GameBerita GamePC & Console

Asus ROG Ally Akhirnya Dapatkan Jadwal Rilis

Setelah sebelumnya dianggap lelucon, baru-baru ini ASUS mengumukan jadwal rilis Asus ROG Ally yang digadang-gadang akan saingi Steam Deck.

Setelah sebelumnya dianggap lelucon, baru-baru ini ASUS mengumukan jadwal rilis Asus ROG Ally yang digadang-gadang akan saingi Steam Deck. ROG Ally sendiri adalah sebuah PC handheld dengan OS Windows 11 dan menjalankan accelerated processing unit (APU) custom Ryzen dari AMD.

Dari segi desain, ROG Ally berbalut dengan warna putih sedangkan Steam Deck berwarna hitam. Bagian depan kedua konsol handheld itu sama-sama dilengkapi tombol operasi ABXYA, R1-R2, L1-L2, dua buah analog.

Terdapat juga tombol navigasi arah (d-pad), tombol menu, dan lubang untuk sirkulasi udara. Hanya saja, lokasi penempatan sejumlah tombol itu berbeda, contohnya tombol navigasi arah ROG Ally yang diletakkan di tengah konsol sedangkan tombol Steam Deck diposisikan di bagian pinggir.

Jadwal Rilis Asus ROG Ally

Asus ROG Ally
Asus ROG Ally | ASUS

ROG Ally akan menggunakan Windows 11 sebagai sistem operasi utamanya dan akan mendukung berbagai platform digital. Platform ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para gamer seperti Xbox Game Pass, Steam, hingga Epic Games Store.

ASUS telah mengungkapkan jadwal rilis untuk ROG Ally yang rencananya akan diluncurkan sekitar 11 Mei mendatang. Mereka juga telah mengungkapkan seperti apa spesifikasi yang dimiliki PC handheld tersebut.

Asus ROG Ally akan memiliki chip AMD Ryzen Z1 sebagai CPU-nya. Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi lengkap dari Asus ROG Ally:

  • OS: Windows 11 full compatible dengan Steam, Epic Games Store, EA, dan Xbox Game Pass.
  • CPU: AMD Ryzen Z1 Series
  • RAM: 16 GB LPDDR5 Dual Channel
  • MicroSD: UHS-II MicroSD Slot Expansion
  • Storage: NVME M.2—2230 512 POCIe Gen4 Ultra Fast Storage
  • Monitor: Full HD 120Hz 500 nits 7ms
  • Cooler: ROG Intelligent Cooling
  • Sound: Dolby Atmos
  • UI: Armoury Crate SE dengan keymap yang bisa dikustomisasi sesuka hati.

Berapa Harga Asus ROG Ally?

Konsol ROG Ally hadir lebih ‘mungil’ dengan bobot 608 gram dan dimensi 280 mm x 113 mm x 39 mm. Sebagai perbandingan, Steam Deck berbobot 669 gram dengan dimensi 298 mm x 117 mm x 50,5 mm.

Untuk ukuran layar, Asus ROG Ally mengusung layar 7 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel, rasio aspek 16:9, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) 500 nits.

Untuk saat ini, harga dari PC handheld milik Asus ini belum ada pengumuman. Akan tetapi ASUS memastikan harganya akan dibawah USD 1.000.  Berdasarkan rumor yang beredar, harganya akan berkisar USD 649 atau IDR 9 Jutaan untuk versi 512GB, dan USD 899 atau IDR 13 Jutaan untuk versi 1TB


Menarik untuk kita nantikan bagaimana perkembangan dari konsol portable Asus ROG Ally. Oleh karena itu, pastikan kalian pantau terus Dafunda Game agar tidak ketinggalan informasi dan juga konten menarik liannya dari kami.

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks