GameGame List

5 Fakta Menarik Game Tekken 3 Yang Belum Kamu Tahu

Sejak tahun 1994, Bandai Namco cukup serius dalam mengerjakan proyek game Tekken. Dari seri pertama dan keduanya, mereka selalu mendapat ulasan positif sehingga Bandai Namco cukup pede untuk merilis Tekken 3 di tahun 1997 silam.

Sebagai seri ketiga, Tekken 3 cukup membawa banyak perubahan besar yang tentunya memuaskan para gamer di masa itu. Nah, dalam kesempatan ini kami bakalan kupas lima fakta menarik game Tekken 3 kepada kalian. Penasaran apa saja? Langsung saja ini dia pembahasannya.

Fakta Game Tekken 3

1. Menggunakan Perangkat Terbaru

Tekken 3
Tekken 3 | Bandai Namco

Dalam proses pengembangannya, Bandai Namco memperbarui keseluruhan perangkat yang mereka gunakan dalam pembuatan game ini. Baik untuk hardware dan juga software nya.

Baca juga:
Mini 4WD Hyper Dash Grand Prix Sudah Buka Pra-Registrasi

Untuk software, Namco menggunakan Namco System 12. Tekken 3 jadi game pertama Namco yang memakai software tersebut. Dua game sebelumnya, mereka menggunakan Namco System 11 yang nampaknya sangat usang jika tetap mereka gunakan untuk sekuel keduanya itu.

2. Banyak Meninggalkan Asset Tidak Terpakai Di Versi Finalnya

Bandai Namco Tekken 3
Versi final Tekken 3 masih membawa asset-asset tidak terpakai di dalamnya | Bandai Namco

Layaknya Rockstar yang tidak menghapus asset tidak terpakai di versi final GTA San Andreas. Namco dengan Tekken 3 juga melakukan hal yang sama. Faktanya game Tekken 3 cukup banyak meninggalkan asset tidak terpakai yang hanya bisa player akses dengan menggunakan sebuah kode.

Kebanyakan, assetasset tidak terpakai itu merupakan konsep karakter yang tidak jadi hadir dalam versi finalnya. Salah satunya adalah karakter penting. Wah! Siapa nih kira-kira? Simak di poin selanjutnya, ya.

3. Jun Kazama Dan SAKE Harusnya Ada Di Tekken 3

Jun Kazama | Bandai Namco Entertainment
Jun Kazama | Bandai Namco Entertainment

Jika kalian memainkan versi MAME (arcade) dari Tekken 3, jika berhasil memasukkan sebuah kode, maka kalian akan bisa membuka karakter Jun Kazama dan SAKE. Sayangnya karena karakter ini bukan karakter resmi, keduanya tidak tampil dengan desain asli mereka.

Baca juga:
Inilah 7 Petarung Tertua Dari Seri Game Tekken

Jun Kazama bisa kalian gunakan jika memilih Nina Williams. Sementara SAKE sendiri bisa kalian gunakan jika memilih Yoshimitsu. Baik Jun, dan juga SAKE sama-sama tidak menggunakan desain mereka. Jadinya, yang akan kalian gunakan tetaplah Nina dan Yoshimitsu. Namun dengan moveset yang bukan milik mereka sendiri.

4. Banyaknya Karakter Baru Penyebab Bug Dari Satu Karakter Baru

Tekken 3 Karakter
Tekken 3 Karakter | Youtube/Aubue

Pada versi final nya, Tekken 3 memuat banyak sekali karakter-karakter baru seperti Jin Kazama, Ling Xiaoyu, Hwoarang dan lain-lainnya. Namun tahukah kalian, tadinya Namco (terutama Harada) tidak kepikiran untuk bikin karakter baru sebanyak itu?

Pada awalnya, Harada punya ide nyeleneh untuk membuat karakter besar yang menyerupai seekor belalang sembah. Sayangnya, ketika karakter tersebut jadi, yang ada game tersebut menjadi penuh dengan bug. Sehingga membuat Harada tidak merealisasikan idenya itu.

5. Kostum Sekolah Jin & Xiaoyu

Xiaoyu Dan Jin
Xiaoyu Dan Jin | pngwing

Dalam Tekken 3, hanya sedikit karakter yang memiliki kostum ketiga di pilihannya. Yang bisa kalian buka sejak awal mungkin hanya milik Forest Law saja. Namun ternyata, Jin dan Xiaoyu juga punya kostum ketiga, loh!

Baca juga:
Trailer Gameplay Pertama Untuk One Piece World Seeker Dirilis

Jika milik Law bisa terbuka ketika kalian menamatkan karakter tersebut sekali, maka untuk Jin dan Xiaoyu kalian harus menamatkannya 50 kali! Setelah berhasil melakukannya, nantinya tidak hanya kostum Jin dan Xiaoyu saja yang berubah. Namun juga latar tempat bertarungnya mereka juga bakalan berubah. Wah, pegel gak tuh kalo pengen dapetin rewardnya?


Itulah beberapa fakta menarik seputar game Tekken 3 yang rilis pada tahun 1997 silam. Kira-kira gimana nih tanggapan kalian?

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications