Perdana Menteri Rusia Sebut Para Pembaca Komik Adalah ‘Orang Bodoh’

in ,
Perdana Menteri Rusia Komik

Membaca komik bukanlah kegiatan yang dilakukan oleh semua orang, dan perdana menteri kebudayaan Rusia Vladimir Medinsky adalah salah satunya.

Dalam penampilan baru-baru ini di Pameran Buku Internasional Moskow ke-32, kepala Kementerian Kebudayaan Rusia itu mengatakan bahwa orang-orang dewasa yang membaca komik adalah orang bodoh.

“Komik adalah untuk mereka yang tidak dapat membaca dengan baik,” kata Medinsky pada acara tersebut (via BBC Moskow). Saya memiliki sikap yang sangat buruk terhadap komik. Komik seperti mengunyah permen karet dan kita tahu itu bukan makanan.

Komik seharusnya untuk seorang anak yang sedang belajar membaca diusia tujuh atau delapan tahun. Tetapi seorang yang sudah dewasa dan masih membaca komik, berarti dirinya mengakui bahwa ‘Dirinya bodoh’.

Medinsky kemudian menyelesaikan komentarnya dengan mengatakan “mungkin saja” bagi orang dewasa untuk mengumpulkan komik, tetapi tidak membacanya.

Seperti yang bisa diduga, komentar itu langsung viral di media sosial Rusia. Banyak komunitas pembaca komik Rusia, toko-toko komik, dan penerbit komik berbondong-bondong untuk membela para pembaca komik.

Ayo mulai berdiksusi