Koneksi internet Indonesia, sebuah topik yang sangat..sangat..sangat…. kontroversial bagi para netizen di Indonesia, kenapa ? karena internet Indonesia sangat bikin emosi. Seperti banyak orang yang menanyakan, kenapa internet di Indonesia lemot banget, gak seperti negara tetangga ? namun apa jawabannya.

internet indonesia

Ya, pasti bukan karena sebuah tiang yang tidak tinggi atau gimana untuk menjawab kenapa internet di Indonesia lemot ?. Faktor pertama itu adalah infrastruktur. Yups pada dasarnya internet itu sangat membutuhkan infrastruktur. Sebuah perusahaan tentu harus membangun kabel telpon, kabel fiber optik, sampai dengan tiang pemancar yang harganya MM-man…

internet indonesia

Perkembangan internet pun sebanding dengan infrastruktur lainnya, seperti jalan raya kita masih banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang reyot dan juga ada sebagian desa yang belum memiliki listrik.

JANGAN LEWATKAN
Awas! Jangan Buka File Ini Jika Kamu Tidak Ingin Di HACK

Artinya untuk membangun infastruktur itu tidak murah dan membutuhkan duit yang sangat banyak, iya itu alasan yang paling klasik.

Itu bedanya negara kita dengan negara tetangga adalah duitnya. Provider internet adalah industri sangatlah Capital Intensive, artinya membutuhkan kantong yang tebal untuk memulai bisnis ini.

internet di Indonesia

Namun tunggu sebentar, negara tetangga dilihat juga tidak lebih kaya dari negara kita ! Tapi kok internetnya kok bisa cepat, gak lemot ? Ini alasannya.

internet di Indonesia

Faktor Geografis. Kadang kita lupa, sebenarnya negara kita itu luas sekali, belum lagi dengan adanya hutan rimba, gunung meletus, macan lepas, candi borobudur, cabe-cabean, sampai ombak yang bergulung. Artinya kondisi geografis Indonesia ini menciptakan tantangan tersendiri bagi kita untuk membangun infrastruktur, bukan seperti negara tetangga.

JANGAN LEWATKAN
Siaran Langsung Liga Champion dan Liga Eropa tersedia di Youtube

internet di Indonesia

Oke, jangan menggunakan bahasa ekonomi, sangat ribet. Intinya misalkan kita ingin membangun rumah, tapi jika kita tidak mempunyai duit bagaimana bisa kita membangun rumah ? karena membangun rumah itu mahal, apalagi rumah yang ingin kita bangun banyak tantangan geografisnya. Jadilah rumah kita seadanya, seperti halnya kondisi internet Indonesia.

Tentu saja ada pengecualian, tapi ada alasan juga kenapa pengecualian itu disebut “Pengecualian”. Sedangkan yang kita sebutkan disini bukan bicara pengecualian melainkan secara keseluruhan.

internet di Indonesia

 

Jadi jangan pernah untuk memamerkan speed internet didepan teman kalian, karena itu lebih sensitif dari pada Kamu menanyakan orang tentang berat badan. Kesimpulannya, seperti yang sudah berkali-kali kita lihat diberita-berita bahwa “internet di Indonesia, terlemot di dunia”. Atau lebih bahagia sedikit kita dengarkan bahwa “internet di Indonesia terlemot kedua di dunia” dan itu beritanya benar, jika tidak percaya silahkan untuk dicari.

JANGAN LEWATKAN
100 Lebih Perintah Suara Google Now Yang Harus Kamu Ketahui

Tetapi apapun terjadi, jangan pernah untuk benci internet. Karena internet adalah tempat yang keren untuk sumber informasi, ensiklopedia gratis, tempat cari video dangdut, kucing ngomong, meme musiman gak jelas.

Jadi itulah sebabnya kenapa internet di Indonesia lemot. Jadi bersabarlah bagi pengguna internet yang merasakan lemot, berdoalah agar internet kita di Indonesia bisa cepat seperti negara-negara tetangga.

Jangan lupa komentar kalian mengenai kecepatan internet di Indonesia ya ? jika merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa dibagikan 😀

BAGIKAN
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...