Bukan PlayStation Maupun Xbox, Nintendo Switch Jadi Konsol Terlaris di Amerika Serikat

in , ,
Nintendo Switch Jadi Konsol Terlaris Di Amerika Serikat
Nintendo Switch Jadi Konsol Terlaris Di Amerika Serikat | Nintendo

Sejak pertama kali rilis pada 2 tahun yang lalu, konsol game buatan Nintendo yaitu Nintendo Switch saat ini masih sukses menjadi konsol terlaris di Amerika Serikat. Hal ini memperpanjang rekor mereka sebagai salah satu konsol terlaris selama 23 bulan berturut-turut.

Kabar ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Nintendo. Bagaimana tidak, pencapaian ini berhasil mereka raih saat pertarungan antar konsol sedang memanas. Seperti yang kita ketahui, pada 12 November kemarin Sony baru saja merilis konsol andalan mereka PlayStation 5 secara resmi.

Dua hari sebelum Sony meluncurkan PlayStation 5, Microsoft juga sudah mulai menjual Xbox Series X. Pertarungan ini akan semakin seru karena Nintendo juga sedang menyiapkan penjualan perdana New Nintendo Switch 2 pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Pencapaian Terlaris Nintendo Switch

Nintendo Switch
Nintendo Switch | Nintendo

Berdasarkan data NPD Group, rekor penjualan tertinggi Nintendo Switch terjadi pada bulan Oktober lalu, yang mana 735.926 unit Switch dan Switch Lite terjual di AS. Nintendo menyebut, penjualan mereka telah tumbuh 136 persen dari pencapaian tahun lalu.

JANGAN LEWATKAN •
Heboh Kembalinya Game Portal, Tapi Bukan seperti yang Kamu Harapkan

Sejauh ini, Nintendo Switch telah terjual sebanyak 22,5 juta unit di AS. Sedangkan pada pekan lalu Nintendo mengungkapkan bahwa lebih dari 68 juta unit telah terjual secara global.

“Selalu menyenangkan saat konsol baru memasuki pasar video game. Senang rasanya melihat PS5 dan Xbox Series S dan X masuk ke pasar. Tapi menurut kami Nintendo Switch menempati posisi yang berbeda dan benar-benar memiliki proposisi unik untuk pembeli dan pemain.”

ujar Nick Chavez, SVP penjualan dan pemasaran Nintendo di Amerika.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Nintendo Switch

Melihat pertarungan antar konsol yang sejatinya tidak akan habis jika dibahas. Chaves  SVP penjualan dan pemasaran Nintendo Amerika mengungkapkan faktor yang menjadikan perusahaannya sukses.

Faktor yang pertama adalah jumlah pasokan stok yang jauh lebih baik. Chaves mengakui, pada 2020 ini para penggemar sangat sulit menemukan Nintendo Switch di rak toko. Konsol game ini semakin susah didapatkan karena permintaan meningkat akibat dampak pandemi virus corona.

JANGAN LEWATKAN •
Seberapa Seringkah Harus Mengisi Ulang Baterai Nintendo Switch Yang Jarang Kita Mainkan?
Switch Animal Crossing
Switch Animal Crossing | Nintendo

Faktor kedua yang menjadikan Nintendo Switch menjadi konsol terlaris di Amerika adalah kesuksesan Animal Crossing: New Horizons. Game yang rilis pada Maret lalu ini menjadi daya tarik pembeli untuk memburu Nintendo Switch. Yang menjadikan game ini istimewa adalah waktu permainan yang persis sama dengan waktu yang sesungguhnya, sehingga pemain bisa menyesuaikan waktu permainannya.

Saking larisnya, Chaves mengakui bahwa dirinya tak pernah melihat permintaan untuk Nintendo Switch sebanyak ini sebelumnya. Selain kedua faktor tersebut, meningkatnya penjualan Switch saat ini karena semakin meningkatnya gamers wanita dan orang tua yang bermain konsol ini.

Mendengar berita ini, kira-kira gebrakan apa yang akan dilakukan oleh para pesaing lainnya? menarik untuk kita nantikan bersama. Oleh karena itu, pastikan kalian kunjungi terus Dafunda Game agar mendapatkan berita update lainnya.