Fenomena Game yang Merubah Platform PC Menjadi Mobile

in ,
PCvSmartphone

Hari ini teknologi sudah membantu kita mempermudah dalam segala hal. Begitu juga bermain game yang mana sekarang bermain game sudah bisa dimainkan di semua kalangan dari anak kecil, remaja, bahkan dewasa.

Hanya bermodalkan perangkat smartphone sekarang kita sudah bisa memainkan game secara gratis maupun yang berbayar dimanapun dan kapanpun. Apalagi sekarang semua orang dapat memiliki perangkat yang satu ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Seiring dengan harga smartphone yang semakin murah dan sudah hampir menjangkau seluruh lapisan masyarakat, industri dalam dunia game pun mengambil kesempatan dengan membuat berbagai genre game mobile.

Hal ini berbeda sekali dengan jaman dulu jika kita ingin memainkan sebuah game kita harus memiliki sebuah konsol atau PC. Pada saat itu harganya masih sangat mahal dan hanya sebagian kalangan yang dapat memiliki perangkat ini.

Bahkan orang-orang yang memiliki perangkat ini sudah dapat dikatakan “anak orang kaya”. Sebagian dari kita yang tidak memilikinya bisa dengan bermain ke rumah teman yang sudah punya perangkat ini dengan begitu kita masih dapat memainkannya. Jika kita tidak memiliki teman seperti itu masih ada jasa rental atau warnet yang dapat kita kunjungi untuk dapat memainkan sebuah game.

Perkembangan Teknologi Telah Mempengaruhi Game Saat Ini

Perkembangan Teknologi Xbox

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Developer pun menjadi tertarik untuk membuat game yang bisa dimainkan dalam platform mobile. Bahkan game yang dulunya populer dimainkan di konsol maupun PC sekarang sudah bisa dimainkan di perangkat smartphone ini.

Contohnya seperti genre game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ini yang sekarang sedang hype di Indonesia. Dulunya genre game ini sudah pernah populer pada perangkat PC, tetapi sekarang sudah banyak game bergenre ini di perangkat mobile.

Gambar terkait
Mobile Legends

Salah satu game mobile yang sedang populer ini adalah “Mobile Legends”. Sejak perilisannya pada tanggal 11 juni 2016 lalu game yang satu ini telah menarik banyak perhatian dari kalangan gamer. Bahkan orang yang belum pernah memainkan game MOBA pun kini juga tertarik untuk memainkan game yang satu ini. Tercatat sudah lebih dari 100 juta yang sudah mendownload game yang satu ini. Walaupun game ini bukan game MOBA pertama di mobile tetapi popularitas pada game ini sangatlah cepat.

Hasil gambar untuk kumpulan game klasik square enix android

Masih banyak game lainnya seperti game klasik yang sekarang dirilis pada perangkat smartphone seperti “Final Fantasy”, “GTA San Andreas”, “Mario Bross” dan yang lainnya bahkan sekarang sudah ada yang namanya emulator untuk memainkan game klasik di perangkat mobile.

Hal ini membuat para gamer yang memainkannya di jaman dulu menjadi bernostalgia teringat kembali pada masa dimana mereka masih memainkan game tersebut. Dengan memperhalus grafiknya dan bisa dibawa kemana mana yang membuat pemain sangat betah untuk berlama lama untuk bermain game klasik ini kapan pun dan dimana pun.

Hasil gambar untuk player unknown battleground

Game online bergenre Battle Royale yang baru baru ini juga telah meramaikan era game pada saat ini salah satu game tersebut adalah “Player Unknown Battleground” atau sering disebut PUBG. Game ini juga ikut populer sejak perilisan sebelumnya di PC yang telah menarik banyak perhatian gamer PC. Walaupun gamenya ini berbayar tetapi tidak menutup kemungkinan dari para gamer untuk ingin mencoba memainkan game yang satu ini.

Game yang dikembangkan oleh Tencent Games ini juga melihat perkembangan game mobile pada saat ini. Mereka seolah tidak mau ketinggalan untuk berkecimpung dengan para gamer mobile. Mereka juga merilis gamenya di perangkat mobile dengan nama “PUBG Mobile”

Tetapi yang menarik disini adalah game yang rilis pada perangkat mobile ini mereka berikan secara cuma-cuma atau gratis. Hal ini membuat gamer yang tidak memiliki banyak uang atau tidak mengerti cara pembelian game di PC bisa dapat langsung memainkannya. Game yang baru rilis beberapa tahun yang lalu telah didownload lebih dari 50 juta pemain.


Masa Depan Industri Game Adalah Mobile ?

Beli Game Apple DAFUNDA

Fenomena ini semakin terus bertambah pesat, terbukti dari game yang telah disebutkan telah meraup banyak keuntungan, tidak salah para developer juga akan menaruh gamenya pada Mobile. Para developer terkenal seperti Square Enix, Nintendo, bahkan Konami pun telah menargetkan gamenya akan meranah pada perangkat mobile ini.

Perusahaan game Metal Gear Solid ini telah mengatakan “Mobile akan menjadi platform utama kami” dalam wawancara dengan CEO baru Hideki Hayakawa. Ia juga mengatakan “Walaupun game telah menyebar ke berbagai macam platform tetapi pada akhirnya platform yang paling dekat adalah mobile. Mobile adalah tempat masa depan game.”

Beberapa orang juga beranggapan bahwa mobile adalah salah satu cara yang baik untuk memperkenalkan game ke masyarakat umum. Para developer konsol pun beranggapan bahwa mobile akan mengancam kelangsungan bisnis mereka. Mungkin ini adalah era kebangkitan dari game mobile. Apa sih sebenarnya alasan para developer beralih ke platform yang satu ini ?


Penggunaan Mobile Yang Meningkat

Mobile Esport Game

Mungkin seperti yang sudah di ulas pada pembahasan di atas, hampir semua orang sudah memiliki perangkat yang satu ini, itu yang membuat para developer ingin memanfaatkan dan meraup keuntungan yang di dapat dari para pengguna mobile.

Simple

Satu kata untuk mobile adalah simple, yang berarti game pada perangkat mobile tidak seribet pada perangkat konsol maupun PC, mereka hanya tinggal mendownload game mereka di sebuah marketplace aplikasi yang berada pada ponsel mereka, dimanapun kapanpun dapat langsung dimainkan, kemudahan seperti itulah yang menjadi daya tarik mereka.

Game yang dirilis tidak perlu sampai versi akhir

Mungkin ini juga menjadi salah satu minat para developer untuk mengembangkan game mereka, karena mereka dapat merilis game mereka walaupun masih versi beta mereka dapat mengupdate game-game mereka dikit demi sedikit.  Sehingga mereka tidak perlu khawatir apa bila pembaruan mereka tidak disukai oleh para gamer, mereka hanya perlu mengupdatenya, dengan begitu mereka lebih bisa mendengarkan apa yang pemain inginkan.

Biaya Produksi Kecil Keuntungan Besar

Siapa yang tidak mau bisnis yang bermodalkan kecil tetapi mendapatkan untung yang besar. Ini juga salah satu yang menjadi daya tarik para developer mereka hanya perlu membuat game yang simple tetapi menarik untuk dimainkan. Tidak perlu untuk membayar orang untuk membuat grafik yang bagus, semua grafik dapat diterima di perangkat mobile asalkan game tersebut menarik untuk dimainkan. Dengan begitu developer tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membuat game yang dapat menarik minat pemain.

Adanya In App Purchase

Fitur ini juga menjadi salah satu developer mendapatkan keuntungan. Fitur ini merupakan pembelian seperti item, diamond, karakter dan lain sebagainya yang dijual di dalam game tersebut untuk memudahkan para pemain dalam bermain. Misalnya saja ekosistem pay to win yang bisa digunakan untuk mempercepat permainan. Pemain bisa dapat membeli karakter atau jurus untuk memudahkan permainan. Dengan menyulitkan pemain dalam stage atau mempersulit pemain untuk mendapatkan suatu item atau coin mereka bisa langsung mendapatkannya dengan membelinya dengan uang.

Adanya Iklan

Fitur selanjutnya yang biasanya sering ada di dalam game mobile adalah iklan. Dengan iklan ini developer akan dibayar untuk game mereka. Dengan menonton iklan tersebut developer akan mendapat keuntungan dari sini. Semakin banyaknya yang mendownload game mereka maka akan semakin banyak pula yang akan menonton iklan mereka biasanya iklan ini bisa juga sebagai fitur untuk mendapatkan sesuatu seperti item, nyawa dan lain sebagainya seperti pengganti dari IAP.

Tipe Game Mobile

Ada beberapa tipe game mobile seperti premium yang merupakan game berbayar yang biasanya tidak ada fitur In App Purchase, beberapa game bertipe ini ada juga yang dapat dimainkan sampai tamat tanpa pembelian apapun, kemudian freemium merupakan game gratis namun ada fitur IAP dan beberapa iklan. Fitur IAP di dalamnya tidak diharuskan untuk dibeli tetapi pada game bertipe ini biasanya akan sedikit terasa lebih disulitkan entah untuk mengumpulkan item atau level yang semakin sulit yang membuat pemain mau tidak mau harus membeli pada fitur IAP agar lebih mudah, dan yang terakhir free merupakan game yang benar benar gratis tidak adanya iklan atau IAP, game seperti ini biasanya dibuat bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk sekedar menyalurkan hobi ataupun untuk menyelesaikan tugas bagi yang masih sekolah ataupun kuliah atau hanya sekedar menjadi sebuah projectkan kecil kecilan.

Dapat Membeli Game dengan Pulsa

Bagi sebagian orang yang tidak memiliki kartu kredit dapat membeli game atau melakukan top up dengan menggunakan pulsa. Di Indonesia masih banyak orang orang yang belum memiliki kartu kredit apalagi anak-anak yang masih sekolah. Beberapa provider pun juga banyak yang telah menggunakan fitur ini dengan begitu akan semakin memudahkan pemain untuk membeli game kesayangan mereka.

Mobile adalah Pasar Baru Dunia Game Di Indonesia

Kalau kita membahas tentang developer sebuah game pasti kita tidak lepas yang namanya keuntungan dan uang. Menurut hasil riset lembaga firma game Newzoo pada tahun 2016 perbandingan pembelian video game mobile dengan PC atau konsol bisa kita lihat dari seluruh dunia pembelian video game mobile hampir mengalahkan pembelian digital PC atau konsol dengan perbedaan persentase 10%.

Pangsa Belanja Video Game Seluler vs PC / Konsol di Negara Tertentu, 2016 (% dari total)

Ini membuktikan bahwa masa depan pasar dunia game akan beralih ke mobile, kemudian menurut hasil riset lembaga firma game Newzoo pada tanggal 12 Januari 2017 pendapatan game mobile tercepat di Asia tenggara, Indonesia merupakan negara tercepat untuk pendapatan game mobile dengan persentase 60,7%.

Mobile Gaming Revenue di Negara-negara Tertentu di Asia Tenggara, 2016 (jutaan dan CAGR (2015-2019))

Ini juga membuktikan bahwa pertumbuhan game mobile di negeri ini sangat pesat. Dan faktor yang menyebabkan orang orang melakukan pembelian dalam game adalah seberapa sering orang memainkan game tersebut.

Semakin sering kita memainkannya akan semakin terpengaruh juga akan penawaran yang ditawarkan oleh pengembang game. Adanya sistem persaingan antar pemain juga semakin memacu mereka untuk segera melakukan pembelian agar permainan yang mereka mainkan semakin tidak terkalahkan.

Bagi mereka yang tidak punya waktu dan menginginkan cara instan untuk mendapatkan sesuatu yang bagus mereka hanya tinggal membeli barang barang yang disediakan pengembang game tersebut. Dapat dilihat data riset selanjutnya dari lembaga firma game Newzoo tahun 2017 untuk seberapa sering orang memainkan game mobile di asia tenggara.

Pangsa Gamer Ponsel di Negara-negara Tertentu di Asia Tenggara, menurut Demografi, 2016 (% responden)

Di Indoesia pemain game mobile untuk kalangan laki-laki mayoritas usia 21-35 tahun untuk persentase 27% dan untuk perempuan mayoritas didominasi usia 21-35 tahun juga dengan persentase 18%. Secara potensial bisnis game di Indonesia lebih sangat menguntungkan, data dari lembaga firma game Newzoo pada tahun 2017 pendapatan industri game di Indonesia diperkirakan mencapai US$879,7 juta angka yang cukup besar untuk sebuah bisnis pembuatan game.

Jadi jika melihat data-data di atas, pasar untuk industri game mobile sangat besar dan sangat menjanjikan. Tidak heran jika nantinya akan banyak developer yang berlomba – lomba membuat inovasi – inovasi baru dalam dunia game mobile beserta teknologinya yang semakin canggih seiring dengan semakin canggihnya sebuah smartphone.

Editor: @kautsar-juhari

Ayo mulai berdiksusi