Mengenal Dr. Manhattan, Anggota Terkuat Watchmen dari DC Comics

Kekuatan Doctor Manhattan

Watchmen adalah sebuah film adaptasi buku komik yang sudah dirilis pada tahun 2005 lalu dan disutradarai oleh Zack Synder. Film ini merupakan sesuatu yang komplek dan luar biasa dengan cerita yang sangat menarik.

Anggota Watchmen terdiri dari banyak orang dan beberapa generasi. Akan tetapi kami memilih untuk membahas anggota terkuat Watchmen dari masa ke masa, yaitu Doctor Manhattan.

Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang asal usul Doctor Manhattan, Kekuatan Doctor Manhattan dan fakta lainnya yang mungkin belum kalian ketahui.

Asal usul Doctor Manhattan

Dokter Jonathan Osterman adalah seorang fisikawan nuklir yang terperangkap dalam uji partikel radioaktif, yang mengubah dirinya menjadi seperti dewa yang dikenal sebagai Dokter Manhattan.

Dr. Manhattan adalah pahlawan super dari buku komik Watchmen dan merupakan satu-satunya karakter dalam seri ini yang memiliki kekuatan super yang sebenarnya.

Lahir pada 14 Agustus 1929, Jon Osterman dibesarkan oleh ayahnya yang merupakan seorang pembuat jam tangan dan ia tertarik mengikuti jejaknya.

Namun ketika Amerika menjatuhkan bom di Hiroshima, ayahnya mendorong putranya untuk menjadi seorang ahli fisika. Ayahnya percaya bahwa karyanya sekarang sudah usang (karena bukti teori relativitas) dan membuang semua alatnya ke luar jendela Jon .

Jon mengikuti saran ayahnya, belajar fisika dan akhirnya menghabiskan 10 tahun di Universitas Harvard (1948-1958) hingga mendapatkan gelar Ph.D. dalam fisika.

Proyek Manhattan

Pada awal tahun 1959, Jon Osterman menerima posisi di basis penelitian Gila Flats untuk membantu penelitian yang melibatkan bidang intrinsik benda-benda fisik yang akan menghancurkan benda-benda tersebut jika dirusak.

Di sinilah ia bertemu Janey Slater, peneliti lain di fasilitas itu dan keduanya jatuh cinta dan menjadi sepasang kekasih. Pada bulan Juli tahun itu, Jon dan Janey mengunjungi New Jersey.

Mereka berdua pergi ke sebuah taman hiburan di mana seorang pria besar tanpa sengaja menginjak arloji Janey setelah tanpa sengaja jam itu jatuh ke tanah.

Jon berjanji untuk memperbaiki arloji dan malam itu keduanya menghabiskan malam bersama, sebuah kenangan yang kemudian Jon anggap sebagai yang paling signifikan.

asal usul doctor Manhattan

Pada tanggal 20 Agustus tahun 1959, Jon berusaha mengembalikan arloji yang baru diperbaiki kepada Janey. Namun dia meninggalkan jam tersebut didalam ruang uji intristik. Ketika Jon mengambilnya, dia secara tidak sengaja terkunci dan sementara pekerja lain berusaha mematikan mesin dan mengeluarkannya, dia benar-benar menguap dan sepertinya terbunuh.

Namun itu hanya membuatnya secara perlahan terlahir kembali sebagai makhluk seperti dewa. Beberapa minggu kemudian, fenomena aneh dimulai, termasuk penampakan otak biru tanpa tubuh dan sistem saraf.

Code Name Doctor Manhattan

Selama beberapa bulan kemudian, kesadaran Jon mulai secara progresif mencoba untuk mengambil kembali bentuk materi. Perkembangan ini mengambil bentuk kemunculan kembali sebagian tubuh, pertama sebagai sistem saraf tanpa tubuh, termasuk otak dan mata, kemudian sebagai sistem peredaran darah, dan kemudian sebagai kerangka berotot.

Asal Usul Doctor Manhattan

Setiap kali penampilan hanya berlangsung selama beberapa detik. Akhirnya, ia sepenuhnya muncul kembali pada 22 November sebagai seorang lelaki tinggi, tak berambut, telanjang, dan berkulit biru.

Setelah transformasi, Jon mulai mengalami waktu secara non-linear “kuantum”. Hal ini membuat Jon menyadari dan mengalami semua momen dalam hidupnya secara bersamaan.

Dia tidak mahatahu, karena dia tetap mengandalkan kecerdasan dan pengalaman inderanya untuk mencapai kesimpulan, tetapi jangkauan data sensorisnya tiba-tiba diperluas.

Hal ini sebanding dengan berkurangnya kapasitas emosionalnya. Ini sering membuatnya sampai pada kesimpulan yang sangat berbeda dari yang tersedia untuk manusia normal. Dia mengalami kesulitan yang semakin meningkat dalam bertindak, apa yang dipertimbangkan oleh orang-orang di sekitarnya.

saat ini, dia mengarah ke banyak tuduhan dan bahkan persepsi publik bahwa dia tanpa emosi dan tidak tertarik dalam urusan manusia. Dia tidak melakukan apa pun untuk mencegah pembunuhan John F. Kennedy, meskipun dia sadar itu akan terjadi ketika dia bertemu presiden.

Dia secara bertahap menjadi pion pemerintah Amerika Serikat. Dia diberi nama kode “Doctor Manhattan” referensi ke Proyek Manhattan pada penelitian masa perang yang telah mengembangkan bom atom.

Kehadirannya masih berhasil memberi keseimbangan Perang Dingin untuk kepentingan Barat, dan Amerika Serikat menjadi lebih agresif dan suka bertualang. Kemampuannya juga secara radikal mengubah ekonomi dunia, karena ia dapat mensintesis sejumlah besar lithium yang diperlukan untuk semua kendaraan bermotor untuk menjadi listrik.

Atas permintaan Presiden Richard Nixon, ia membawa kemenangan Amerika dalam Perang Vietnam dalam waktu tiga bulan. Kemenangan ini mendistorsi proses politik Amerika, ketika Amandemen ke-22 dicabut dan Nixon berulang kali terpilih kembali.

Kekuatan Doctor Manhattan

Setelah mengetahui asal usul Doctor Manhattan, kali ini kita akan membahas kekuatan Doctor Manhattan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kekuatan Setara Dewa

Dr Manhattan

Jon memiliki kekuatan yang luar biasa. Dia bahkan bisa menyetukan kembali tubuhnya dalam skala atom terkecil sekalipun. Seiring waktu, ia dapat mengevaluasi kembali fisiologinya dan menjadi Dokter Manhattan, sebuah kekuatan kuantum yang hampir tak terbatas.

Mister Mxyzptlk yang merupakan makhluk yang nyaris mahakuasa dalam haknya sendiri telah menyatakan bahwa kekuatan Manhattan jauh melebihi kekuatannya.

2. Mereplika Diri Sendiri

Kekuatan Doctor Manhattan

Dr. Manhattan mampu membelah dan mereplikasi dirinya sendiri. Dia menjadi banyak versi yang berbeda dari dirinya sendiri, masing-masing kesadaran terbagi dari Dokter Manhattan.

Jon juga dapat membawa pengetahuan yang di dapatkan tubuhnya yang lain tanpa efek samping yang merugikan.

3. Melihat Masa Depan

Kekutan Doctor Manhattan yang satu ini hanya terbatas pada persepsinya tentang waktu. Jon dapat dengan jelas melihat masa depan dan masa lalunya dari sudut pandang orang ketiga. Demikian juga, ia dapat memberi orang lain penglihatan ini.

Selain itu Jon juga dapat melihat masa depannya sendiri. Namun kekuatan ini dapat diblokir oleh tachyons.

4. Perjalanan waktu

Jon dapat melakukan perjalanan waktu di seluruh timeline yang dia inginkan. Selain itu dia juga bisa berpergian ke sebuah realitas yang berbeda dari yang dia alami saat ini.

5. Terbang

Dr. Manhattan tidak dibatasi oleh hukum fisik dasar dan dapat melayang.

6. Keabadian

Watchmen 1

Jon tidak pernah tampak lebih tua baik secara fisik maupun mental setelah kecelakaannya. Dia bahkan menyatakan bahwa dunia semakin tua di sekitarnya.

7. Ketahanan Super

The Watchman Hbo

Dr. Manhattan dapat membiarkan semua benda melewati dirinya. Hal ini berarti dia kebal terhadap peluru dan semua jenis pukulan. Dia dapat memperluas kemampuan ini ke orang dan benda lain.

Jon juga memiliki daya tahan yang luar biasa dan praktis kebal terhadap kerusakan fisik. Daya tahannya memungkinkannya berjalan melintasi matahari tanpa terluka.

8. Telekinetik

Kekuatan Dr. Manhattan

Dr. Manhattan mampun fokuskan seluruh benda dengan pikirannya. Jon membatasi dirinya hanya menggunakan kemampuan mentalnya untuk melakukan banyak tugas saat dia membongkar atau merakit kembali benda-benda dan organisme hidup.

Dia bahkan juga bisa membuat kepala seseorang meledak jika dia menginginkannya.

9. Teleportasi

Dengan membelokkan ruang di sekelilingnya, Jon dapat berteleportasi sendiri dan orang lain sesuka hati. Jon telah memindahkan benda besar dan kecil baik manusia maupun hewan.

Profil Doctor Manhattan

NamaJonathan Osterman
AliasDoctor Manhattan
Pencipta Alan Moore dan Dave Gibbons
KerjasamaWatchmen
Kemunculan Pertama Watchmen #1 (September, 1986)

Heru Fernanda

Menyukai segala hal tentang Marvel dan DC. Jika Ditanya Saya Suka DC atau Marvel? Jawaban saya: "Why not Both?"

Years Of Membership
Content Author

Ayo mulai berdiksusi