Mengenal Black Mask, Villain Yang Akan Muncul di Birds of Prey

Roman Sionis (Black Mask) adalah mantan eksekutif bisnis dan bos mafia yang awalnya lebih membenci Bruce Wayne ketimbang Batman. Dirinya mengenakan topeng kayu berwarna hitam dan menjadi pemimpin dari sebuah anggota kriminal Gotham.

Black Mask nantinya akan muncul dalam film Birds of Prey yang dipimpin oleh Margot Robbie. Ewan McGregor resmi ditunjuk Warner Bros. untuk memerankan karakter itu.

Nah kali ini Dafunda Komik bakal membahas tentang Asal usul Black Mask, kekuatan Black Mask dan fakta lainnya yang mungkin belum kalian ketahui. Simak kisah asal usulnya di bawah ini.

1. Asal usul Black Mask

Black Mask Dc

Roman Sionis berasal dari keluarga yang kaya raya. Ayahnya adalah seorang industrialis yang sukses. Orang tuanya hanya peduli dengan status sosial mereka ketimbang memberikan perhatian lebih kepada anaknya sendiri.

Mereka sering membawa Sionis kecil untuk menghadiri pesta-pesta. Orang tuanya memaksa Sionis untuk berteman dengan anak-anak Gotham kaya seperti Bruce Wayne muda.

Orang tuan Sionis sangat membenci orang lain seperti keluarga Wayne. Akan tetapi memakai topeng sosial di depan umum agar tampak seperti orang yang lebih menawan. Roman Sionis sangat benci topeng yang dipakai orang tuanya.

Membunuh Keluarga Demi Kekayaan

Black Mask Birds Of Prey

Roman menjadi wakil presiden di perusahaan ayahnya, Janus Cosmetics. Namun, dia tidak memiliki kendali penuh atas kerajaan Sionis. Tidak lama kemudian, ia membunuh orang tuanya dengan menyebabkan kebakaran di rumah mereka dan mengakuisisi perusahaan.

Roman Sionis kemudian akan mewarisi Perusahaan ayahnya. Namun sial, dirinya tidak bisa mengendalikan perusahaan itu dan akhirnya jatuh karena bangkrut.

Perusahaannya yang bangkrut itu dibeli oleh Wayne Industries. Roman terpaksa harus meninggalkan jabatannya sebagai presiden perusahaan dan memberikannya kepada Wayne.

Merasa kehilangan warisannya, ia membenci Bruce Wayne. Roman kemudian Mengenakan topeng yang diukir dari peti mati ayahnya dan mulai membunuh semua karyawan Wayne.

Lahirnya Black Mask

Dalam pertempuran berikutnya dengan Batman, topeng Sionis terbakar dan memberikan luka permanen ke wajahnya. Seiring berjalannya waktu, ia kemudian menjadi salah satu penguasa kejahatan paling kejam dan sadis di Kota Gotham. Dia juga memimpin “False Facers,” pasukan bertopeng yang terdiri dari anak buah yang loyal.

Sionis adalah pemimpin geng yang ditakuti dan salah satu bos mafia paling kuat di Gotham, dengan kebencian yang membara pada Batman.

Akibat kekalahannya dari Batman, kerajaannya perlahan-lahan hancur dan kesadisannya perlahan-lahan tumbuh. Diantara banyak kejahatan yang pernah dilakukan Black Mask, yang paling sadis adalah ketika ia menghancurkan pusat komunitas di East End Gotham. Dirinya juga dalang dari pembunuhan saudara ipar Catwoman, dan membuat adik perempuannya Maggie menjadi gila.

2. Kekuatan dan Keahlian Black Mask

Black Mask
Black Mask dalam Game Batman Arkham Origins

Roman Sionis adalah orang biasa yang dipenuhi oleh kebencian dan dendam, sehingga menjadi Black Mask. Jadi dia tidak memiliki kekuatan super apapun. Roman hanya kriminal sadis yang mengandalkan kekuatan fisiknya seperti ahli menembak, interogasi, criminologi, menyamar, ahli seni bela diri dan pasukan yang loyal.

3. Profil Black Mask

Nama AsliRoman Sionis
AliasBlack Mask
Tempat KelahiranGotham City
Kemunculan PertamaBatman #386 tahun 1985
Diciptakan olehDoug Moench dan Tom Mandrake
Diperankan olehJames Remar (Pengisi Suara)
John Di Maggio (Suara)
Wade Williams (Suara)
Nolan North (Suara)
Brian Bloom (Suara)
Ewan McGregor (Birds of Prey)