Geek

Mengapa Program Gulat Hiburan di Indonesia Selalu Dibilang Smackdown?

Mengapa program gulat hiburan di Indonesia selalu dibilang Smackdown? Yuk langsung saja simak penjelasan berikut.

Semenjak booming di Indonesia pada akhir 90an dan awal 2000an. Kala itu negara kita mendadak dilanda “demam Smackdown.” Pokoknya kala itu kita-kita yang bahkan tadinya bukan fans program televisi gulat hiburan profesional. Kita-kitapun menjadi ikut “ketularan.”

Saking ketularannya. Banyak dari kita yang kala itu bela-belain tidur siang pada hari Jum’at demi tidak ngatuk atau ketiduran ketika menyaksikan episodenya.

Sebagai pengingat saja. Kala itu program Smackdown tayang di stasiun televisi RCTI sekitar jam 22.30 malam. Dan seiring rating super tinggi yang didapatkan setiap minggunya. Jam tayangnya pun dimajukan setengah jam lebih awal yaitu 22.00 atau jam 10 malam.

Menjadi Super Booming

program gulat indonesia smackdown
Smackdown 2: Know Your Role! game hit pada zamannya | Review Fix

Demam Smackdown pun kian menjadi seiring perilisan 2 game PS1-nya yang sama-sama rilis pada tahun 2000 (hanya terpaut 8-9 bulan satu sama lain). Tentunya kedua game yang gue maksud tersebut adalah: WWF Smackdown! dan WWF Smackdown 2: Know Your Role.

Alhasil gara-gara kepopulerannya. Kala itu mau itu kita sendiri, teman, pacar, orang tua, bahkan nenek atau kakek kita. Tahu dengan istilah “Smackdown.”

Pokoknya Semuanya Smackdown!

Lalu saking istilah ini super booming. Pada akhirnya kata ini sering digunakan setiap kali melihat program-program gulat hiburan profesional di televisi. Termasuk juga ketika nonton program promosi rival WWF/WWE kala itu, WCW Thunder yang tayang di Indosiar pada minggu siang.

Padahal seperti kita ketahui. Smackdown adalah nama program mingguan televisi milik WWF/WWE. Jadi ya logikanya kita seharusnya mengatakan bahwa itu program Smackdown pada hari Jum’at malam saja. Alias ketika program Smackdown tayang.

Lalu ketika nonton Thunder. Ya kita harusnya mengatakan itu program Thunder. Akan tetapi sekali lagi karena booming Smackdown yang gila-gilaan. Dan juga sudah menjadi kebiasaan.

Pada akhirnya mindset kita adalah pokoknya asal itu program gulat teatrikal di TV ya namanya “Smackdown.” Alhasil hal inipun membuat kita menjadi penasaran sendiri. Mengapa program gulat hiburan yang tayang di stasiun televisi Indonesia selalu dibilang Smackdown?

Kembali Ke Fakta Awal

Well jawaban simpel untuk pertanyaan tersebut. Pada dasarnya kembali lagi ke pernyataan fakta yang telah kita baca pada paragraf sebelumnya.

Spesifiknya ya karena booming dari program Smackdown itu sendiri. Jadi terlepas sekali lagi kala itu Indosiar juga menayangkan program WCW Thunder. Dan juga sebelum WWF Smackdown tayang, program WCW Thunder kala itu laku keras.

Akan tetapi ketika WWF dengan Smackdown-nya tayang dan jauh lebih populer. Otomatis pamor WCW Thunder kala itu langsung jatuh. Apabila saja kala itu pamor Thunder masih jauh lebih booming. Ya pastinya kita akan menyebut setiap program gulat hiburan yang tayang sebagai “Thunder.”  

Aqua Adalah Seluruh Air Botol Kemasan

program gulat indonesia smackdown
Mau merek manapun, tetap ujung-ujungnya, Aqua | BBC Indonesia

Kalau kita analogikan lagi. Pembahasan ini sebenarnya sama saja seperti membahas merek air botol kemasan. Maksudnya disini, seperti kita ketahui merek-merek air botol kemasan Indonesia itu beragam.

Tapi mau itu mereknya Vit, Ades, atau bahkan merek mahal seperti Equil sekalipun. Kita pada akhirnya ketika ingin membeli atau mengkonsumsinya. Kita tetap saja akan menyebutnya sebagai Aqua. Hal ini karena merek Aqua di Indonesia jauh lebih booming.

Apabila saja Ades yang lebih booming. Ya pastinya setiap ke warung atau mini market. Kita pasti akan ngomongnya, “bang mau beli Ades” terlepas, faktanya pada tangan kita adalah Aqua.

Nah berdasarkan argumen tersebut. Maka bisa kita katakan kalau pamor merek Aqua di Indonesia. Sama persis seperti pamor yang program Smackdown miliki di negeri kita.

Oke guys. Itulah tadi alasan utamanya mengapa setiap program gulat hiburan di Indonesia selalu kita bilang Smackdown. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.