Apakah Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan?

infinity gauntlet dihancurkan

Trailer untuk Avengers: Endgame sudah rilis dan masih sangat ramai dibicarakan. Salah satu dari banyaknya hal yang menarik menurut kami adalah Armor Thanos yang di jadikan Scarecrow seperti yang terlihat dalam komik The Infinity Gauntlet.

Dalam trailer tersebut juga kita bisa melihat Thanos yang sedang berjalan melewati kebun miliknya dengan menggunakan Infinity Gauntlet di tangannya. Meskipun kita tahu bahwa Infinity Gauntlet mengalami rusak berat di ujung film Avengers: Infinity War.

Joe dan Anthony Russo selaku sutradara Avengers: Endgame serta Avengers: Infinity War menegaskan dalam komentar mereka untuk Infinity War bahwa “menggunakan Gauntlet untuk tindakan seperti itu memberikan efek pada Thanos”.

Hal ini masuk akal mengingat tingkat kekuatan yang sangat besar yang dimiliki oleh enam Infinity Stone sehingga membuat Thanos sedikit terkenak efeknya. Selanjutnya, dengan Infinity Gauntlet yang rusak, mungkin tidak mudah untuk mengembalikan snap yang telah dilakukan Thanos.

Fakta diatas mengarahkan kita kepada satu pertanyaan. Apakah Infinity Gauntlet bisa dihancurkan?

Kemunculan Infinity Gauntlet

Ini adalah suatu perdebatan besar dengan segala jenis teori mengenai Infinity Gauntlet, entah itu versi buku komik atau versi Marvel Cinematic Universe.

Salah satu Artefak Kosmis yang sekarang kita kenal sebagai Infinity Gauntlet adalah salah satu sarung tangan yang telah Thanos kenakan di komik selama bertahun-tahun. Hanya saja dia menggunakannya untuk menaruh ke enam Infinity Stone (awalnya disebut Infinity Gems dalam komik) pada sarung tangan itu.

Gambar dibawah ini adalah Thanos dengan sarung tangannya saat penampilan pertama di halaman komik Captain Marvel.

Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan

Dan ini adalah Thanos menggunakan Infinity Gauntlet dengan Infinity Gems (sekarang Infinity Stone) di dalamnya.

Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan

Jika kalian memperhatikannya, itu adalah sarung tangan yang di dalamnya berisi Infinity Stone. Ketika kita sebuah set-up yang seperti itu, pada dasarnya memberitahu kita bahwa tidak ada aturan khusus untuk sarung tangan (Infinity Gauntlet) yang dikenakan Thanos dalam komik.

Satu-satunya “aturan” yang pernah kami ketahui mengenai Infinity Gauntlet pernah disinggung dalam Warlock dan Infinity Watch # 1, kemudian dikonfirmasi dalam Infinity War. Bahwa The Living Tribunal (salah satu makhluk kosmik terkuat di alam semesta) memutuskan bahwa  Infinity Stone tidak pernah dapat digabungkan bersama untuk membentuk Infinity Gauntlet.

Namun Tribunal membuat pengecualian jika ada makhluk kosmik yang abadi membuat perintah seperti yang dia katakan. Dalam The Infinity War # 6 yang ditulis oleh Jim Starlin, Ron Lim, dan Al Milgrom, pengecualian itu dibatalkan secara permanen.

Apakah Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan

Namun, aturan “permanen” itu tidak diikuti, karena Infinity Gauntlet telah digunakan berkali-kali sejak saat itu. Dengan kata lain, semua aturan dibatalkan saat membahas Infinity Gauntlet.

Apakah Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan?

Pertama kali Infinity Gauntlet diperlihatkan dapat membawa kehancuran besar dalam cerita What If …? # 49 yang ditulis oleh Ron Marz, Scott Clark dan Pam Eklund. Alur cerita ini menunjukkan apa yang akan terjadi jika Silver Surfer berhasil mencuri Infinity Gauntlet dari tangan Thanos sementara Thanos terganggu oleh serangan epik superhero Bumi dan Dokter Doom di Infinity Gauntlet # 4 yang merupakan rencana awal Adam Warlock dan Surfer.

Seperti kebanyakan makhluk lain, begitu dia menjadi dewa, Silver Surfer mulai bertindak tidak menentu. Dia memutuskan untuk membagi kekuatannya dengan sang kekasih Shalla-Bal. Namun Shalla-Ball malah bertarung melawannya dan pada akhirnya Surfer menyadari bahwa dia sudah gila dengan kekuatan. Jadi, dia menggunakan kekuatan itu untuk menghancurkan Infinity Gauntlet.

Kehancuran Infinity Gauntlet
Apakah Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan

Namun ketika Reed Richards mencoba melakukan hal yang sama dalam kontinuitas utama Marvel Universe, di New Avengers: Illuminati # 2 (oleh Brian Michael Bendis, Brian Reed, Jimmy Cheung dan Mark Morales). Infinity Gauntlet tidak akan membiarkan dia menghancurkannya dengan mudah. Sebaliknya Reed harus membagi permata tersebut kepada anggota Illuminati.

Infinity Gauntlet Dihancurkan

Kemudian, setelah Hood mencuri Infinity Gems dan menempatkan Infinity Gauntlet kembali bersama, Avengers mengalahkannya dan Iron Man memegang Infinity Gauntlet. Dia mengklaim bahwa akan menggunakan kekuatan itu untuk menghanucrkan Infinity Gauntlet. Pada kenyataannya, dia hanya mengirim Infinity Gens itu kembali ke anggota Illumanit untuk kembali di jaga sekali lagi.

Setelah itu, Kapten Amerika memegang Infinity Gauntlet dalam New Avengers # 3 yang ditulis oleh Jonathan Hickman, Steve Epting dan Rick Magyar untuk menghentikan versi realitas alternatif dari Bumi yang bertabrakan dengan Bumi Marvel Universe. Dalam ketegangan untuk menghentikan serangan itu, Gauntlet tampaknya meledak.

infinity gauntlet hancur
infinity gauntlet dihancurkan

Oleh karena itu, tampak bahwa di Marvel Universe, sejak Infinity Gauntlet hanyalah sarung tangan lama Thanos, itu mungkin dapat dihancurkan karena kekuatan yang cukup. Selain itu juga mungkin tidak bisa digunakan untuk menghancurkan dirinya sendiri.

Infinity Gauntlet di MCU

Sementara itu di Marvel Cinematic Universe dalam film Avengers: Infinity War, kita mengetahui bahwa Infinity Gauntlet sebenarnya adalah perangkat kosmik yang dibuat oleh kurcaci bernama Eitri, di planet Nidavellir. Thanos menyuruh Eitri membuatkannya agar dia bisa menyalurkan energi dari Infinity Stones ke dalam Gauntlet.

Karena versi Gauntlet ini dirancang untuk satu tujuan, yaitu untuk menghapus separuh makhluk hidup di alam semesta.  Sepertinya Infinity Gauntlet ini dapat dihancurkan, terutama karena Eitri kemudian membantu Thor membangun versi senjata yang lebih kuat. Sepertinya tidak mungkin Eitri menempa palu Strombreaker milik Thor jika itu tidak bisa menghancurkan Thanos dan Infinity Gauntlet.

Ditambah dengan fakta bahwa Infinity Gauntlet terlihat cukup rusak pada akhir Infinity War dan di trailer Avengers: Endgame.  Nampaknya versi MCU dari Infinity Gauntlet juga dapat dihancurkan. Kita akan segera mengetahui bagaimana kelanjutan cerita dari infinity War saat Avengers: Endgame rilis di bioskop pada tanggal 26 April 2019.

Legend

Heru Fernanda

Menyukai segala hal tentang Marvel dan DC. Jika Ditanya Saya Suka DC atau Marvel? Jawaban saya: "Why not Both?"

Years Of Membership
Content Author
Emoji Addict

Ayo mulai berdiksusi