Inilah Jadinya Jika GTA San Andreas Gunakan Ray-Tracing

in ,
Gta San Andreas Ray Tracing
Gta San Andreas Ray Tracing | Twitter @MajorMorteza

Banyak para penggemar Grand Theft Auto yang meminta Rockstar untuk meremake San Andreas atau Vice City selama bertahun-tahun. Namun, sampai saat ini permintaan tersebut belum mendapat respon dari Rockstar sendiri.

Tapi, berkat mod baru yang dibuat oleh seorang sekelompok penggemar, membuat game-game klasik GTA dapat menerapkan fitur ray-tracing. Sehingga saat ini penggemar dapat bermain dengan ray-tracing untuk judul-judul lama GTA termasuk San Andreas di dalamnya.

Sedikit Pembahasan Mengenai Ray-Tracing

Ray Tracing
Hasil Penggunaan Ray Tracing Pada Sebuah Game | ExtremeTech

Ray-tracing merupakan teknik rendering yang menggunakan algoritme canggih untuk melacak jalur cahaya dan mensimulasikan agar berinteraksi dengan objek virtual dan menciptakan tampilan visual yang tampak hidup.

Teknologi ini adalah salah satu fitur yang paling banyak dibicarakan untuk konsol generasi terbaru. Meskipun gamer PC telah menikmati teknologi ray-tracing lebih dulu.

Game-game next-gen saat ini sudah banyak yang mengadaptasi fitur tersebut. Seperti contohnya saja Spider-Man: Miles Morales dan Call of Duty: Black Ops Cold War. Beberapa pengembang juga mulai menggunakan teknologi tersebut untuk membuat remake beberapa game lama. Salah satu contohnya adalah Marvel’s Spider-Man yang dirilis untuk PS4 pada tahun 2018, kini di-remastered untuk PS5 dengan ray-tracing.

JANGAN LEWATKAN •
Bocoran Foto "Grand Theft Auto VI" Tersebar di Internet

Ini Tampilan GTA San Andreas Dengan Ray-Tracing

Mod tersebut dibuat oleh para penggemar setia dari seri lama GTA, untuk GTA 3, San Andreas dan Vice City. Mereka membuat ketiga game klasik GTA tersebut dapat menerapkan teknologi ray-tracing, yang notabene merupakan teknologi untuk sebuah game next-gen.

Efek dari mod tersebut sangat meningkatkan tampilan visual ketiga game tersebut, yang kesemuanya telah dirilis lebih dari 10 tahun yang lalu. Efek mod ini membuat ketiga judul klasik GTA tersebut seperti game yang baru dirilis.

Dengan bantuan mod ray-tracing tersebut, GTA San Andreas memiliki bayangan dan pantulan sinar yang lebih realistis. Efek pencahayaan baru membuat bangunan kota di GTA menjadi hidup dengan cahaya yang terpantul dari jendela dan mobil. Namun, aspek lain seperti grafik dan tekstur game tetap sama seperti awal.

JANGAN LEWATKAN •
Rumor: Red Dead Redemption 2 Hadir di PC dan Stadia!

Semoga saja dengan adanya mod ini, dapat menggugah Rockstar Games untuk membuat remake dari salah satu judul klasik game GTA di atas. Akan sangat menarik bila Rockstar dapat mengabulkan permintaan dari para pemain.

Nah, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Jangan lupa komen di bawah ya dan ikuti terus Dafunda Game untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia game.