GameOpiniPCPC & ConsolePlaystation

Remake Silent Hill 2: Kenapa Bukan Silent Hill 1 Saja?

Remake Silent Hill 2 seperti kita ketahui telah resmi diumumkan proyeknya oleh Konami beberapa waktu yang lalu. Dan pengumumannya adalah melalui sebuah format teaser trailer yang keren banget tampilan grafisnya.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut dan sebelum lanjut lagi. Yuk mari kita simak lagi cuplikan teaser trailer remake Silent Hill 2 tersebut berikut ini.

Dan yap sekali lagi kita harus akui. Terlepas apakah gameplay-nya nanti akan sama memuaskannya seperti versi orisinil tahun 2001 silam. Dari segi kualitas grafisnya. Versi remake Silent Hill 2 ini sangatlah gokil.

Makna kata gokil disini bukanlah sekedar keterpukauan kita terhadap kecanggihan fisik grafisnya saja. Melainkan juga terhadap efek kecanggihan grafisnya yang otomatis mempengaruhi feel kengerian remake-nya ini.

Atau dengan kata lainnya lagi. Kualitas tampilan grafis-nya yang jauh lebih canggih dan realistis tersebut. Tak ayal, sukses membuat versi remake-nya ini jauh lebih ngeri dan mencekam.

Mengapa Bukan Silent Hill 1?

remake silent hill 2
James Sunderland versi remake | Rising Geeks

Akan tetapi nih. Terlepas sekali lagi tampilan remake Silent Hill 2 tersebut sangat ngeri. Dan juga keputusan Konami untuk me-remake Silent Hill 2 ini sah-sah saja. Tapi entah mengapa dari kemarin gue bertanya seperti ini, “kenapa gak Silent Hill (1999) saja sih yang di-remake?”

Selected for you
Ukuran Storage PS5 Bocor di Internet

Oke-oke. Gue paham sekali lagi alasan utama mengapa Konami lebih memilih untuk me-remake Silent Hill 2 ini (ya at least sepenglihatan gue pribadi ya). Yaitu, Silent Hill 2 memang dari dulu menjadi favorit fans banget.

Entah itu dari sisi karakter, kecanggihan grafis, atau plot kisahnya. Yang jelas sekali lagi kalau yang gue perhatikan dari dulu hingga sekarang. Jumlah yang nge-fans banget dengan game keduanya ini masih jauh lebih banyak daripada game pertamanya.

Dan sekali lagi. Gara-gara alasan tersebutlah maka Konami pun memutuskan untuk me-remake Silent Hill 2.

Silent Hill 1 Jauh Lebih Seram

Namun terlepas pernyataan/alasan tersebut. Tetap saja menurut gue pribadi, seharusnya daripada Silent Hill 2. Adalah Silent Hill pertama yang lebih dahulu mereka remake game-nya.

Mengapa gue bersikeras dengan pendapat ini? Well ada 3 alasan sih. Pertama bagi gue secara keseluruhan game-nya. Silent Hill masih terasa mengerikan banget.

Bahkan ketika gue iseng-iseng menyaksikan lagi seluruh video gameplay-nya dari YouTube. Gue masih suka merinding dan ngeri gak karuan sendiri. Ketika gue menuliskan paragraf ini saja, punggung ini langsung merinding banget.

Dan ya memang secara grafis. Silent Hill 2 yang dulu rilis di PS2 jauh lebih canggih. Tapi layaknya sebuah film animasi 3D. Mau secanggih apapun tampilan grafisnya. Kalau keseluruhan feel-nya biasa saja, ya bakalan biasa saja.

Selected for you
Sony Rilis Gameplay Perdana Returnal Yang Memukau

Nah hal inilah yang gue rasakan terhadap Silent Hill 2. Terlepas tampilan grafisnya canggih banget untuk zamannya. Namun entah mengapa feel merinding dan bahkan keluar keringat dinginnya, gue gak begitu dapat. Yang alhasil, membuat gue biasa-biasa saja dengan game-nya.

Beda banget sekali lagi dengan Silent Hill pertama. Yang walau grafisnya masih PS1 banget. Namun hingga kini (terlebih FMV-FMV nya), masih sukses membuat gue ketakutan setengah mati. Dan ya, gue yakin kalau game pertamanya ini di-remake, pasti bakalan lebih jantungan lagi look dan feel-nya.

Belum Ada Remake Silent Hill 1 Yang Sepantasnya

Nah alasan kedua kenapa gue lebih ingin remake Silent Hill daripada remake Silent Hill 2. Adalah bagi gue, belum ada sejauh ini remake yang penuh dan pantas (proper) bagi game pertamanya tersebut.

Oke, memang pada tahun 2009, Konami merilis Silent Hill: Shattered Memories. Dan game ini banyak yang mengatakan bagaikan semi atau bahkan memang remake dari Silent Hill 1.

TAPI tetap saja kalau kamu pernah memainkan atau bahkan sudah menamatkan game-nya. Shattered Memories pada dasarnya bukan remake hitungannya. Karena (SPOILER bagi yang belum main) game ini pada dasarnya diambil dari ingatan putri kandung protagonois Silent Hill pertama, Harry Mason, Cheryl.

Jadi seperti yang kita lihat dan mainkan dari game-nya. Maka esensinya kita memainkan game Silent Hill dari sudut pandangnya yang pada dasarnya acak-acakan apa yang diingatnya. Ya sesuai dengan judul game-nya.

Selected for you
Tokyo Store Terapkan Tindakan Ketat untuk Menghentikan Pengecer PS5

Sedangkan game orisinilnya 100% dari sudut pandang Harry. Yang mana sekali lagi merupakan karakter utama game-nya. Nah berdasarkan argumen tersebutlah maka gue mengatakan bahwa hingga kini belum ada remake Silent Hill 1 yang benar-benar remake-nya.

Silent Hill 2 Masih Terlihat Relevan

Dan alasan terakhir adalah kembali ke kualitas grafisnya. Seperti yang gue katakan pada paragraf sebelumnya. Tampilan grafis Silent Hill 2 sangatlah canggih pada zamannya. Terlebih lagi untuk ukuran sekaligus kapasitas PS2.

Dan gokilnya tampilan sekaligus kualitas grafisnya tersebut masih terlihat segar dan relevan hingga detik ini dan ya hal ini bagus banget. Tapi guys, bukankah konsep remake game adalah untuk lebih menggokilkan lebih jauh kualitas tampilan game-nya?

Spesifiknya lagi menggokilkan tampilan game yang kalau kita lihat lagi sekarang sudah terlihat sangat outdated? Nah berdasarkan argumen ini. Maka ya sekali lagi semestinya Konami lebih memprioritaskan terlebih dahulu Silent Hill 1 untuk mereka remake.

Ingat sekali lagi guys. Grafis PS1 kini jauh terlihat lebih kuno daripada PS2. Dan ya untuk kesekian kalinya dengan seluruh alasan ini, Seharusnya Konami me-remake Silent Hill daripada melakukan remake Silent Hill 2.

Tapi ya sekali lagi ini semua hanyalah opini gue saja. Bagaimana nih kalau tanggapan kalian sendiri akan hal ini? Silahkan sampaikan pendapat/argumennya ya guys!

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications