90% Bioskop Diseluruh Dunia Diharapkan Bakal Buka Kembali Pada Pertengahan Juli

in ,
Bioskop Amerika Sudah Dibuka
AMC IMAX | amctheateres.com

Asosiasi Pemilik Bioskop Nasional berpendapat bahwa 90% bioskop di seluruh dunia akan dibuka kembali pada pertengahan Juli, saat rilis Tenet dan Mulan.

Seluruh dunia terkena dampak dari pandemi Covid-19, tidak terkecuali Industri film. Diberhentikannya produksi, ditundanya rilis film, dan protokol keselamatan yang mahal dan harus diberlakukan sebelum melanjutkan sebuah produksi film.

Namun sepertinya bioskop bisa dibilang mengalami dampak terburuk di industri film. Di Amerika Serikat, semua bioskop telah ditutup sejak pertengahan Maret dan mengakibatkan krisis besar-besaran.

AMC Theatres bahkan menyatakan bahwa mereka tidak yakin akan dapat bertahan dalam bisnis ini setelah penutupan yang berkepanjangan. Bioskop diseluruh dunia sepertinya juga akan mengalami nasib yang sama.

Apakah Jika Dibuka Kembali Bioskop Bakal Ramai?

Amc Theaters
Amc Theaters | Joblo.com

Meskipun bioskop pada akhirnya dibuka kembali, mereka tetap harus bersaing dengan studio yang telah merilis home video. Selama pandemi, beberapa studio memutuskan untuk membatalkan rilis bioskop dan merilisnya dalam bentuk VOD atau streaming.

JANGAN LEWATKAN •
Bioskop Akan Dibuka Lagi, Apakah Keputusan Yang Tepat?

Dalam beberapa kasus hal ini terbukti sukses. Penggemar film yang terjebak di rumah bersedia membayar untuk bisa melihat konten dan tontonan baru. Misalnya saja film animasi Trolls World Tour milik studio Universal.

Film itu sukses menghasilkan pendapatan besar dalam tiga minggu pertama rilis jika dibandingkan dengan film pertama setelah rilis lima bulan di bioskop. Hal ini menyebabkan perdebatan antara Universal dan AMC tentang perlunya rilis bioskop sebelum merilis home video.

Bioskop Diharapkan Bakal Kembali Buka Pertengahan Juli

Sekarang sepertinya akan menjadi awal kebangkitan jaringan bioskop. Menurut Business Insider, the National Association of Theatre Owners mengharapkan 90% dari bioskop di seluruh dunia akan buka kembali saat film Tenet karya Christopher Nolan rilis pada 17 Juli.

Namun, sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Warner Bros akan menunda rilis film Tenet dan sedang menentukan jadwal baru. Salah satu jaringan bioskop America, AMC mengatakan pada akhir April lalu bahwa tidak akan buka kembali kecuali ada film baru yang akan diputar. Namun semuanya bisa berubah tergantung situasi yang saat ini sedang terjadi.