AndroidBerita GameGameiOSMobile

Sengketa Hukum Moonton dan Riot Game Berakhir Damai

Sengketa yang telah memanas antara dua raksasa pengembang game, Moonton dan Riot Games, akhirnya mencapai titik damai yang memuaskan.

Sengketa yang telah memanas antara dua raksasa pengembang game, Moonton dan Riot Games, akhirnya mencapai titik damai yang memuaskan.

Riot Games telah memutuskan untuk menghentikan tuntutan hukum panjang mereka terhadap Moonton Games terkait sengketa yang melibatkan hak kekayaan intelektual dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang.

Setelah melalui beberapa tahap komunikasi, kedua pihak berhasil mencapai kesepakatan global. Moonton dan Riot Games telah menandatangani perjanjian untuk menyelesaikan masalah yang terkait.

Perselisihan Yang Berlangsung Selama Hampir 6 Tahun

Sengketa Hukum Moonton dan Riot Game
Sengketa Hukum Moonton dan Riot Game

Perselisihan antara Moonton dan Riot Games telah berlangsung sejak tahun 2017. Pertentangan ini muncul ketika Riot mengajukan gugatan terhadap Moonton pada tahun 2017, dengan tuduhan bahwa Mobile Legends menyalin elemen permainan dalam League of Legends.

Keputusan pengadilan membatalkan kasus tersebut dan menyatakan bahwa yurisdiksi pengadilan Tiongkok berlaku dalam kasus tersebut. Hal ini terjadi karena dua alasan utama.

Pertama, karena perusahaan induk Riot yang berbasis di Tiongkok, Tencent, yang juga mengerjakan pengembangan League of Legends, menolak untuk ikut serta dalam kasus tersebut. Kedua, karena Tencent dan Riot sudah terlibat dalam sengketa hukum serupa di Tiongkok, pengadilan AS merasa “tidak adil” membiarkan kedua perusahaan melakukan “perang dua front” melawan pengembang MLBB.

Pada tahun 2022, Riot Games menggugat Moonton Games dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Gugatan ini berdasarkan pada kemiripan yang mencolok antara beberapa elemen dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dengan League of Legends dan Wild Rift (LOL Mobile).

Beberapa kasus secara berulang kali dibatalkan oleh pengadilan Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa masalah ini sebaiknya ditangani Yurisdiksi lain.

Pada tahun 2024, kedua belah pihak, yaitu Riot Games dan Moonton, berhasil mencapai sebuah kesepakatan global untuk berdamai. Dalam upaya ini, Riot Games secara resmi mencabut semua tuntutan hukum yang diajukan terhadap Moonton. Akibatnya, hubungan antara Moonton dan Riot Games tidak lagi bersifat konfrontatif.


Gimana nih tanggapan kamu mengenai perdamaian antara Riot Games dan juga Moonton ini? Jangan lupa komentar di bawah ya. Kunjungi terus Dafunda Game agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Mobile Legends dari kami.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.