Microsoft Terapkan Kebijakan Baru, Hanya Ambil 12% Dari Keuntungan Developer Game

in ,
Microsoft
Microsoft | Pinterest

Microsoft sebagai salah satu raksasa teknologi memiliki kebijakan tersendiri dalam mengatur keuangan dari industri game yang berada di bawah naungannya. Kabarnya kini mereka telah mempunyai kebijakan baru dalam bagi hasil keuntungan dengan developer game.

Bagaimana kebijakan baru yang diterapkan Microsoft tersebut? Yuk simak artikel berikut ini agar kamu tidak ketinggalan informasinya.

Microsoft Terapkan Kebijakan Baru

Microsoft 1
Microsoft | Pinterest

Kebijakan baru yang diterapkan oleh Microsoft ini adalah fokus terhadap bagi hasil dari keuntungan penjualan game di Microsoft Store. Dimana kebijakan tersebut berbunyi bahwa Microsoft hanya mengambil 12% dari seluruh keuntungan hasil penjualan game, sisanya dimiliki oleh developer game yang bersangkutan.

Sebelumnya, Microsoft mengambil sedikit lebih banyak dari pada jumlah yang saat ini mereka terapkan. Microsoft kebagian 30% dari hasil penjualan game di Microsoft Store.

Alasan dibalik pengubahan sistem bagi hasil ini agar para developer game semangat untuk merilis game-nya di Microsoft Store. Karena saat ini mereka (developer game) telah mendapatkan lebih banyak keuntungan dari pada sebelumnya.

Sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendukung kreator game PC agar bisa memberikan lebih banyak hal, mulai 1 Agustus nanti pembagian keuntungan dari developer di Microsoft Store bakal meningkat menjadi 88% dari 70%

Ucap Microsoft di Blognya

Saingan Berat Untuk Valve dan Steam

Steam 1
Steam | Valve

Dengan kebijakan baru ini, platform penjualan game digital terbesar saat ini yaitu Steam yang dimiliki oleh Valve menjadi tertekan. Pasalnya mereka masih mengambil 30% dari keuntungan penjualan game di Steam. Dengan kata lain mereka masih menerapkan kebijakan lama.

JANGAN LEWATKAN •
Punya Kemampuan Hacker? Microsoft Berikan 200 Juta Bagi Penemu Bug di Office Insider

Padahal, platform lain seperti Epic Games Store dan Microsoft Store sudah menerapkan kebijakan baru. Pertanyaannya adalah apakah Steam akan mengikuti kebijakan baru yang telah terlebih dahulu diterapkan oleh dua saingannya tersebut? Kalau menurutmu kamu gimana? Jangan lupa komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di Play Store agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game, Anime, Film, dan Pop Culture.