GameGame ListPCPC & Console

10 Rekomendasi Game PC Buatan Indonesia Terbaik

Pada kesempatan kali ini, Dafunda Game akan membagikan informasi mengenai Rekomendasi Game PC Buatan Indonesia Terbaik yang wajib kalian jajal. Memiliki predikat sebagai salah satu negara yang penuh dengan kekayaan lokal, Indonesia selalu menjadi perhatian negara-negara di seluruh dunia. Maka wajar jika Indonesia selalu banyak menarik wisatawan untuk berkunjung menikmati kekayaan budaya dan alamnya secara langsung.

Selain itu, banyak unsur-unsur bangsa ini yang turut diaplikasikan ke dalam karya-karya yang mereka buat, salah satunya adalah video game. Sejak kemerdekaannya di tahun 1945, bangsa kita tercinta ini sudah banyak melakukan gebrakan yang menggemparkan dunia.

Salah satu keunikan dari game buatan Indonesia tentunya mengandung unsur-unsur Indonesia yang sangat kental dan khas. Hal inilah yang membuat game buatan Indonesia terasa berbeda dan juga tidak kalah menarik dengan game buatan orang luar.

Nah, kali ini Dafunda Game sudah merangkum Game PC Buatan Indonesia Terbaik yang tidak kalah serunya dengan game luar. Dari pada banyak basa-basi, berikut rangkumannya untuk kalian.

Rekomendasi Game PC Buatan Indonesia Terbaik

Daftar yang kami rangkum berikut ini hadir dengan beragam genre, mulai dari game horror, game adventure dan lainnya. Bagi kalian yang penasaran, berikut daftar Rekomendasi Game PC Buatan Indonesia Terbaik yang tidak kalah dengan game buatan negara luar:

1. Parakacuk: Raise Your Gang

Parakacuk 1
Parakacuk | Steam

Rekomendasi Game PC Buatan Indonesia Terbaik yang pertama adalah Parakacuk: Raise Your Gang. Game ini Bercerita tentang seorang remaja bernama Budi yang baru saja pindah ke sekolah barunya untuk memulai membuat lingkungan yang baru dan ramah. Untuk bisa menghilangkan masa kelamnya di sekolah yang dulu, ia berniat untuk memperbaiki hidupnya di sekolah yang baru.

Tetapi nasib berkata lain, di SMA Jancuk Kota 69, penuh dengan kekerasan dan juga kejahatan yang membuat Budi harus memiliki rasa belas dendam yang hebat. Dalam game ini kalian akan membuat geng sekolah kalian sendiri Hal tersebut bertujuan untuk mengalahkan gang sekolah kalian dan untuk bisa menjadi kelompok yang paling sangar.

Dari segi visual dan animasi, game ini memiliki kualitas yang cukup mengesankan. Jika kita lihat, game ini benar-benar memperlihatkan bagaimana suasana kegiatan persekolahan Indonesia yang penuh dengan tawuran dan keunikan lainnya.


2. DelayedSun

Delayedsun
Delayedsun | Steam

Game dengan judul DelayedSun adalah game horror survival yang berlatar dunia pasca-apokaliptik yang dipenuhi dengan zombie yang haus darah dan juga daging. Untuk memainkannya, nantinya kalian harus membuat item, mengumpulkan sumber daya, meningkatkan skill, dan juga menyiapkan senjata untuk bertahan hidup sekaligus bertempur.

Game ini menceritakan tentang petualangan Melvin yang harus menyelamatkan Elisa, temannya yang diculik oleh para ilmuwan gila pada sebuah pulau terpencil. Game PC yang didistribusikan melalui Steam ini merupakan garapan Steward Melvin Tang, pengembang Solo Indie berusia 15 tahun dari Indonesia.


3. DreadOut 2

Dreadout
Dreadout 2 | Steam

Game ini merupakan seri ke 2 dari game DreadOut. Dari segi gameplay, DreadOut 2 sangat berbeda dengan seri pertamanya. Dimana pada seri pertamanya game ini berlatar di perkampungan.

Sedangkan pada DreadOut 2 ini, sang karakter akan berjalan di kota saat siang dan malam hari. Pada seri pertamanya, cara untuk membunuh hantunya yakni dengan memotretnya. Sedangkan di DradOut 2 kalian nantinya bisa menggunakan pedang atau barang lainnya untuk membunuh si hantu.

Selain itu, konsep cerita dari seri kedua ini juga akan non-linear, dan akan memiliki banyak NPC dengan banyak sidequest yang bisa kalian selesaikan. Tanggal rilis belum ditentukan, namun kalian bisa melihat halaman Steam Store untuk mengetahui informasi lebih lanjut.


4. Pulang Insanity

game pc buatan indonesia terbaik- Pulang Insanity
Pulang Insanity | Steam

Rekomendasi selanjutnya ada game Pulang Insanity yang juga salah satu game Horror terbaik karya anak bangsa. Game ini bercerita tentang seorang lelaki dengan nama Rudy yang melakukan ritual pesugihan.

Ritual ini pun membutuhkan tumbal dan satu persatu keluarganya meninggal secara misterius. Berselang beberapa tahun, Rudy melakukan perjalanan antar kota. Ditengah perjalanan, Rudy mengalami kecelakaan di sebuah desa misterius.

Game ini memiliki gameplay yang hampir miris seperti game Amnesia yaitu health bar dan insanity bar. Selain itu game yang satu ini memasukkan hantu-hantu yang lebih “awam”. Game ini tercatat masuk ke Steam Greenlight pada tahun 2016. 


5. Coffe Talk

game pc buatan indonesia terbaik- Coffee Talk
Coffee Talk | Steam

Game dengan judul Coffee Talk ini adalah game indie buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Toge Productions. Dalam game ini pemain akan berperan sebagai seorang barista yang tidak hanya harus meracik kopi sesuai pesanan. Tetapi juga menyelami cerita pelanggan lewat level interaktivitas tertentu.

Game yang dirilis pada 30 Januari 2020 ini mendapat banyak respon positif dari berbagai kalangan. Tak hanya itu, Coffee Talk juga memakai visual bertema tahun 1990-an dengan pixel art dan palet warna yang menarik. Musik latar belakang game pun diiringi dengan musik jazzy dan lo-fi.


6. Pamali: Indonesian Folklore Horror

Pamali Indonesian Folklore Horror
Pamali Indonesian Folklore Horror | Steam

Selanjutnya ada game Pamali: Indonesian Folklore Horror yang menceritakan Kisah klasik tentang pantangan budaya masyarakat Indonesia. selain itu game ini juga di kemas dengan kualitas grafis yang memanjakan mata.

Dalam game ini kalian akan memainkan peran sebagai Jaka seorang pemuda yang kembali ke rumah orang tuanya yang telah meninggal karena akan menjualnya. Dalam kisahnya, Jaka akan berusaha melewati berbagai hal yang berhubungan dengan mistis.

Karakter dalam game memiliki pilihan berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Sesuai dengan judulnya, game ini memiliki beberapa pantangan ketika kalian berinteraksi dengan benda yang ada dalam game ini. Game ini memiliki 4 jalan cerita yang berbeda namun untuk versi demo, kalian akan memainkan versi kuntilanak.


7. Ghost Parade

game pc buatan indonesia terbaik- Ghost Parade
Ghost Parade | Steam

Sesuai namanya, game buatan Indonesia ini akan mengusung tema hantu. Namun tak seperti kebanyakan game buatan Indonesia yang bertema horror, game baru ini akan mengusung genre platformer side scrolling.

Bercerita tentang seorang anak SD yang tersesat di dalam hutan yang terkenal angker saat perjalanannya pulang ke rumah. Hutan tersebut bernama Hutan Svaka, sebuah hutan suaka yang juga berfungsi untuk melestarikan keanekaragaman hewan dan tumbuhan.


8. When The Past Was Around

When The Past Was Around
When The Past Was Around | Steam

Rekomendasi selanjutnya ada game When The Past Was Around. Game ini merupakan sebuah game yang memiliki genre puzzle dan yang bisa kalian mainkan dengan santai. Sesuai dengan judulnya, When the past was around menceritakan tentang sebuah masa lalu yang penuh dengan perasaan galau.

Sebagai player, kalian akan terbawa dalam suasana perasaan seorang wanita bernama Eda. Eda sendiri adalah seorang gadis berusia 20-an penuh dengan segala hiruk-pikuk perasaan yang menimpanya. Sama seperti gadis pada usia tersebut, Eda merasakan kehilangan arah dan tersesat.

Dalam game ini kalian dituntun untuk menemukan benda-benda dengan cara berinteraksi dengan barang di layar. Walaupun terlihat sederhana, tapi game dengan genre seperti ini sangat menantang dan membuat pemainnya ketagihan dan penasaran.


9. Motte Island

Motte Island
Motte Island | Steam

Selanjutnya ada game Motter Island yang merupakan game horror Indonesia produksi dari One Aperture. Mottte Island berkisah tentang Maxi, pria yang kembali ke kampung halamannya di Pulau Motte karena dihantui mimpi adik perempuannya yang memohon pertolongan.

Sesampainya di sana, dia baru menyadari bahwa kota kecil tersebut ternyata memiliki rahasia yang mengerikan. Dan ternyata, baik Maxi maupun Sarah, adiknya, pun punya andil dalam rahasia kelam di Pulau Motte.

Satu hal yang unik, game ini berlangsung dari sudut pandang tepat di atas karakter, kita hanya melihat kepala, pundak dan tangan tanpa terlihat wajah. Motte Island sendiri bernuansa gelap dan mencekam, serta ada banyak misteri yang harus kalian pecahkan dalam game ini.


10. Coral Island

game pc buatan indonesia terbaik- Coral Island
Coral Island | Steam

Tidak hanya game bercerita horror saja kini game buatan Indonesia mulai bertema semakin ramai. Coral Island adalah game bertani yang mirip seperti Harvest Moon yang menuntun pemain untuk memelihara binatang, berteman, hingga membangun romansa dengan calon pasangan.

Dalam game ini terdapat bangunan yang terinspirasi dari rancangan tradisional Bali. Game tersebut juga dikembangkan menggunakan mesin game besutan Epic Games, Unreal Engine. Coral Island tidak hanya memberikan kebebasan untuk membangun perkebunan dan revitalisasi kota, namun juga terumbu karang di sekitarannya.

Game simulasi pertanian garapan Stairway Games ini juga menjanjikan beragam karakter. Bakal ada lebih dari 50 karakter yang akan meramaikan pulau tersebut.


Nah itulah Game PC Buatan Indonesia Terbaik yang bisa Dafunda Game berikan untuk kalian pecinta game lokal. Jika kalian punya tambahan lainnya silahkan berkomentar di bawah ya. Jangan pernah bosan untuk terus kunjungi Dafunda Game, karena kami akan terus memberikan informasi serta rekomendasi game menarik lainnya untuk kalian.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment