian menarik gamer untuk membeli consolenya, tapi di saat yang sama, mungkin kita kini bertanya, apa sih yang mendasari tim Microsoft untuk men-desain nya dengan tampilan seprti kulkas itu?

Penjelasan Yang Sangat Masuk Akal

3615292 X
Xbox Series X | Gamespot

Dan ternyata, perbandingan yang mungkin terdengar agak konyol ini sudah sering didengar oleh tim Xbox. Hal ini diungkapkan baru-baru ini oleh principal designer, Chris Kujawski.

Menurutnya perbandingan tersebut memang masuk akal. Karena pada dasarnya desain ini memang sengaja dibuat dengan tujuan agar tetap mempertahankan suhu kesejukan console-nya (gak cepet panas). Dan yap, kulkas memang lemari pendingin bukan?

Lebih jauhnya menurut Kujawski, desainnya memang ditampilkan demikian agar bisa mempertahankan kelancaran proses aliran udara (air flow) yang masuk dan keluar di console-nya.

Xbox Series X Internal Hardware Closeup
ODD Xbox One | GameRant

Dijelaskan lebih detail lagi, kalau Optical Disc Drive (ODD) nya memang sengaja di-set satu dimensi. Lebih spesifiknya, heat sink-nya memang dirancang demikian, agar air flow-yang masuk kian jauh lebih lancar.

Oh ya satu hal lagi, untuk semakin mendinginkan console-nya, maka motheboard-nya pun dibagi menjadi dua dan didempetkan satu sama lain. Nah dengan semua penjelasan ini, maka sekali lagi gak heran jika pada akhirnya bentuk console-nya bisa terlihat seperti sebuah kulkas.

Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan unik ini?