Keuntungan Yang Mungkin Didapat Microsoft Saat Gabung Bersama Facebook Gaming!

in ,
Microsoft X Facebook Gaming
Microsoft x Facebook Gaming | Microsoft

Saat ini Mixer bisa dibilang menjadi salah satu platform streaming yang cukup terkenal selain Twitch hingga YouTube. Padahal layanan tersebut diketahui masih berusia kurang lebih satu tahun saja. Namun beberapa waktu lalu Microsoft secara resmi mengumumkan jika layanan streaming miliknya tersebut bakal ditutup dan dialihkan ke Facebook Gaming.

Menyikapi hal tersebut, banyak spekulasi yang menyatakan jika Microsoft Series X tampaknya bakal akrab dengan Facebook Gaming. Hal tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang dijalin Microsoft dan Facebook Gaming baru-baru ini.

Kabar mengenai penutupan Mixer ini membuat beberapa Streamer yang ada di Mixer sangat terkejut. Pasalnya, jika seandainya mereka juga harus pindah ke Facebook Gaming, tentunya mereka harus memulai semuanya dari awal.

Alasan Mixer Pindah Ke Facebook Gaming

Mixer Dan Facebook Gaming
Mixer Dan Facebook Gaming |Mixer/Facebook Gaming

Pengumuman mengejutkan ini disertai anjuran Microsoft kepada pengguna dan streamer Mixer-nya untuk beralih ke layanan streaming Facebook gaming. Dalam waktu sebulan ke depan, tepatnya mulai 22 Juli nanti, semua aplikasi dan situs Mixer akan dialihkan secara otomatis ke Facebook Gaming.

Sejak diresmikan pada 2017 silam oleh Microsoft, Mixer tampaknya tidak memenuhi harapan Microsoft dan tertinggal jauh dari Twitch, YouTube, dan Facebook Gaming. Hal inilah yang membuat Microsoft sepertinya harus berbenah dan bekerjasama dengan Facebook Gaming.

“Jika membandingkan jumlah penonton aktif bulanan Mixer dengan beberapa platform besar lain, kami tertinggal jauh. Saya pikir komunitas Mixer akan mendapat manfaat dari cakupan luas yang dimiliki Facebook, mereka mampu menjangkau pemain dengan cara yang sangat mulus melalui platform sosial yang dimilikinya.”

kata kepala game Microsoft Phil Spencer kepada The Verge

Apa Keuntungan Yang Didapat Mixer Dengan Pindah Ke Facebook Gaming ?

Jika kita mengacu pada jadwal perilisan konsol Next-Gen milik Microsoft yakni Xbox Series X, konsol ini akan dirilis pada musim liburan nanti.  Dengan demikian, konsol Microsoft generasi berikutnya mungkin akan diluncurkan dengan tambahan layanan Facebook Gaming untuk mereka yang ingin melakukan streaming di konsol tersebut.

Berkolaborasi dengan Facebook Gaming tentunya membuat Microsoft dapat mendedikasikan sumber dayanya untuk tidak hanya membuat Xbox Series X sukses. Akan tetapi juga fokus pada layanan streaming.

Seperti yang diketahui, saat ini Microsoft tengah mengembangkan “Project xCloud”. Project xCloud adalah layanan streaming game versi beta yang menggunakan kekuatan infrastruktur cloud Microsoft untuk melakukan streaming game Xbox ke perangkat Android. Oleh karena itu, kerjasama itu diyakini bisa membantu perkembangan Project xCloud.

Project Xcloud
Project Xcloud | Microsoft

Berdasarkan informasi yang dbagikan, Project xCloud rencananya dirilis penuh menjelang akhir tahun dan akan dipaketkan ke dalam layanan Xbox Game Pass. The Verge melaporkan bahwa xCloud akan memberikan opsi untuk memainkan game yang sedang ditonton. Fitur seperti itu sudah lebih dulu diperkenalkan oleh platform streaming game yaitu “Google Stadia”.

Dengan dijalinnya kerjasama dengan Facebook Gaming, Microsoft berharap hal tersebut bisa mempermudah dalam mengembangkan Project xCloud tersebut. Menarik kita simak bagaimana nantinya kerjasama ini akan berjalan. Oleh karena itu, pastikan kalian pantau terus Dafunda Game untuk informasi lebih lanjutnya.

Bagikan jika kamu suka