Makin Mahal, Top Up Game Online Bakal Kena Pajak

in ,
Hadiah Royale Luck Free Fire
Dafunda

Saat bermain game, tentu ada banyak sekali fitur yang dihadirkan oleh penggembang. Salah satunya adalah mata uang game seperti gem, diamond dan lainnya. Nah, untuk mendapatkan uang dalam game ini kamu harus melakukan top up atau mengisi dengan uang beneran di dunia nyata. Tentu saja setiap game menawarkan banyak cara dan banyak hadiah pula agar pemain bisa dengan mudah mengeluarkan uang mereka.

Nah, tapi kabar buruk datang nih buat kamu yang sering melakukan top up untuk game. Katanya, pemerintah Indonesia akan memungut pajak dari untuk setiap top up yang dilakukan. Seberapa besar? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Pajak 10%

Linkduit Diamond Mobile Legends
Moonton

Mengutip dari CNBCIndonesia, dirjen pajak mengumumkan bahwa setiap perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) akan dikenai PPN atau Pajak Pertambahan Nilai. Dari sekian banyak jenis PMSE, pembayaran top up game melalui digital juga bakal dikenai pajak yang cukup besar, yaitu 10%.

“Pengenaan PPN atas pemanfaatan produk digital dari luar negeri merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan kesetaraan berusaha (level playing field) bagi semua pelaku usaha khususnya antara pelaku di dalam negeri maupun di luar negeri, serta antara usaha konvensional dan usaha digital,” ujar Hestu Yoga Saksama, Direktur Penyuluhan,dan Hubungan masyarakat Dirjen Pajak dalam keterangan pers.

Regulasinya Belum Jelas

Pilih Jumlah Diamond
Dafunda

Tapi perlu diingat, PPN yang diberlakukan nanti mencakup segala jenis pembayaran via digital termasuk layanan streaming, aplikasi, hingga jasa online. Dan juga, masih belum ada regulasi yang pasti atau kapan hal ini akan diterapkan secara sepenuhnya.

Jika regulasi ini diberlakukan, tentu harga beli untuk top up game PC atau Mobile akan meningkat. Game-game populer seperti Mobile Legends dan Free Fire akan menerima dampak yang sangat besar. Ada baiknya pemerintah mengkaji ulang untuk masalah PPN dalam game sehingga tidak memberatkan player-player missqueen.

Pemerintah bisa saja membuat regulasi untuk top up nominal tertentu atau mengambil pajak langsung dari perusahaan pengembang atau penerbit yang membuat game tersebut.


Bagaimana menurutmu tentang pajak untuk top up game ini? Jangan lupa berikan komentar di bawah ya.

Bagikan jika kamu suka