Free Fire Max VS PUBG Mobile: Siapakah Yang Terbaik?

in , ,
Free Vire Vasas Pubg Mobile
Free Vire Vs Pubg Mobile | Pinterest

Kalian penggemar game battle royale? Pastinya kalian kenal dong dengan dua game battle royale yang hits di Indonesia. Yap, apalagi kalau bukan Garena Free Fire dan PUBG Mobile. Nah, dalam pembahasan kali ini, saya akan sedikit mereview kedua game tersebut.

Kedua game battle royale tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menjadi orang terakhir yang bertahan. Sehingga akan mendapatkan Chicken Dinner atau Booyah untuk pemain yang bertahan hingga akhir.

Tentang Free Fire Max, ini adalah versi lanjutan dari game Free Fire yang juga dikembangkan oleh Garena dan akan segera dirilis. Saat ini hanya beberapa orang yang sudah memainkan game Free Fire yang sudah remaster tersebut. Dan perilisannya akan tersedia dalam waktu dekat.

Free Fire Max VS PUBG Mobile

Grafis

Pubg Mobile
Pubg Mobile | Tencent Games

PUBG Mobile dibuat menggunakan Unreal Engine sehingga memiliki tampilkan grafis yang sangat halus dan jelas. Tapi ingat, dibutuhkan koneksi internet yang cukup stabil untuk membuat game tetap berjalan lancar. Selain itu, memori smartphone minimal harus lebih dari 2 GB untuk mendapatkan performa terbaik.

asasadadas
Free Fire Max dan Free Fire | Pinterest

Sementara PUBG Mobile yang sejak awal sudah memiliki grafis cukup bagus, Free Fire saat ini juga tengah mengupgrade kualitas visualnya. Free Fire Max adalah versi remaster dari Free Fire yang ada sekarang. Versi remaster dari Free Fire tersebut memiliki kualitas yang lebih baik daripada game Free Fire yang belum di-remaster.

Ukuran Game

Untuk saat ini, menginstal Free Fire versi biasa membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 500MB saja. Namun untuk ke depannya, jika ingin menginstal Free Fire Max butuh ruang hingga 1,5GB. Hal ini terjadi karena memang banyak peningkatan terutama dari segi kualitas baik itu grafis dan visualnya.

JANGAN LEWATKAN •
Resmi! Tencent Rilis Emulator untuk PUBG Mobile di PC
Ukuran Game PUBG Mobile dan Free Fire
Ukuran Game | Pinterest

Jika Free Fire ukurannya langsung membesar 3 kali lipat, PUBG Mobile mulai dahulu memang memiliki ukuran yang besar. Hampir rata-rata mulai dari versi pertama PUBG Mobile sampai saat ini ukurannya diatas 1,5GB. Untuk saat ini, dibutuhkan ruang penyimpanan sekitar 2GB untuk Android dan 2,4 di iOS.

Karakter

dasdsadasff
Karakter Free Fire | Garena

Pada Free Fire, terdapat berbagai karakter yang dapat dipilih oleh pemain. Dalam artian pihak developer telah memberikan pilihan beberapa karakter yang sudah memiliki nama kepada pemain. Sedangkan di PUBG Mobile, pemain dapat membuat karakter sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Mode Battle Royale

sasaffd
Free Fire Max Vs Pubg Battle Royale | Pinterest

Ketika berbicara soal review sebuah game, sangat tidak pas jika tidak membahas mengenai mode yang ada dalam game tersebut. PUBG Mobile dan Free Fire, keduanya sama-sama memiliki mode yang sama yaitu Battle Royale. Bedanya hanya dari ukuran map dan jumlah pemain yang bertempur.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 3 Penyebab Kenapa Akun PUBG Mobile Kalian Menghilang!

Jumlah pemain yang bertempur di PUBG Mobile berjumlah 100 pemain. Selain itu, mapnya yang dimiliki juga luas dan memiliki banyak medan pertempuran. Dalam setiap map terdapat berbagai perubahan cuaca yang dinamis mulai dari hujan, panas, bersalju, siang dan malam.

Sedangkan pada Free Fire, Map dari arena pertempuran tergolong kecil dengan jumlah pemain yang bertempur satu match-nya berjumlah 50 orang. Dengan map yang lebih kecil, pertempuran akan terasa intens dan sangat cepat.

Kendaraan

Free Fire Dan Pubg Mobile
Kendaraan Kedua Game | Youtube

Kedua game, baik itu Free Fire dan PUBG Mobile memiliki berbagai kendaraan yang dapat digunakan pemain di dalam game. Namun, sejujurnya PUBG Mobile lebih unggul dalam aspek ini.

Karena banyak tersedia jenis kendaraan baik itu kendaraan udara, darat, dan air. Sedangkan pada Free Fire, pemain hanya dapat memiliki antara menaiki mobil dan motor.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Bentuk Skin Attack Titan Eren di Free Fire

Penilaian Keseluruhan

Free Fire Dan Pubg Mobile 1
Free Fire Dan Pubg Mobile | Pinterest

Terakhir adalah penilaian secara keseluruhan, dalam kesimpulan ini saya tidak dapat menentukan siapa yang yang terbaik. Baik itu Free Fire Max dan PUBG Mobile memiliki keunggulan dan pasarnya masing-masing. Karena itu, saya sendiri hanya akan memberikan kesimpulan secara sederhana saja.

Bagi Free Fire Max, sepertinya kabar sedih untuk pemain yang devicenya masih dibawah rata-rata. Karena dipastikan untuk memainkan Free Fire Max harus membutuhkan smartphone yang memiliki spek tinggi.

Baik itu Free Fire Max dan PUBG Mobile merupakan sebuah game yang memang dirancang untuk smartphone kelas atas yang dapat memungkinkan game berjalan pada pengaturan grafis setinggi mungkin.

Nah, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Jangan lupa berikan tanggapanmu pada kolom komentar di bawah ya dan kunjungi terus Dafunda Game untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia game.