Kehidupan Anak-anak Hingga Perjalanan Berbahaya, Inilah 5 Film Korea Terbaik Tahun 2016

daftar 5 film korea terbaik 2016

Belakangan ini dunia perfilman Korea sangat meningkat pesat. Salah satu negara dengan film drama terbesar ini memproduksi film-film yang berkualitas bagus. Mulai dari bintang hingga aktingnya benar-benar sangat memukau, film tersebut tak hanya tayang di negera sekitar negeri gingseng, namun juga menyebar ke Indonesia bahkan sampai ke Eropa.

Inilah Daftar 5 film Korea terbaik tahun 2015:

The World of Us

Sinopsis:
Pada usia ketika mungkin teman-teman berarti lebih dari ibu, Sun 10 tahun adalah orang buangan di sekolah. Selama liburan musim panas, dia bertemu Jia, yang baru ke kota. Sebagai Sun menunjukkan Jia sekitar lingkungan dan mereka bermain di rumah masing-masing dan berbagi rahasia, mereka menjadi teman terbaik.

Namun ketika semester baru dimulai, Jia merasakan sebuah getaran perasaan yang aneh antara Sun dan anak-anak lainnya. Jia mencoba untuk masuk ke kelompok anak-anak keren dan mulai menjauhkan diri dari Sun. Di dalam dunia mungkin lebih kompleks dan halus anak-anak daripada orang dewasa, dua anak perempuan berakhir dengan saling menyakiti dan terluka oleh satu sama lain.

Canola

Sinopsis:
Siswa SMA bernama Hye-Jin diperankan oleh Kim Go-Eun merupakan sosok remaja bermasalah dengan suatu rahasia dan pikiran yang memiliki bekas luka. Dia akhirnya secara dramatis kembali ke neneknya yang bernama Gye-Choon diperankan oleh Youn Yuh-Jung.
Ia bertemu neneknya setelah hilang selama 12 tahun dan neneknya hidup sebagai Hanyou seorang supir perempuan di Pulau Jeju.

The Wailing

Film ini berhasil mengantongi nilai 7,5 dari sekitar 9000 reviewers dan layak menjadi salah satu film Korea terbaik 2016. Film yang tayang Mei lalu ini juga sempat diputar di festival film terkenal, seperti Festival Film Cannes.

Sinopsis:
Mengisahkan tentang sebuah desa yang awalnya tampak begitu damai sebelum wabah kematian yang misterius serta kekerasan tiba-tiba saja terjadi. Polisi menyimpulkan penyebab kematian adalah jamur liar yang beracun.

Seorang petugas polisi bernama Jong Goo mendengar adanya rumor dari rekan kerjanya mengenai seorang pria misterius bernama Juni Kunimura yang tinggal di dekatnya. Rumor yang beredar pria misterius tersebut merupakan penyebab kematian dan kekerasan yang terjadi.

Suatu hari ketika Jong Goo sedang bertugas bertemu dengan Moo Myeong dan mengatakan bahwa dia melihat pria misterius tersebut dimana sebuah kematian terakhir terjadi. Keraaguan Jong Goo dengan orang tersebut mulai goyah.

Jong Goo mempunyai anak perempuan bernama Goo Hyo Jin yang mengalami gejala yang mematikan mirip dengan apa yang dialami penduduk desa lainnya. Joon Goo merasa putus asa dengan pergi menuju pegunungan untuk menemukan seorang pria tua. Sementara Il Gwang yang merupakan ibu mertuanya yang seorang dukun melakukan pengusiran setan pada diri Goo Hyo Jin.

The Handmaiden

Film asal Korea Selatan ini disebut sebagai film paling diminati di dunia. Sejak tayang di Festival film Cannes. CJ Entertainment mendapat banyak permintaan dari para distributor film dunia. Film ini bahkan telah tayang di Prancis pada Oktober lalu dengan judul Mademoiselle.

Sinopsis:
Kisahnya diatur pada era 1930-an di Korea Selatan. Sook-hee (Kim Tae-ri) seorang gadis yang dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga yang baru untuk lady Hideko (Kim Min-hee), seorang anak bangsawan yang mewarisi kekayaan milik keluarganya.

Hideko tinggal di sebuah desa terpencil bersama pamannya. Tapi Sook-hee mempunyai sebuah misi tersembunyi. dia sebenarnya adalah seorang pencopet yang dipekerjakan oleh Ha Jung-woo, seorang penipu yang menyamar sebagai bangsawan dari Jepang.

Sook-hee direkrut untuk merayu Hideko agar mau diajak untuk kawin lari dengan Ha Jung woo. Sementara itu, Ha Jung-woo sendiri memiliki niat jahat kepada Hideko. Dia ingin mengambil seluruh harta milik Hideko dan mengurungnya di sebuah rumah sakit jiwa.

Train to Busan

Tidak lengkap membahas film Korea terbaik 2016 kalau tidak mencantumkan yang satu ini. Film berdurasi 2 jam ini akan memberikan kengerian dari perjalanan panjang dan para zombie ganas.

Sinopsis:
Seok-Woo (Goo Yoo) adalah seorang yang mengelola keuangan di Seoul. DIa dipisahkan dari istrinya dan tinggal bersama putrinya bernama Soo-An (Kim Soo-Ahn). Seok-Woo tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan putrinya atau menunjukkan kasih sayang padanya. Pada malam sebelum Soo-An ulang tahun, Soo-An bersikeras ingin melihat ibunya di waktu ulang tahunnya. Seok-Woo tidak memiliki pilihan lain, tetapi untuk membawanya ke Busan mereka harus menaiki kereta KTX Busa di Seoul Station.

Sebelum kereta KTX meninggalkan Seoul Station, zombie seperti melompat ke kereta. Gadis itu terinfeksi dengan virus mengerikan yang menyebar dengan cepat. Seok-Woo, Soo-An dan penumpang lainnya di kereta KTX sekarang harus berjuang untuk hidup mereka.

Nah itulah 5 film Korea terbaik tahun 2016. Kamu sudah nonton yang mana? Favoritmu yang mana? Isi di kolom komen ya!

Legend

Muhammad Furqan

Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.

Ayo mulai berdiksusi