GameGame ListPCPC & ConsolePlaystationTips

10 Tempat Rahasia di Resident Evil Village Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Ingin mengetahui tempat rahasia Resident Evil Village? Kamu berada ditempat yang tepat karena Dafunda punya informasinya.

Meskipun tidak termasuk dalam kategori permainan dunia terbuka, namun Resident Evil Village menyajikan berbagai harta karun rahasia dan lokasi tersembunyi. Game ini, mengikuti tradisi seri sebelumnya, memberikan penghargaan kepada pemain yang memperhatikan detail lingkungan, dengan menyediakan berbagai jenis barang berharga. Artikel ini akan membahas mengenai tempat rahasia di Resident Evil Village.

Resident Evil Village merupakan seri kedelapan dalam seri permainan video survival horror ikonik. Resident Evil, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom. Dirilis pada Mei 2021, permainan ini melanjutkan kisah Ethan Winters, protagonis dari Resident Evil 7: Biohazard, yang mencari putrinya yang diculik dalam sebuah desa misterius yang dipenuhi dengan makhluk mengerikan dan sekte fanatik.

Berikut Tempat Tersembunyi di Resident Evil Village

Berikut adalah tempat rahasia di Resident Evil Village yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Magnum Moreau

Magnum-moreau | tempat rahasia resident evil village
Magnum-moreau | Capcom

Dalam seri permainan Resident Evil, magnum merupakan salah satu jenis senjata yang sering muncul. Senjata ini biasanya ditemukan setelah pemain berhasil menyelesaikan teka-teki tertentu, menandakan magnum sebagai salah satu senjata terkuat.

Dalam Resident Evil Village, magnum terletak di lokasi yang mungkin terlewat oleh pemain karena berada di luar area utama Salvatore Moreau, namun dapat diakses tanpa kesulitan yang berarti.

Setelah melewati seluruh area reservoir, pemain dapat kembali ke karakter Duke dengan membawa botol Rose. Banyak pemain yang bersemangat untuk terus maju, karena akhir permainan sudah hampir di depan mata. Karena hal tersebut, banyak pemain yang tidak sadar mengenai magnum tersebut.

Penting bagi pemain untuk kembali ke kincir angin pertama yang ditemui sebelum memasuki area reservoir dan menggunakan item yang telah diperoleh sebelumnya untuk membuka akses ke jalur baru. Dengan mengikuti jalur tersebut dan mengalahkan beberapa tantangan yang ada, pemain akan menemukan laboratorium pegunungan Moreau. Di lokasi ini, magnum dapat ditemukan.

2. Palu Heisenberg

Palu-heisenberg | tempat rahasia resident evil village
Palu-heisenberg | Capcom

Tempat rahasia resident evil village berikutnya adalah palu Heisenberg. Heisenberg adalah karakter antagonis dalam permainan Resident Evil Village, dimana ia berbagi peran dengan Lady Dimitrescu dan keturunannya. Dikenal karena desain karakter yang unik dan kemampuan untuk mengontrol logam, serta penggunaan palu besar sebagai senjata utamanya.

Heisenberg menawarkan tantangan yang unik bagi pemain. Dalam permainan, pemain memiliki opsi untuk tidak langsung berhadapan dengan Heisenberg saat menggunakan palu roda giginya, yang dapat diperoleh oleh karakter utama sebagai item yang memiliki nilai jual.

Palu tersebut terbagi menjadi dua bagian yang harus digabungkan oleh pemain, dan kedua bagian tersebut terletak di tingkat B4 pabrik. Untuk menggabungkan kedua bagian tersebut, pemain harus melalui proses pencarian kembali. Melewati musuh Soldats, untuk menemukan dan menyelesaikan palu, yang kemudian dapat dijual kepada Duke.

3. Finest Fish

Finest-fish
Finest-fish | Capcom

Dalam permainan Resident Evil Village, elemen perburuan telah dikembangkan dan diperluas dibandingkan dengan apa yang dihadirkan dalam Resident Evil 4 dan Resident Evil 5. Dalam permainan sebelumnya, pemain dapat memburu binatang seperti burung gagak, ular, dan ayam untuk memperoleh uang dalam jumlah kecil, telur, atau berbagai jenis barang rampasan lainnya.

Namun, Resident Evil Village mengenalkan konsep baru dengan memberikan pemain daging sebagai hadiah atas aktivitas berburu yang mereka lakukan, yang meliputi berbagai jenis dari unggas hingga ikan. Selain itu, game ini menawarkan versi “berkualitas” dari setiap jenis daging, dan mencari varian ikan tertentu dapat menjadi tantangan bagi pemain.

4. Achievement Fast Reflexes

Achievement-fast-reflexes
Achievement-fast-reflexes | Capcom

Resident Evil Village menawarkan beragam prestasi dan piala yang dapat diperoleh pemain. Sementara sebagian besar tantangan yang disajikan relatif mudah untuk dipahami dan diselesaikan. Terdapat beberapa tantangan yang lebih kompleks yang mungkin terlewatkan atau tidak diperhatikan.

Sepanjang permainan, pemain akan bertemu dengan Lycan, dan sejumlah dari mereka akan menggunakan senjata untuk melawan pemain.

Untuk memperoleh Achievement ini, pemain diharuskan untuk menangis anak panah yang ditembakkan oleh Lycan ke arah Ethan. Proses ini mungkin terkesan sederhana, namun memerlukan ketelitian. Karena apabila anak panah tersebut berhasil mengenai Ethan, maka misi tersebut akan berhasil.

5. Completing The Beneviento Tomb

Completing-the-beneviento-tomb | tempat rahasia resident evil village
Completing-the-beneviento-tomb | Capcom

Setiap bos memiliki aset atau kekayaan tersendiri yang berbeda. Kekayaan tersebut sering kali tidak terlihat secara langsung dan membutuhkan usaha tertentu untuk ditemukan. Khusus untuk harta karun milik Donna Beneviento, diperlukan proses pencarian yang detail dan teliti.

Pemain akan menemukan sebuah makam milik Beneviento yang ditandai dengan papan nama dalam kondisi rusak. Plakat yang menjadi penanda makam tersebut terpisah menjadi dua bagian, yang kemudian mengharuskan pemain untuk menggunakan suatu objek kunci untuk proses selanjutnya.

Item kunci ini tidak terletak di Rumah Beneviento, tetapi dapat ditemukan di sebuah kuburan dekat awal area permainan. Untuk menemukannya, pemain disarankan untuk mencari sebuah makam besar yang memiliki pintu besi.

Meskipun lokasi ini tidak secara eksplisit ditandai sebagai bangunan pada peta, pintu tersebut dapat dibuka dan diakses. Di dalamnya, pemain akan menemukan bagian dari penanda makam Beneviento. Bagian ini kemudian dapat dibawa kembali ke lokasi yang sesuai untuk disatukan dengan bagian lainnya, yang pada akhirnya akan membuka akses ke harta karun yang terkait dengan Beneviento.

6. Heisenberg’s Information Dump

Heisenbergs-information-dump
Heisenbergs-information-dump | Capcom

Ethan menerima undangan untuk mengunjungi pabrik dari Heisenberg, yang menyampaikan adanya potensi kesepakatan yang perlu dibahas. Meskipun skeptis, Ethan memutuskan untuk pergi ke pabrik dan berhasil menemukan lokasi persembunyian Heisenberg.

Di dalam ruangan besar tersebut, terlihat banyak tumpukan logam yang sudah berkarat dan beberapa barang lainnya. Namun, detail yang mungkin paling penting tersembunyi di balik sebuah tirai besar berwarna oranye.

Dalam permainan, pemain diberikan kesempatan untuk memperhatikan sebuah papan informasi secara detail dengan melakukan aksi berjongkok sebelum memasuki sebuah cutscene dimana karakter Heisenberg merusak sebagian papan tersebut.

Di atas papan, terdapat potret beberapa Lord dan foto-foto karakter lain seperti Mia, Chris, dan Rose, dimana beberapa diantaranya ditandai dengan sebuah X merah.

Sebuah detail kunci yang patut diperhatikan adalah absennya simbol X pada gambar Mia Winters dalam papan informasi Heisenberg, yang menyiratkan bahwa Heisenberg mengetahui bahwa Mia sebenarnya masih hidup. Informasi ini baru terungkap di bagian akhir permainan.

7. The Origins Of The Mold

The-origins-of-the-mold
The-origins-of-the-mold | Capcom

Resident Evil Village merupakan bagian dari seri Resident Evil yang memiliki keterkaitan mendalam dengan instalasi-instalasi sebelumnya. Termasuk peran Ethan Winters sebagai karakter utama. Dalam permainan ini, pemain akan mengeksplorasi lebih lanjut tentang infeksi jamur yang terjadi di Desa serta bagaimana karakter Ibu Miranda memanfaatkan jamur dan organisme Cadou untuk mencapai tujuannya.

Informasi mendetail tentang plot dan latar belakang cerita dapat ditemukan oleh pemain, terutama melalui eksplorasi area tertentu seperti gua di seberang kolam yang dikenal sebagai “Finest Fish”. Di mana pemain disarankan untuk berhati-hati agar tidak melewatkan elemen-elemen penting dari narasi tersebut.

Para pemain dapat mengikuti aliran sungai yang terletak di bawah jembatan angkat bagian utara menuju sebuah dermaga kecil. Di lokasi ini, mereka akan menemukan akses ke sebuah gua. Gua tersebut dijadikan sebagai lokasi stasiun kerja yang digunakan oleh Chris Redfield dan timnya.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam dokumen elektronik di komputer di lokasi tersebut. Desa tempat kejadian berlangsung diidentifikasi sebagai sumber dari jamur yang bertanggung jawab atas Insiden Dulvey, yang terjadi tiga tahun sebelumnya.

8. Box Orange Reisdent Evil 7

Box-orange-reisdent-evil-7 | tempat rahasia resident evil village
Box-orange-reisdent-evil-7 | Capcom

Dalam permainan Resident Evil 7, pemain akan menemukan sejumlah kotak berwarna oranye yang terletak di sekitar Baker Estate. Kotak-kotak ini menyimpan beragam isi; beberapa di antaranya mengandung item yang berguna seperti lockpicks.

Sementara kotak lainnya mungkin hanya berisi tumpukan belatung. Keberadaan kotak-kotak ini menonjol karena warnanya yang cerah, yang kontras dengan suasana gelap dan suram yang mengelilingi rumah keluarga Baker.

Dalam permainan Resident Evil Village, terdapat penghormatan terhadap elemen-elemen tua yang terletak di rumah Donna Beneivento. Area ini terutama terfokus pada interaksi dengan boneka Mia Winters, dimana pemain diharuskan untuk membongkarnya guna mendapatkan petunjuk dan item yang berkaitan dengan teka-teki.

Bersebelahan dengan area ini terdapat sebuah ruang operasi yang dilengkapi dengan loker untuk bersembunyi serta berbagai objek yang dapat diambil oleh pemain. Di antara item-item tersebut, terdapat sebuah kotak berwarna Orange yang menonjol.

9. Heisenberg’s Hidden Walls

Heisenbergs-hidden-walls
Heisenbergs-hidden-walls | Capcom

Tempat rahasia resident evil village selanjutnya adalah Heisenberg’s Hidden Walls. Heisenberg merupakan salah satu dari empat Lord yang perlu dikalahkan oleh pemain untuk mencapai tujuan akhir. Daerah yang dikendalikan oleh Heisenberg memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan wilayah kekuasaan Lord lainnya.

Heisenberg menggunakan sebuah pabrik sebagai lokasi utama, dimana ia melakukan berbagai eksperimen pada penduduk desa. Hasil eksperimen tersebut mayoritas berakhir dengan kematian

Namun sejumlah besar dari mereka berubah menjadi musuh yang dikenal sebagai Soldat, yang memiliki kemampuan untuk mengintimidasi pemain. Karakteristik musuh Soldat memiliki kesamaan dengan monster yang muncul di Resident Evil Revelations 2,

Menghindari pertempuran dengan musuh sering kali menjadi strategi yang efisien untuk menghemat amunisi dan item penyembuhan. Namun, taktik ini mungkin berdampak pada untuk menemukan dinding rahasia dalam pabrik Heisenberg.

Dinding tersebut terletak di lantai B4 dan dapat diidentifikasi oleh tanda-tanda cat kuning serta retakan besar pada permukaannya. Untuk membuka dinding rahasia ini, penggunaan bahan peledak diperlukan.

10. Kambing di Jembatan Gantung

Kambing-di-jembatan-gantung | tempat rahasia resident evil village
Kambing-di-jembatan-gantung | Capcom

Seri Resident Evil dikenal memiliki tradisi menyertakan koleksi tersembunyi yang dapat dipecahkan dalam permainannya. Mulai dari Resident Evil 4 yang memperkenalkan medali biru sebagai salah satu objek tersembunyi, Capcom telah konsisten memasukkan elemen serupa dalam seri tersebut sebagai target pencarian bagi pemain.

Salah satu contoh terbaru adalah patung kambing kayu dalam Resident Evil Village, yang memiliki ukuran kecil dan warna coklat kusam, sehingga dapat dengan mudah dilewatkan dalam berbagai lingkungan permainan.

Para kambing dalam permainan ini dilengkapi dengan efek suara yang menyerupai goyangan kayu kecil, memudahkan pemain untuk mengidentifikasi lokasi mereka meskipun tidak secara visual. Efek suara ini menjadi petunjuk bagi pemain untuk menemukan patung kambing tersebut.

Walaupun demikian, terdapat beberapa kambing yang lebih sulit untuk ditemukan karena mereka tidak mengeluarkan suara, yang menambah kesulitan dalam mengumpulkannya. Sebagai contoh, sebuah kambing yang sulit untuk ditemukan berada di sepanjang jembatan gantung yang menuju ke Rumah Beneviento, tanpa mengeluarkan suara apapun. Pemain hanya dapat menemukan kambing ini jika mereka memperhatikan area di sebelah kiri jembatan gantung.


Demikianlah daftar tempat rahasia di Resident Evil Village yang harus kamu ketahui. Setelah membaca artikel ini, apakah informasi yang kami bagikan sangat bermanfaat? Jangan lupa untuk terus mengunjungi Dafunda.

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks