Proyek Dino Crisis Reboot Dibatalkan?

in ,
Dino Crisis Reboot Dibatalkan
Dino Crisis Reboot Dibatalkan | GoodFon

Capcom memang sangat semangat dengan remake-remake game lamanya beberapa tahun terakhir ini. Mulai dari Resident Evil 2 Remake yang mendapatkan kesuksesan dari segi kritik dan finansial. Setelah itu, mereka juga kembali menghadirkan RE3 Remake yang baru saja rilis pada awal bulan April lalu.

Tak berhenti di situ, ada banyak rumor yang mengatakan bahwa Resident Evil 4 juga bakal dibuatkan remake walau sebenarnya game tersebut sudah memiliki gameplay yang cukup bagus. Selain itu, Capcom juga memiliki banyak judul game jadul lainnya yang bisa di-remake seperti Dead Rising dan Dino Crisis. Tapi sepertinya, masih belum ada fokus selain dari franchise RE.

Dino Crisis dan Dead Rising Bakal Dibuat?

Masalah Dead Rising
Masalah Dead Rising | Capcom

Sayangnya, hal itu tidak akan terjadi. Sebuah berita baru yang terpercaya datang dari reporter Liam Robertson yang mengungkap sejarah yang bermasalah di balik Dead Rising dan Crisis Dino. Capcom Vancouver, yang sebelumnya dikenal dengan Blue Castle Game, bertanggung jawab atas franchise Dead Rising mengalami masalah sejak membuat game kedua mereka. Hal ini akhirnya berdampak besar pada sisi negatif dari Dead Rising 4 dan kegagalan Dead Rising 5.

JANGAN LEWATKAN •
Open Beta Resident Evil Resistance Ditunda

Untuk Dino Crisis sendiri, ide dari game baru atau remakenya sudah diajukan oleh Capcom Vancouver sekitar 5 tahun yang lalu. Ide itu ada sebelum dibatalkan pada 2018, seandainya disetujui game tersebut sudah ada di tangan penggemar saat ini. Permasalahan saat Dead Rising 4 dikembangkan membuat banyak karyawan memilih pergi, apalagi setelah pimpinan senior mereka dipecat. Hal ini membuat semua menjadi buruk hingga Dino Crisis dan banyak ide lainnya yang ditolak.

Dino Crisis Reboot Dibatalkan

Dino Crisis Gagal
Dino Crisis Gagal | Capcom

Setelah kejadian itu, Capcom Japan memilih untuk membubarkan Dino Crisis reboot. Proyek ini bahkan tidak pernah dibicarakan lagi dan hanya sampai di fase pitching. Menurut Robertson, “pengembang percaya bahwa [Capcom Jepang] tidak mau melakukan investasi signifikan dalam teknologi baru yang diperlukan oleh proyek.” Pada saat itu, bukan cuma ide untuk Dino Crisis saja yang dimatikan, wawancara bersama para pengembang mengatakan bahwa Resident Evil X, Onimusha hingga Mega Man juga ditolak.

JANGAN LEWATKAN •
Capcom Bakal Berikan Demo Resident Evil Village

Meskipun untuk saat ini semuanya sedang tidak dikerjakan. Masih ada kesempatan bagi Capcom Vancouver agar bisa membujuk perusahaan inti untuk mengembangkan game baru Dino Crisis. Capcom kini sepertinya sedang berfokus dengan Resident Evil 8 yang dirumorkan rilis pada tahun 2021 nanti. Setelah itu juga masih ada Resident Evil 4 Remake yang mungkin masuk dalam daftar game yang dikerjakan.

Bagaimana menurutmu tentang dibatalkannya reboot Dino Crisis ini? Semoga saja kita bakal mendapatkan game barunya lebih cepat ya.