Tips dan Trik Naikin MMR Hingga 5K Dalam Seminggu

1307
mmr +25

Yo kali ini Dafunda #Games akan membagikan tips dan trik untuk kamu para player DOTA 2 yang ingin menaikkan MMR kamu hingga 5K. Kami mendapat tips dan trik ini dari berbagai sumber, banyak artikel seperti ini dan semuanya benar. Okee mari kita mulai  cara sukses naikin MMR.

Ubah pola pikir (mindset)

Langkah pertama adalah mengubah mindset atau pola piker. Sebelum melakukan ‘Find Match’ pikirkan apa yang akan kamu lakukan, hero apa yang akan kamu pakai, dan SELALU gunakan  hero yang seluk-beluknya sudah kamu ketahui. Jangan COBA-COBA menggunakan hero yang belum pernah kamu pakai atau masih dalam tahap pembelajaran di Ranked Game, itu bisa membuat MMR-mu berkurang (EZ -25).

Apa yang akan kita lakukan?

Ini merupakan game berkelompok, jangan lupakan itu. Banyak orang yang tidak berkomunikasi pada saat pemilihan (picking) hero. INI SALAH BESAR! Kadang banyak dari kita yang suka nge-random hero, pick sesukanya tanpa melihat team. Ingat, tidak selamanya kamu bisa ngambil mid, jadi hard carry, atau best killer, kamu BUKAN Miracle si Manusia 9K yang bisa membuat semua menjadi mid hero, bahkan pemilihan jalur (lane). Jika ada offlaner di timmu, biarkan dia sendiri dilane. Jangan ganggu dia (kecuali dia gak bisa last hit), itu akan memperlambat dia “JADI”.

Pembagian Lane

Bicara soal pembagian Lane, banyak orang yang gagal di proses ini. Jadi, berikut tips untuk pemilihan lane:

1. Midlaner

Just farm, deny, dan coba untuk mengontrol rune. JANGAN MATI, selalu lihat minimap, farm di creep hutan kalau perlu, dan jangan biarkan lawanmu di mid mendapat “Free Farm”. Kalau kamu carry, jangan roam (nge-gank), JUST FARM THERE!, coba untuk nge-haras musuh (usahain banyakin deny dan cicil) dan usahakan hit itu tower. Jika kamu ganker, usahakan musuh yang ada di mid sudah kamu kill. Jangan mutar-mutar gak jelas di map untuk nge-kill, itu BODOH, apalagi kalau yang di gank enggak mati. Jangan berlebihan nge-gank karena musuh yang di mid akan dapat free farm. Jangan biarkan midlaner musuh jadi, atau bisa ditebak apa yang akan terjadi? (EZ -25)

2. Carry (not mid)

Selelu pikirkan tentang LAST HIT. Santai dan tetap focus farming. Ada support yang akan melindungi kamu dan biarkan mereka melakukan tugas mereka. Jika tidak ada creep yang dating, farm-lah di hutan dan ancient. Jangan build bembarangan, jangan beli item asal-asalan. JUST FARM AND DON’T DIE, gak Cuma Profesional Player yang bisa lakuin itu, Kamu pasti bisa.

3. Support

Ayo pikirkan sejenak tentang support. Dota adalah game dimana kita HARUS mempunyai 2 support. Satu support untuk tingkat 5 yaitu benar-benar full support (beli ward, sentry, kurir, up kurir, smoke). Yang satu lagi adalah support tingkat 4, yang memiliki item jadi tapi tetap siaga membantu support tingkat 5. Jadi support gak susah kok, cuma stack creep, naruh ward, dan jagain carry timmu sampai jadi. Selain itu support juga bisa keliling-keliling map buat bantuin lane lain, bawa selalu TP dan smoke, karena kamu bisa melakukan banyak hal dengan itu. Contoh hero Lane Support : Dazzle, WD, Treant Protector, Bane, Abaddon, CM, Skywarth, Silencer, Pugna, Ancient Apparition.

Sedangkan untuk Roaming Support kamu bisa milih dari hero-hero berikut: Mirana, Venge, Earth Shaker, Ditruptor, jakiro, Leshrac, Rubick, Sand King, Ogre Magi. Memang sih Mirana bisa nge-kill hero musuh dengan mudah, tapi ingat dia bukan Carry.  Jika kamu bisa melakukan supporting ini dengan baik, maka akan memberi waktu lebih untuk Jadiin tim.

4. Offlaner

Jika nge-pick hero offlaner, sudah pasti kamu akan berhadapan >1 hero di lane. Kamu akan di-haras habis-habisan. Jika situasi tidak memungkinkan untuk farm, jangan farm, tapi usahakan dapat EXP-nya. Tidak semua hero adalah offlaner, yang penting adalah naik level 6 secepat mungkin. Contoh hero, Doom, Batrider, Timbersaw, dan Bristleback yang membutuhkan level untuk nge-war. SELALU SENDIRI si lane, jangan minta tim untuk bantuin, dengan begitu exp yang kamu dapat semakin banyak dan cepat naik level.

5. Jungler

Bagi jungler, pemilihan waktu untuk stack creep sangat penting. Karena dengan begitu juga exp dan gold yang didapat akan lebih banyak. Untuk hero yang tidak memiliki skill lifesteal atau regen dianjurkan membeli item seperti, Morbid Mask atau Ring of Health.

Nge-PUSH tower

Jangan lupa push tower, jangan kerena keenakan farming, HP tower masih full. Pushing adalah cara untuk menang dan dapat menguasai map. Push semaksimal mungkin, karena hancurnya tower musuh akan semakin memudahkanmu menguasai lane, mendapat jalur free farm, dan mendekatkan kamu pada KEMENANGAN! (dalam artian +25)

Jika kamu mid, usahaan push tower sebanyak yang kamu bisa. Jika dapat rune Double Demage, gunakan untuk menyerang tower. Push terus jika bisa lalu defense tower mu sebaik-baiknya.

Tambahan

Selalu bawa TP 2-3 lembar, pasti kamu akan sangat mebutuhkannya, entah untuk bantuin temen atau nge-gank. Jika kamu tidak membawa item murah ini, bisa dibilang skill dota mu masih di bawah standar.

Hand of Midas bukan item yang selalu dapat diandalkan. Sebuah team tidak bisa memiliki 2 midas pada 2 hero pada saat bersamaan (EZ -25). Apa kegunaan sebenarnya item ini? Midas adalah item untuk mendapatkan exp+gold, tapi INI BUKAN PILIHAN TERBAIK! Ketika kamu membeli item ini, kamu akan jadi full farm dengan alas an untu mendapat item mahal. Padahal harga Midas setara dengan Crystalis atau Armlet, jadi jangan sia-siain early game dan langsung saja jadikan item penting agar memudahkan kamu untuk EZ +25.

Kesimpulan

Jika kamu mengikuti guide ini, MMR 5K bukan lagi sekedar mimpi. EZ +25 sudah di depan mata, kamu akan jadi pemenangnya. Apa guide ini sulit? Tentu tidak, Dota adalah game dimana kamu hanya harus MENGERTI apa yang harus kamu lakukan dan focus pada hal itu. Jika kamu melakukannya, maka kamu akan menang disetiap pertandingan. Dan jika kamu mendapat team yang tidak/kurang baik, JANGAN MENYALAHKAN mereka, mereka hanya belum mengerti tatacara bermain dota. Maka dari itu tolong SHARE guide ini supaya teman-teman dota kita, khususnya di INDONESIA supaya mereka mengerti main dota bukan cuma nge-kill, kalah, bacot gak jelas.

Dan satu lagi, tanamkan kata-kata ini dalam otak kalian!

“Play for WIN not for KILL.”

Sumber: Steamcommunity