20 Rekomendasi Game PC Jadul Terbaik Yang Dijamin Bakal Bikin Kalian Bernostalgia

in
Game PC Jadul Terbaik

Apa kalian kangen dengan game jadul? Kangen ingin mengenang keseruan bermain game pada jaman dulu? Atau ingin memperkenalkan game yang kalian mainkan ke generasi saat ini? Sekarang game jadul yang dulu sering kita mainkan memang sudah tidak lagi diproduksi, beberapa game jadul sudah mulai langka dan sangat sulit ditemukan.

Mungkin bagi kalian yang belum pernah memainkan game jadul, kini masih merasa ingin memainkannnya atau ingin menamatkan game tersebut karena belum kesampaian.

Nah, untuk kalian ingin bernostalgia dengan game-game jadul yang ada di PC, Kali ini Dafunda Game akan memberikan rekomendasi game PC jadul yang masih seru dimainkan hingga sekarang. Langsung saja berikut rangkumannya untuk kalian.

Game PC Jadul Terbaik Versi Dafunda Game

20. Oddworld: Abe’s Oddysee

Game PC Jadul Terbaik Oddworld

Diurutan 20 Dafunda Game merekomendasi game Oddworld: Abe’s Oddysee. Oddworld: Abe’s Oddysee merupakan game prison break dari RuptureFarms, sebuah pabrik pengolahan daging yang memblender satwa lokal untuk dikonsumsi alien Glukkon.

Dalam game ini para pemain akan menjadi Abe, seorang budak Mudokon di perusahaan daging RuptureFarms. Ketika Abe mendapati bahwa dia dan temannya sesama Mudokon akan dibantai, dia memutuskan untuk melarikan diri dan memerdekaan sebanyak mungkin budak Mudokon.

Informasi Tentang Oddworld: Abe’s Addysee

JudulOddworld: Abe’s Addysee
Tanggal Rilis19 September 1997
DeveloperOddworld Inhabitants Digital Dialect (PC)
Saffire Corporation (Game Boy)
PlatformPlayStation, PlayStation 3, Microsoft Windows, PlayStation Vita, PlayStation Portable, Game Boy, DOS, MS-DOS
GenreCinematic Platformer

19. Star Wars: TIE Fighter

Game PC Jadul Terbaik TIE Fighter

Diurutan 19 ada game Star Wars: TIE Fighter. Di game ini kalian akan menjadi seorang pilot yang ditugaskan untuk menjaga perdamaian dari konflik sipil disebuah ruang angkasa yang baru dikembangkan.

Bagi kalian yang dulunya tidak sempat memainkan game simulasi ini, mungkin bisa kalian coba sekarang untuk sekedar bernostalgia.

Informasi Tentang Star Wars: TIE Fighter

JudulStar Wars: TIE Fighter
Tanggal RilisJuli 1994
DeveloperTotally Games
PlatformMicrosoft Windows, DOS, Linux, Keluarga Sistem Operasi Macintosh
GanreSpace Simulation

18. Chrono Trigger

Game PC Jadul Terbaik Chrono Trigger

Diurutan 18 ada game Chrono Trigger. Chrono Trigger dirilis pertama kali untuk Super Nintendo Entertainment System (SNES) pada 11 Maret 1995. Menyusul platform lain, seperti PlayStation, Nintendo DS, iOS, dan Android karena semakin banyak orang yang suka dengan game ini.

Chrono Trigger sendiri merupakan game legendaris karena game ini dikerjakan oleh orang-orang yang namanya sedang naik daun saat itu dan disebut sebagai Dream Team.

Anggota Dream Team tersebut antara lain adalah Hironobu Sakaguchi (kreator dari seri Final Fantasy), Yuji Horii (kreator seri Dragon Quest), Akira Toriyama (mangaka dari Dragon Ball).

Informasi Tentang Chrono Trigger

JudulChrono Trigger
Tanggal Rilis11 Maret 1995
DeveloperSquare Enix
PlatformSuper Nintendo Entertainment System, Nintendo DS
GenreRole-playing

17. Day of the Tentacle

Game PC Jadul Terbaik Day Of The Tentacle

Diurutan 17 ada game Day of the Tentacle. Day of the Tentacle adalah produk dari zaman kejayaan game adventure yang saat itu didominasi LucasArts, studio sekaligus penerbit game yang dikenal lewat Escape from Monkey Island, Grim Fandango, dan lainnya.

Sebagai game point-and-click yang berfokus di time travel, kalian bisa berganti antar tiga karakter yang terpisah oleh mesin waktu yang rusak.

Bagi kalian yang menyukai permainnan yang menawarkan teka-teki, game ini sangat cocok untuk kalian.

Informasi Tentang Day of the Tentacle

JudulDay of the Tentacle
Tanggal Rilis25 Juni 1993
DeveloperLucasArts, Double Fine Productions
PlatformPlayStation 4, Microsoft Windows, iOS, PlayStation Vita, Linux, DOS, MS-DOS
GenrePoint-and-click adventure

16. Monkey Island 2: LeChuck’s Revenge

Game PC Jadul Terbaik Monkey Island 2 LeChuck’s Revenge

Diurutan 16 ada game Monkey Island 2: LeChuck’s Revenge. Monkey Island 2: LeChuck’s Revenge merupakan game kedua dari series Monkey Island, dan menceritakan kisah kembalinya seorang bajak laut LeChuck. Dirinya bangkit sebagai zombie setelah kematiannya di seri game yang pertama, Monkey Island.

Edisi spesial game ini rilis di 2010, dengan voiceover baru dan sistem hint, yang tentunya akan memudahkan kalian dalam memainkan bagian puzzle yang sangat susah dan jadul.

Kalian juga bisa switch antara versi original dan versi baru, jadi jangan takut kehilangan pengalaman saat memainkanya.

Informasi Tentang Monkey Island 2 LeChuck Revenge

JudulMonkey Island 2: LeChuck’s Revenge
Tanggal RilisDesember 1991
DeveloperLucasArts
PlatformXbox 360, Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox One
GenreGraphic adventure

15. Duke Nukem 3D

Game PC Jadul Terbaik Duke Nukem 3D

Selanjutnya ada game Duke Nukem 3D. Duke Nukem adalah franchise yang mampu mencapai kesuksesan luar biasa di masa lampau. Karakter di Duke Nukem bisa dipastikan terinspirasi dari stereotipe protagonis film action di akhir 80-an dan awal 90-an.

Rambut cepak, kacamata hitam, tank top, otot yang berlebihan dan tentunya super jago dan pintar dalam segala hal. Di game ini kalian akan membantai musuh-musuh yang mengganggu liburannya di Los Angeles, sambil menyelamatkan sejumlah wanita cantik.

Informasi Tentang Duke Nukem 3D

JudulDuke Nukem 3D
Tanggal Rilis29 Januari 1996
Developer3D Realms
PlatformPlayStation 4, PlayStation 3, PlayStation, Xbox 360
GenreFirst-person shooter

14. Doom

Game PC Jadul Terbaik Doom

Selanjutnya ada game Doom. Doom merupakan nenek moyang dari semua game bergenre first-person shooter. Sebagai game horor sci-fi, di game ini kalian akan bergabung dengan pasukan tentara luar angkasa yang membantai monster-monster dari neraka.

Meskipun bukan yang terbaik dari segi cerita, game ini menonjolkan grafik 3D nya, serta mode multiplayer yang seru.

Informasi Tentang Doom

JudulDoom
Tanggal Rilis10 Desember 1993
Developerid Software
PlatformMS-DOS
GenreFirst Person Shooter

13. System Shock 2

Game PC Jadul Terbaik System Shock 2

Selanjutnya ada game System Shock 2. System Shock 2 adalah game tentang ketakutan dan kelangkaan. Game pertama dari Irrational Games ini adalah asal usul dari mekanik game sekarang seperti BioShock: buat dunia yang akan kalian jelajahi, masukkan karakter, dan biarkan pemain menyaksikan kehancuran dunia tersebut.

Game ini menawarkan gameplay yang lebih menakutkan dari perasaan tegang dan isolasi, ditambah dengan kelangkaan peralatan, bahan untuk hidup, dan tanpa teman yang bisa membantu.

Informasi Tentang System Shock 2

JudulSystem Shock 2
Tanggal Rilis11 Agustus 1999
DeveloperIrrational Games
PlatformMicrosoft Windows, Linux, DOS, Sega Dreamcast, MacOS
GenreAction role-playing, first-person shooter, survival horror

12. StarCraft

Game PC Jadul Terbaik StarCraft

Selanjutnya ada game StarCraft. Diluncurkan sebelum Activision membeli perusahaan induk Blizzard Vivendi, StarCraft adalah game real-time strategy yang dengan setting di luar angkasa.

Kalian akan memilih satu dari tiga ras, membangun markas serta mengatur sumber daya, sampai akhirnya menyerbu markas lain dan menjajahnya.

StarCraft merupakan game pc terbaik di tahun rilisnya, dan menjadi sebuah fenomena secara kultural di korea selatan. Game ini di-remaster pada tahun 2017.

Informasi Tentang StarCraft

JudulStarCraft
Tanggal Rilis31 Maret 1998
DeveloperBlizzard Entertainment
PlatformMicrosoft Windows, Classic Mac OS, macOS, Nintendo 64
GenreReal-time strategy

11. Quake

Game PC Jadul Terbaik Quake

Selanjutnya ada game Quake. Quake adalah game pertama yang punya map terpisah untuk multiplayer. Game ini bisa dibilang sama pentingnya dengan Doom dalam membentuk lanskap gaming modern yang kita kenal sekarang.

Setting di game ini adalah Medieval Gothic, dan multiplayernya sudah mendukung jumlah pemain yang banyak: 8 orang (ketimbang sebelumnya yang cuma 4).

Game ini tidak menggunakan engine yang sama dengan Doom, dan merender grafik 3D nya sedemikian rupa sampai membuat banyak anak-anak bolos sekolah demi main Quake.

Informasi Tentang Quake

JudulQuake
Tanggal Rilis22 Juni 1996
Developerid Software
PlatformMicrosoft Windows, Linux, Nintendo 64, MS-DOS
GenreFirst person shooter

10. Hexen: Beyond Heretic

Game PC Jadul Terbaik Hexen Beyond Heretic

Selanjutnya ada game Hexen: Beyond Heretic. Game ini adalah sekuel dari Heretic, 1994. Kalian harus memilih fighter, cleric, atau mage sebelum menyerang Serpent Riders, bos terakhir yang menunggu di sebuah ruangan penuh jebakan dan teka-teki.

Sebagai perpaduan game first-person shooter dan fantasi, kalian bisa memilih tiga kelompok karakter sebelum menginvasi dunia penuh monster yang perlu dibasmi. Hexen memang bukan yang terbaik dari segi grafik, tapi ada banyak mod yang bisa kalian pasang untuk meningkatkan tampilan game ini.

Informasi Tentang Hexen: Beyond Heretic

JudulHexen: Beyond Heretic
Tanggal Rilis30 Oktober 1995
DeveloperRaven Software
PlatformMS-DOS, Microsoft Windows, Classic Mac OS, PlayStation, Sega Saturn, Nintendo 64
GenreFirst person shooter

9. Myst

Game PC Jadul Terbaik Myst

Selanjutnya ada game Myst. Myst adalah game puzzle petualangan yang rilis di awal 90-an dan menjadi game dengan penjualan terbanyak di dekade itu. Kalian akan menjelajahi beragam dunia yang berbeda, bermodalkan sebuah buku magis dimana kalian akan menyelesaikan banyak misteri dan menemukan potongan halaman buku yang hilang.

Tujuan akhir dari game ini adalah menyelematkan satu dari dua bersaudara yang terperangkap di sebuah buku, atau kalian juga bisa memilih meninggalkan mereka yang terperangkap didalam buku.

Informasi Tentang Myst

JudulMyst
Tanggal Rilis24 September 1993
DeveloperCyan Worlds
PlatformMicrosoft Windows, Android, iOS, Nintendo DS
GenreGraphic adventure, puzzle

8. Thief: The Dark Project

Game PC Jadul Terbaik Thief The Dark Project

Selanjutnya ada game Thief: The Dark Project. Menggabungkan antara strategi, stealth, kecerdikan, narasi yang kuat, serta desain misi yang menarik membuat game ini menjadi salah satu game paling unik yang pernah hadir di PC.

Beberapa kekecewaan yang bisa muncul dari memainkan game ini adalah musuh yang terkadang tidak sepintar dugaan, serta cerita yang agak pendek. Meskipun demikian, kalian akan diberikan banyak kebebasan dalam cara menyelesaikan sebuah misi.

Informasi Tentang Thief: Dark Project

JudulThief: The Dark Project
Tanggal Rilis30 November 1998
DeveloperLooking Glass Studios
PlatformMac OS, Saturn, PlayStation, 3DO, Microsoft Windows, Atari Jaguar CD, CD-i, AmigaOS, Pocket PC,
GenreGraphic adventure, puzzle

7. Deus Ex

Game PC Jadul Terbaik Deus Ex

Selanjutnya ada game Deus Ex. Deus Ex adalah game first person shooter yang dikembangkan oleh Ion Storm pada tahun 2000. Saat ini Deus Ex sudah banyak memiliki sekuel.

Deus Ex menggabungkan unsur-unsur dari FPS dengan petualangan, yang memungkinkan untuk menyelesaikan tugas dan misi dengan berbagai cara. Deus Ex sendiri dirilis untuk Microsoft Windows pada Juni 2000, dengan port Mac OS setelah bulan berikutnya.

Informasi Tentang Deus Ex

JudulDeus Ex
Tanggal Rilis23 Juni 2000
DeveloperIon Storm
PlatformPlayStation 3, Microsoft Windows, PlayStation 2, Keluarga Sistem Operasi Macintosh
GenreStealth, first person shooter, action role-playing

6. Baldur’s Gate

Game PC Jadul Terbaik DBaldur’s Gate

Selanjutnya ada game Baldur’s Gate. Baldur’s Gate adalah sebuah game RPG yang akan membawa pengalaman klasik memainkan game dengan judul yang sama untuk PC yang rilis pada tahun 1998 silam.

Pada masanya, game ini sangatlah populer karena menawarkan gameplay yang sangat klasik serta alur cerita yang unik.

Informasi Tentang Baldur’s Gate

JudulBaldur’s Gate
Tanggal Rilis21 Desember 1998
DeveloperBioWare
PlatformMicrosoft Windows, Mac OS
GenreRole-playing

5. Grim Fandango

Game PC Jadul Terbaik Grim Fandango

Rekomendasi Game PC Jadul selanjutnya adalah Grim Fandango. Grim Fandango adalah game berdasarkan cerita yang lucu dan menghibur. Kalian akan memainkan Manny Calavera, seorang agen travel underworld yang berpetualang di dunia kematian.

Sebagai game petualangan pertama yang dirender dalam 3D, plot yang kuat, dan puzzle super menantang, LucasArts membuat game ini bertahan lama di posisi puncak. Di anggap sebagai game petualangan terbaik di era 90-an, game fenomenal ini di-remake pada tahun 2014 dan juga merilis versi Android dan iOS nya.

Informasi Tentang Grim Fandago

JudulGrim Fandango
Tanggal Rilis30 Oktober 1998
DeveloperLucasArts
PlatformNintendo Switch, Microsoft Windows
GenreGraphic adventure

4. Diablo 2

Game PC Jadul Terbaik Diablo 2

Rekomendasi Game PC Jadul selanjutnya adalah Diablo 2. Diablo 2 adalah sekuel permainan populer Diablo dengan tema kegelapan. Game ini dirilis untuk Microsoft Windows dan Mac OS pada tahun 2000 oleh Blizzard Entertainment.

Game ini menawarkan varian karakter seperti Barbarian, Assassin, Necromancer, Paladin, Druid, Amazon, dan Sorceress. Setiap karakter memiliki karakteristik dan skill yang jauh berbeda satu sama lainnya.

Oleh karena itu, membutuhkan strategi permainan yang berbeda pula. Tidak heran jika kemudian Diablo 2 memiliki replay value yang cukup tinggi.

Informasi Tentang Diablo 2

JudulDiablo 2
Tanggal Rilis29 Juni 2000
DeveloperBlizzard Entertainment
Platform Microsoft Windows, Classic Mac OS, macOS
GenreHack and slash, action role-playing

3. Final Fantasy 8

Game PC Jadul Terbaik Final Fantasy 8

Rekomendasi Game PC Jadul selanjutnya adalah Final Fantasy 8. Final Fantasy 8 bukan sekedar lanjutan dari pendahulunya, ia mendobrak banyak hal dari berbagai segi. Mekanisme permainan dirombak ulang sehingga jauh berbeda dari pendahulunya.

Di game ini kalian harus merakit sendiri senjata menggunakan bahan yang ada. Alih-alih memperkuat karaktermu seiring kenaikan level di game, kalian harus mengumpulkan mantra untuk meningkatkan kekuatan. Mantra-mantra tersebut juga tidak lagi bisa didapatkan dari buku atau kristal, melainkan harus kalian curi dari musuh.

Hampir semua yang ada di game ini dirombak ulang dari seri Final Fantasy sebelumnya, dan ini merubah stigma yang sudah melekat erat sehingga experience nya akan berbeda dari beberapa game sebelumnya.

Informasi Tentang Final Fantasy 8

JudulFinal Fantasy 8
Tanggal Rilis11 Februari 1999
DeveloperSquare Enix
PlatformMicrosoft Windows, Xbox One, PlayStasion
GenreRole-playing

2. Half-Life 2

Game PC Jadul Terbaik Half Life 2

Rekomendasi Game PC Jadul selanjutnya adalah Half-Life 2. Half-Life 2 merupakan game dengan single player first-person shooter dimana petualangan kalian akan terbagi menjadi chapter.

Kalian akan berperan sebagai sosok ilmuwan ternama yakni Gordon Freeman yang juga memiliki kehalian bertempur tingkat tinggi.

Half-Life 2 sendiri menceritakan kehidupan fantasi masa depan bumi, dimana sumber dari planet tersebut, termasuk umat manusia sedang dieksploitasi oleh kerajaan jahat yang lebih dikenal dengan sebutan Combine.

Game ini lebih bersetting ke kota fiktif bernama City 17, sebuah kota yang terjadi sekitiar 20 tahun lalu setelah peristiwa pendahulunya yakni, Half-Life.

Game ini sendiri telah mendapatkan review dari beberapa media seperti Gamespy, The Cincinnati Enquirer, dan The New York Times yang memberikan skor sempurna untuk game sekelas Half-Life 2. Hal itu sangatlah masuk akal mengingat gameplay yang diperlihatkan begitu bagus pada masanya.

Informasi Tentang Half Life 2

JudulHalf-Life 2
Tanggal RIlis16 November 2004
DeveloperValve Corporation
PlatformAndroid, Xbox, Microsoft Windows, Linux
GenreFirst person shooter

1. Resident Evil 2

Game PC Jadul Terbaik Resident Evil 2

Rekomendasi Game PC Jadul yang terakhir adalah Resident Evil 2. Resident Evil 2 adalah salah satu game terbesar dan terpopuler di tahun 90-an, dan lebih berasa seperti film yang interaktif ketimbang game di kala itu.

Dengan setting beberapa bulan setelah RE1, RE2 menunjukkan seluruh isi kota Raccoon City yang telah hancur dilanda virus zombie.

Di game ini kalian akan berperan sebagai polisi bernama Leon Kennedy, bersama Claire Redfield untuk menyelamatkan diri mereka dari wabah zombie dan menyelamatkan beberapa survivor di kota itu.

Informasi Tentang Resident Evil 2

JudulResident Evil 2
Tanggal Rilis21 Januari 1998
DeveloperCapcom
PlatformPlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
GenreSurvival Horor

Nah itulah tadi 20 rekomendasi game PC jadul terbaik yang mungkin bisa membuat kalian sedikit bernostalgia. Ditengah membanjirnya pilihan game modern, terkadang kualitas justru dapat ditemukan di game-game lawas.

Jangan lupa kunjungi terus Dafunda Game untuk mendapatkan rekomendasi menarik lainnya seputar dunia game.

Bagikan jika kamu suka