Berita GameGame

Franchise Game Sepak Bola EA FIFA Akan Ganti Nama, Benarkah Demikian?

Franchise game sepak bola hit, EA FIFA akan ganti nama. Apakah kabar ini benar adanya? Bahkan kamu yang bukan fans game sepak bola sekalipun. Pastinya kamu tahu dengan franchise game sepak bola FIFA. Ya, franchise EA FIFA sudah malang melintang selama hampir 3 dekade lamanya.

Rilisan game pertamanya adalah FIFA International Soccer yang rilisan unruk console SEGA Mega Drive/Genesis adalah pada tahun 1993. Sedangkan untuk console lainnya tahun 1994.

Setelah game pertamanya tersebut, rilisan-rilisan EA FIFA selanjutnya mulai hanya menggunakan kata FIFA dan tahun layaknya franchise game-game olahraga lainnya. Beberapa diantaranya adalah: FIFA Soccer 95 (1994), FIFA Soccer 96 (1995), FIFA 97 (1996), dan bahkan menjadi partner game resmi piala dunia 1998, FIFA World Cup 98 (1998).

Nah di Indonesia sendiri, walau rata-rata gamer lebih menyukai franchise Pro Evolution Soccer (PES) alias Winning Eleven. Tapi faktanya banyak juga kok fans EA FIFA (termasuk gue walau pada dasarnya gue gak suka game bola he..he).

Apalagi dalam 3-5 tahun terakhir ini, terlepas secara kualitas gameplay mungkin sudah jauh lebih berkurang, namun animo terhadap franchise ini sangatlah tinggi. Akan tetapi guys, sepertinya sebentar lagi kita harus berpisah dengan franchise ini.

EA Sports Football Club

EITS tunggu dulu. Maksudnya di sini kita bukan berpisah dengan game-nya. Melainkan dengan judul (brand) EA FIFA. Karena rilisan-rilisan game-nya ke depannya akan berganti nama.

Ya kamu gak salah baca sama sekali. Jadi seperti yang terlansir dari Video Games Chronicle, EA FIFA akan ganti nama ke depannya. Jadi nantinya game ini akan menggunakan judul EA Sports Football Club. Jadi game-nya tidak menggunakan judul FIFA dengan tahunnya lagi.

Loh ada apa gerangan? Apakah EA dan FIFA sudah memutuskan kerjasama mereka yang sudah terjalin selama 3 dekade ini? Sepertinya memang demikian guys. Jadi menurut CEO Electronic Arts (EA), Andrew Wilson tensi dan perpisahan antara mereka dan FIFA sebenarnya sudah terjadi dalam beberapa tahun ini.

Secara general, penyebab utamanya karena EA merasa mendapatkan keuntungan (benefit) yang gak sepadan. Ya pada intinya, EA merasa tidak di-eksklusifkan lagi oleh FIFA. Padahal dalam bisnis kerjasama, yang namanya keeksklusifan itu adalah yang paling utama.

Nah walau EA FIFA ke depannya sudah ganti nama. Tapi untungnya kita masih akan menikmati rilisan game terakhir dengan judul FIFA-nya. Spesifiknya FIFA 23. Walau demikian, belum ketahuan lagi kapan FIFA 23 akan rilis nantinya.

Well, sekarang bagaimana pendapatmu dengan kabar game EA FIFA yang akan ganti nama ini?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.