AndroidBerita GameGameiOSMobile

Perbedaan Honor of King (HoK) Dan Mobile Legends (ML)

Saat ini banyak player game MOBA yang mencari perbedaan antara game Honor of King (HoK) dan Mobile Legends (ML).

Game dari Cina yaitu Honor of Kings kini sedang menjadi buat bibir dan banyak player yang mencari perbedaan Honor of King (HoK) dan Mobile Legends (ML). Kedua game ini memiliki kemiripan yang membuat beberapa orang memprediksi bahwa Honor of Kings berpotensi mencapai popularitas Mobile Legends di berbagai negara, termasuk kemungkinan Indonesia.

Sebagai permainan yang termasuk dalam kategori MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), Honor of Kings mempunyai kesamaan dengan Mobile Legends. Kesamaan ini tidak hanya terbatas pada kedua game tersebut, tetapi juga dapat kita temukan pada game MOBA lainnya.

Namun, banyak player yang mungkin belum menyadari bahwa terdapat perbedaan signifikan antara Honor of Kings dan Mobile Legends. Meskipun pada pandangan pertama kedua game tersebut mungkin tampak serupa.

BACA JUGA:

Perbedaan Honor of King (HoK) Dan Mobile Legends (ML)

Di balik kesamaan genre, keduanya ternyata punya perbedaan signifikan. Apa saja bedanya? Berikut perbedaan game Mobile Legends dengan Honor of Kings:

Desain Hero

Perbedaan HoK dan ML
Perbedaan HoK dan ML

Honor of Kings dan Mobile Legends merupakan dua permainan dalam genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang mengadopsi format pertarungan tim 5 lawan 5. Kedua game ini menawarkan pilihan karakter atau “hero” yang beragam untuk pemain gunakan dalam pertempuran.

Masing-masing permainan memiliki daftar hero yang unik, dengan Honor of Kings dan Mobile Legends memiliki karakter-karakter eksklusif yang tidak terdapat dalam permainan lainnya.

Sebagai contoh, karakter seperti Zilong dan juga Layla hanya tersedia dalam Mobile Legends. Sedangkan Honor of Kings memiliki set karakternya sendiri yang tidak bisa kita temukan dalam Mobile Legends.

Fitur Dalam Game (Item, Emblem, DLL)

Perbedaan HoK dan ML
Perbedaan HoK dan ML

Perbedaan antara Honor of Kings dan Mobile Legends tidak hanya terbatas pada pilihan hero saja. Tetapi juga merambah ke aspek-aspek lainnya seperti skill hero, item, dan buff yang tersedia dalam game.

Skill yang tersaji dalam kedua game ini dirancang dengan karakteristik unik yang mempengaruhi cara pemain merancang strategi dan juga mengambil tindakan dalam pertempuran. Selain itu, item dan buff yang tersedia juga berbeda, memberikan efek spesifik yang dapat memperkuat hero atau memberikan keuntungan strategis dalam kondisi tertentu.

Perbedaan ini turut mempengaruhi build hero yang ideal, yang mana pemain harus menyesuaikan pilihan item mereka berdasarkan kebutuhan tim dan kondisi pertandingan. Akibatnya, META atau strategi yang paling efektif dalam memenangkan pertandingan pun berbeda antara kedua game.

Tingkat Popilaritas

Honor of Kings merupakan salah satu dari beberapa game MOBA yang telah memasuki pasar, serupa dengan Mobile Legends. Diperkirakan bahwa Honor of Kings akan menarik perhatian signifikan di Indonesia pada masa awal peluncurannya.

Namun, mempertimbangkan popularitas dan jumlah penggemar serta pemain aktif yang lebih besar pada Mobile Legends. Honor of Kings mungkin akan mengalami penurunan jumlah pemain setelah periode awal peluncurannya.

Sistem Equipment dan Arcana

Perbedaan HoK dan ML
Perbedaan HoK dan ML

Honor of Kings menghadirkan koleksi item yang luas serta sistem Arcana yang kompleks. Hal ini memberikan pemain kesempatan untuk menyesuaikan karakter mereka dengan lebih detail. Hal ini berbeda dengan apa yang Mobile Legends hadirkan.

Sistem Arcana dalam Honor of Kings memungkinkan pemain untuk meningkatkan kemampuan karakter mereka melalui berbagai atribut seperti serangan, pertahanan, dan kecepatan, menambah lapisan strategi dalam persiapan sebelum pertandingan.

Sementara itu, variasi item yang tersedia mendukung adaptasi strategi secara real-time selama pertempuran, memungkinkan pemain untuk merespons dengan lebih dinamis terhadap situasi permainan.

Kombinasi dari kedua sistem ini menghasilkan pengalaman yang lebih kaya dan penuh nuansa, di mana setiap pemain dapat mengekspresikan cara bermain unik mereka. Hal ini menjadikan Honor of Kings menghadirkan pengalaman bermain yang mendalam dari pada Mobile Legends.

Turnamen Esports

Turnamen Mobile Legends
Turnamen Mobile Legends

Ekosistem turnamen Mobile Legends telah berkembang menjadi sebuah fenomena global, memainkan peran penting dalam lingkup komunitas esports internasional.

Sebagai salah satu game mobile paling populer, Mobile Legends tidak hanya menarik perhatian jutaan pemain di seluruh dunia. Tetapi juga telah mendorong pertumbuhan industri esports dengan mengadakan rangkaian turnamen yang menantang dan kompetitif.

Sedangkan Honor of Kings, meskipun memiliki basis penggemar yang besar dan kompetisi yang sama kuatnya, cenderung lebih terfokus pada pasar China. Hal ini menunjukkan bagaimana kedua game ini, meski serupa dalam genre, memiliki strategi pengembangan komunitas esports yang berbeda.

Kedua ekosistem turnamen ini, masing-masing dengan ciri khasnya, terus berkontribusi pada dinamika dan pertumbuhan esports global, menarik lebih banyak pemain dan penonton ke dalam dunia kompetitif gaming


Demikianlah beberapa Perbedaan Honor of King (HoK) Dan Mobile Legends (ML). Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk mencoba game ini? Jangan lupa untuk terus mengunjungi Dafunda Game ya.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.