GameGame ListPC & ConsolePlaystation

5 Fakta Menarik Game Tekken 5, Seri Terbaik Tekken di Konsol PS2

Sebagai franchise yang sudah lama eksis bahkan hanya beda beberapa hari dari perilisan konsol pertama PlayStation. Tekken konsisten merilis setiap seri game nya pada konsol tersebut. Tekken 5 merupakan game ketiga franchise Tekken yang hadir di konsol PlayStation generasi selanjutnya, yakni PS2.

Di Indonesia sendiri, Tekken 5 ini sempat jadi game rental yang cukup populer di masanya, loh! Bahkan gak sedikit generasi 2000’an hanya mengenal seri Tekken hingga seri kelimanya saja.

Pada kesempatan ini, kami bakalan kasih tahu kalian 5 fakta menarik seri game Tekken 5 yang merupakan game Tekken paling populer di PS2 dulu. Penasaran? Langsung saja kita mulai pembahasannya sekarang juga.

Fakta Game Tekken 5

1. Bandai Namco Sempat Gak Pede Lanjutkan Franchise Tekken

Bandai Namco Tekken 5 Gameplay
Tekken 5 baru rilis 3 tahun pasca perilisan Tekken 4 | Bandai Namco

Kalo kalian searching jarak tanggal perilisan Tekken 4 dan Tekken 5 di internet. Kalian bakal nemuin fakta kalo butuh hampir 3 tahun buat Bandai Namco merilis seri kelimanya itu. Keputusan ini tentunya bukan tanpa alasan. Karena seri Tekken 4 sebelumnya banyak mendapat ulasan negatif dari kritikus game.

Baru pada bulan Mei 2004, Bandai Namco akhirnya mengumumkan ke media jika Tekken 5 sedang mereka persiapkan. Benar saja karena di akhir tahun itu, Tekken 5 telah resmi tersedia di mesin-mesin Arcade seantero Jepang. Sementara untuk rilis di PS2 nya, Bandai Namco baru melepas game tersebut pada bulan Februari tahun 2005.

2. Digantinya Mode Tekken Force Dengan Mode Devil Within

Sejak seri Tekken 3, Bandai Namco telah memperkenalkan mode Tekken Force di setiap game-game Tekken yang mereka rilis. Namun pada seri Tekken 5, mereka resmi mengganti mode tersebut dengan mode baru bernama Devil Within.

Jika mode Tekken Force memperbolehkan kita memilih karakter apapun, berbeda dengan Devil Within. Pemain hanya akan bisa memainkan karakter Jin Kazama saja sepanjang permainan di mode tersebut.

3. Game Tekken Pertama Yang Sering Mendapat Update

Bandai Namco Tekken 5 Dark Resurrection
Dark Resurrection, edisi khusus Tekken 5 | Bandai Namco

Ketika awal-awal perilisannya, Tekken 5 banyak mendapat ulasan positif dari beberapa media seperti IGN dan GameSpot. Belum lagi antusiasme di Jepang sendiri sangat luar biasa terhadap game baku hantam yang satu ini membuat Bandai Namco melakukan berbagai penyesuaian.

Sepanjang sejarah, Tekken 5 menjadi seri Tekken pertama dimana Bandai Namco kerap memberikan sejumlah update. Di mesin Arcade sendiri, mereka kemudian merilis semacam patch yang mereka namai Tekken 5.1. Sementara untuk versi konsol, mereka merilis edisi khusus dari game tersebut dengan judul Tekken 5: Dark Ressurection.

4. Perkenalkan Final Boss Yang Bukan Playable Characters

jinpachi mishima
Jinpachi Mishima | Bandai Namco

Sejak Tekken pertama, final boss dalam game tersebut selalu menjadi karakter yang dapat pemain mainkan. Mulai dari Heihachi Mishima, Devil, hingga Ogre dan True Ogre. belum lagi jika kita menyebut Unknown yang ada dalam spin-off Tekken Tag Tournament yang rilis pada tahun 2000 silam.

Nah. Di Tekken 5 sendiri Bandai Namco akhirnya memberikan karakter final boss (Jinpachi Mishima) yang sama sekali tidak bisa pemain gunakan. Bahkan bukan karakter yang bisa player dapatkan setelah menyelesaikan achievement tertentu. Ngaku deh, siapa dulu yang kemakan hoax jaman rental kalo Jinpachi bisa kalian dapetin kalo namatin game ini sekian kali wkwkwkwkwkwkwk.

5. Game Tekken PS2 Dengan Karakter Terbanyak Kedua

Bandai Namco Tekken 5 Karakter
Karakter yang bisa kamu mainkan di Tekken 5 | Bandai Namco

Kalo kita cuma ngitungin seri utamanya (Tekken 4 dan Tekken 5). Tekken 5 adalah seri Tekken PS2 yang punya jumlah karakter yang cukup banyak. Total fighter yang ada dalam game tersebut berjumlah sekitar 35 karakter.

Itu sudah termasuk karakter-karakter baru seperti Asuka Kazama, Jack-5, Roger Jr, dll. Belum jika kita menghitung seri update nya (Dark Ressurection). Paling enggak ada sekitar hampir 40 fighter yang hadir dalam game itu.

Tapi, nih. Ternyata selain Tekken 5, ternyata ada seri game Tekken lainnya yang jumlah karakternya lebih banyak dari game itu. Tidak lain dan tidak bukan adalah seri Tekken Tag Tournament. Ada sekitar 39 fighter yang bisa kalian mainkan dalam game itu.


Itulah tadi sejumlah fakta menarik dari game Tekken 5 yang ada di konsol PS2. Gimana nih tanggapan kalian dengan tulisan di atas?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.