AnimasiMovie

Beginilah Sejarah Adanya Avatar, Siapakah Yang Jadi Avatar Pertama?

Pada penayangan Avatar: The Legend of Aang lebih dari 15 tahun lalu, kayaknya baik DiMartino dan Konietzko gak fokus dengan latar belakang atau origin dari seorang Avatar. Makanya sampai animasi tersebut tamat, kita masih bertanya-tanya bagaimana sejarah seorang Avatar itu.

Untungnya Dynamic Duo itu akhirnya mulai mengeksplor aspek-aspek dunia Avatar yang pada animasi sebelumnya kurang mereka sorot. Dan salah satunya merupakan sejarah dari adanya seorang Avatar yang mendapat spotlight nya sendiri pada animasi The Legend of Korra.

Jadi gimana sih sejarah Avatar itu? Siapa orang pertama yang mendapat julukan tersebut? Kalem dulu karena kita bakal kupas topik ini secara perlahan pada pembahasan berikut ini.

Sejarah Tentang Siapa Avatar Pertama

Manusia Hidup Terpisah, Tinggal Dalam Kura-kura Singa

Kura Kura Singa Nickelodeon
Kura Kura Singa | Nickelodeon

Jadi di dunia Avatar dulu, manusia itu masih hidup berdampingan dengan para roh. Karena mereka tidak bisa hidup berdampingan, para manusia tinggal di Kura-kura Singa besar yang terlihat seperti sebuah pulau. Terdapat empat Kura-kura Singa yang hidup masa itu.

Nah Kura-kura Singa ini juga yang memberikan kekuatan pengendalian elemen kepada mereka. Namun, mereka hanya mendapatkannya ketika akan pergi berburu sebagai alat perlindungan diri.

Tapi, ada satu orang yang nampaknya nakal dan berani melanggar syarat tersebut. Dia adalah Wan, seorang warga miskin yang ingin gunakan kekuatan dari Kura-kura Singa untuk mengubah ekonominya.

Wan Diusir, Tapi Masih Diperbolehkan Memiliki Pengendalian Yang Ia Miliki

Wan Muda Nickelodeon
Wan Muda | Nickelodeon

Karena telah melanggar syarat dari Kura-kura Singa, Wan tidak lagi diterima dan harus segera pergi. Namun, Kura-kura Singa masih mengasihaninya dengan membiarkan Wan memiliki pengendalian yang telah ia berikan (pada waktu itu api).

Saat itu, Wan memulai perjalanannya hidup di alam bebas. Dia menemukan hal-hal yang tak pernah ia bayangkan. Yakni kehidupan para roh yang tidak jauh berbeda dengan manusia. Lalu juga menemukan Kura-kura Singa lainnya, sehingga ia bisa punya lebih dari satu elemen pengendalian.

Tidak Sengaja Melepas Roh Jahat Dan Melemahkan Roh Baik

Wan Menjadi Avatar Karena Rasa Bersalahnya Melepaskan Roh Jahat Nickelodeon
Wan Menjadi Avatar Karena Rasa Bersalahnya Melepaskan Roh Jahat | Nickelodeon

Karena Wan sudah semakin pandai, ia terus melanjutkan perjalanannya menelusuri dunia roh. Suatu ketika, Wan bertemu roh yang sedang berkelahi, yakni Raava dan Vaatu. Vaatu melihat kehadiran Wan dan menipunya supaya ia berhasil lolos dari cengkeraman Raava.

Akhirnya, Vaatu berhasil kabur dan Raava menyalahkan Wan atas tindakannya itu. Setelah Raava memberitahu jika Vaatu adalah roh jahat, Wan yang merasa bersalah menawarkan bantuan kepada Raava. Meski sempat menolak, Raava akhirnya menyetujui penawaran Wan. Dari sinilah, Wan dan Raava menyatu sehingga menjadikan Wan sebagai Avatar pertama dalam sejarah.

Jadi, sebetulnya Avatar bisa bereinkarnasi akibat roh Raava yang akan selalu merasuki orang lain ketika tubuhnya saat itu meninggal. Inilah sebab mengapa bisa terjadi siklus Avatar di tiap negara (Api, Bumi, Udara, dan Air).


Nah, begitulah cerita mengenai sejarah Avatar dan mengapa bisa ada siklusnya pada dunia Avatar. Gimana nih tanggapan kalian dengan pembahasan di atas? Komen di bawah ya.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment