MovieMovie List

30 Film Paling Ditunggu Tahun 2022

Inilah 30 film paling ditunggu tahun 2022 mendatang. Sebelum mulai, gue mau mengucapkan terlebih dahulu, HAPPY NEW YEAR ke kalian semua. Semoga tahun 2022 akan menjadi tahun terbaik bagi kita semua oke.

Tapi gue sih yakin bakalan oke tahun 2022 ini. Karena kalau gue perhatikan, seluruh rilisan film tahun 2022 jauh lebih rame dan gokil banget. Bahkan gue jamin, bisa membuat dompet kita jebol banget pada tahun ini.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut, maka sangat mustahil untuk mensortirnya menjadi 10 atau bahkan 20 saja. Oleh karenanya, berikut adalah 30 film paling ditunggu tahun 2022 mendatang.

Film paling ditunggu tahun 2022
Film Paling Ditunggu 2022 | Collider

Oh ya perlu gue ingatkan kalau daftar ini gue buat pada tanggal 5 Januari, 2021. Sehingga, 30 film yang ada dalam daftar ini adalah yang jadwal perilisannya pada tanggal tersebut masih fix pada timeline tersebut.

Apabila nantinya setelah artikel ini diunggah, tiba-tiba 1 atau beberapa filmnya mengalami perubahan jadwal rilis, maka hal ini di luar kekuasaan gue. Lalu TBA dalam artikel ini memiliki makna kalau jadwal perilisan persis filmnya ini masih belum diumumkan lagi secara resmi.

Film Paling Ditunggu Tahun 2022

30. Halloween Ends (14 Oktober)

30 film paling ditunggu tahun 2022
Halloween Kills | Universal Pictures

Film paling ditunggu tahun 2022 mendatang yang pertama, adalah kisah penutup trilogi sekuel resmi si ikon pembunuh bertopeng, Michael Myers (James Jude Courtney / Laurie Strode) ini.

Ya, ya, oke gue tahu kalau film keduanya yang rilis pada Oktober 2021 lalu, Halloween Kills, mendapatkan resepsi yang kurang oke. Bahkan, masuk dalam beberapa daftar film terburuk tahun 2021.

Walau demikian, toh selain masih banyak yang suka (termasuk gue), toh film yang akan rilis pada tanggal 14 Oktober ini akan menjadi film terakhir. Jadi kalaupun katakanlah buruk lagi, yang penting “mimpi buruknya” telah berakhir setelah film ini.

Apalagi kalau kita yang sekali lagi adalah fanboy franchise Halloween ini, wajib banget sih hukumnya untuk nonton film ini.

29. I Wanna Dance With Somebody (23 Desember)

film paling ditunggu tahun 2022
Naomi Ackie akan memerankan Whitney Houston | Entertainment Tonight

Film paling ditunggu tahun 2022 selanjutnya adalah film biopik diva musik Pop 80 dan 90an, Whitney Houston ini.

Film yang judulnya terinspirasi dari hit 80an Houston yang berjudul sama ini, tentunya akan mengisahkan perjalanan karir Houston dari awal hingga kematian tragisnya pada tanggal 11 Februari, 2012 silam.

Naomi Ackie (Star Wars: The Rise of Skywalker, The End of the F***ing World) akan menjadi sang diva. Sedangkan yang akan menjadi suaminya, Bobby Brown, adalah Ashton Sanders (Moonlight). Lalu yang akan menjadi manajer sekaligus sahabat lamanya, Clive Davis adalah Stanley Tucci (The Hunger Games).

Kasi Lemmons (Black Nativity, Harriet) akan menjadi sutradaranya sedangkan yang akan menjadi penulis naskahnya adalah Anthony McCarten (Darkest Hour, Bohemian Rhapsody). Apabila kita memang suka musik-musik 80 dan 90an, terlebih fans Whitney, film ini tentunya wajib untuk kita tunggu.

28. Elvis (24 Juni)

891525095d2cde9be81a76.62945115
Austin Butler sebagai Elvis Presley | POPSUGAR

Satu lagi film biopik penyanyi legendaris yang wajib kita tunggu pada tahun 2022 adalah biopik si Raja Rock N’ Roll, Elvis Presley ini.

Serupa seperti premis I Wanna Dance with Somebody, Elvis akan mengisahkan perjalanan awal karirnya sebagai musisi hingga menjadi salah satu legenda / inspirasi besar di industri musik dunia.

Austin Butler (Ned’s Declassified School Survival Guide, Once Upon a Time in Hollywood) akan memerankan sosok Elvisnya. Filmnya juga akan menampilkan aktor favorit kita semua, Tom Hanks (Philadelphia) sebagai manajer Elvis, Colonel Tom Parker.

Faktor utama lain mengapa Elvis lumayan begitu hype semenjak proyeknya kita ketahui beberapa tahun lalu, jugalah karena faktor pandemi awal COVID-19. Spesifiknya, ketika syuting film inilah, Hanks terkena COVID bersama istrinya, Rita Wilson (Jingle All the Way).

Oh ya satu lagi, yang menyutradarai film ini adalah Baz Luhrmann. Luhrmann seperti kita ketahui adalah sosok yang menyutradarai film musikal keren, The Great Gatsby (2013).

27. The 355 (7 Januari)

06three Fifty Five Review Articlelarge
Universal Pictures

The 355 adalah film action mata-mata yang menampilkan aktris-aktris top wanita seperti: Jessica Chastain (Ava), Lupita Nyong’o (Black Panther), Diane Kruger (Inglourious Basterds), Fan Bingbing (X-Men: Days of Future Past), dan Penelope Cruz (Woman on Top).

Filmnya berfokus pada Mason Browne (Chastain), seorang anggota CIA yang harus bekerjasama dengan kelompok agen mata-mata yang berisikan nama-nama aktris di atas. Mereka semua harus bekerjasama untuk menghentikan aksi kelompok teroris yang ingin menciptakan Perang Dunia III.

Film ini disutradarai oleh produser dan penulis naskah seri film X-Men, Simon Kinberg. The 355 sendiri melansir halaman IMDB-nya, akan rilis di Indonesia pada tanggal 12 Januari, 2022. Tanggal ini akan berbarengan juga dengan perilisan Scream di Indonesia.

26. Scream (14 Januari)

Ff19ec5a Ec35 4644 B6a6 0c945f10485b Scream5
Paramount Pictures

Well, karena udah menyinggung Scream dalam poin The 355, maka mari kita langsung saja membahas film kelima dari franchise slasher horror 90an hit ini.

Oh ya, sekali lagi walau film ini rilis di Indonesia pada tanggal 12 Januari, namun jadwal perilisan orisinil Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, adalah 14 Januari. Jadi, kita-kita termasuk yang beruntung karena bisa menyaksikannya 2 hari lebih awal.

Sebenarnya sih gue memang agak skeptis sejak awal. Karena bagi gue, film Scream 4 (2011), sudah menjadi penutup sempurna. Kalau dilanjtukan lagi akan aneh dan maksa banget kelogikaan ceritanya.

Tapi ya seperti kita tahun dalam beberapa tahun belakangan, inilah salah satu tren di Hollywood bukan? Atau spesifiknya, memproduksi film kelanjutannya 10-30 tahun setelah perilisan film orisinilnya.

Gue sebagai salah satu yang masih SD kelas 3-4 ketika film ini pertama kali rilis pada tahun 1996, hanya berharap banget agar film ini tidak terlalu soft reboot ke generasi barunya. Maksudnya, kalaupun memang demikian jatuhnya, setidaknya berikanlah premis pindah tongkat estafet generasi yang benar-benar masuk akal dan berbobot.

Ya kalau bagi gue, seperti Bill & Ted: Face the Music (2020) atau Spider-Man: No Way Home (2021) gitu deh. Intinya sekali lagi, jangan terlalu kelihatan banget-banget “misi” untuk pindah ke generasi barunya.

25. The Lost City (25 Maret)

The Lost City Poster Social Featured
Paramount Pictures

Selain memiliki premis yang sangat seru, juga yang membuat film ini layak kita tunggu, adalah karena faktor 2 aktor utamanya: Sandra Bullock (The Unforgivable) dan Channing Tatum (Magic Mike).

Dari pertama mengetahui proyek ini, jujur gue seperti tidak menyangka saja kalau dua nama ini akan dipasangkan. Pasalnya ya gak pernah kepikiran saja kalau Tatum dan Bullock menjadi dua pasangan layarnya.

Selain itu juga, The Lost City akan menampilkan si Harry Pottter, Daniel Radcliffe. Plot filmnya sendiri akan berfokus pada seorang novelis romansa, Loretta Sage (Bullock) bersama model cover novelnya, Alan (Tatum).

Keduanya entah bagaimana nanti caranya, diculik oleh gerombolan penculik. Nah keduanya, nanti akan ditelantarkan di tengah hutan luas. Dari sini keduanya nanti akan mencari cara bagaimana untuk bisa kembali dan juga, memecahkan misteri penculikan yang keduanya alami ini.

24. Minions: The Rise of Gru (1 Juli)

Https Specials Images.forbesimg.com Imageserve 5e3ae13ca854780006b080d9 Minions The Rise Of Gru 0x0.jpg Cropx10cropx21276cropy142cropy2760
Universal Pictures

Film ini merupakan prekuel sekaligus sekuel dari Minions (2015). Spesifiknya kelanjutan dari ending filmnya.

Melansir sinopsis yang terdapat dalam halaman Wikipedia film ini, filmnya akan berfokus pada 4 minion utamanya: Kevin, Stuart, Bob, Otto (Pierre Coffin) yang kini memiliki Gru (Steve Carell) sebagai bos mereka.

Walau menjadi bos, namun perlu kita ingat kalau Gru dalam film ini masih berusia 12 tahun. Jadi ya gak heran jika  dalam 3 film Despicable Me (2010-2017) dulu, terlihat banget kalau Gru sangat sayang banget dengan seluruh minionsnya.

Nah nanti kelimanya dalam film ini akan mengalami petualngan super gokil setelah Gru mencuri batu berharga dari kelompok villain, Vicious 6. Ironisnya nih pada saat yang sama, Gru sebenarnya dari awal juga ingin bergabung dengan Vicious 6.

Tentunya keironisan twist-nya inilah yang nantinya akan membuat Minions: The Rise of Gru, menjadi asyik untuk kita saksikan. Oh ya, satu lagi alasan mengapa film ini patut kita tunggu adalah tambahan nama-nama aktor top yang akan menyuarakan ke-6 anggota Vicious Six-nya.

Spesifiknya: Taraji P. Henson (Empire), Jean-Claude Van Damme (The Expendables 2), Lucy Lawless (Xena: The Warrior Princess), Dolph Lungderen (Aquaman), Alan Arkin (Argo), dan Danny Trejo (Machete).

23. Aquaman and the Lost Kingdom (16 Desember)

Aquaman And The Lost Kingdom
Bisnis.com

Film Aquaman (2018) DCEU bisa kita katakan sebagai sleeper hit daru rana sinematik superhero DC. Memang filmnya sih standar seperti film-film superhero origin sekaligus ksedikit kontinuitas pada umumnya.

Tapi secara keseluruhan film yang menampilkan Jason Momoa (Game of Thrones) sebagi si superhero bawah laut DC-nya ini sangatlah fun. Pokoknya seperti membaca komik atau menyaksikan film / seri animasi DC saja.

Jadi gak heran sih kalau sekuelnya ini, banyak ditunggu baik oleh fanboy DCEU, maupun fanboy Aquaman sendiri. Ditambah lagi, sekuelnya akan menampilkan hampir semua karakter utama dalam film pertamanya termasuk Patrick Wilson sebagai Orm, Yahya Abdul-Mateen II sebagai Black Manta, dan bahkan si kontroversial Amber Heard sebagai Mera.

James Wan kembali di bangku sutradaranya dengan Momoa dalam sekuel ini juga berkontribusi terhadap plot kisahnya. Namun ngomong-ngomong soal plot nih, sayangnya hingga tulisan ini gue buat, detail plotnya belum ketahuan lagi.

Walau kalau menurut gue dan berdasarkan judulnya, sekuelnya ini akan berfokus pada pencarian sekaligus pengungkapan 7 kerajaan laut Atlantis yang sudah lama binasa. Atau dengan kata lain, seperti yang disinggung pada film pertamanya.

Namun untuk lebih pastinya, mari kita tunggu dan lihat saja lagi hingga tanggal 16 Desember 2022 mendatang oke?

22. Mission: Impossible 7 (30 September)

Mau kamu  fans franchise seri film action Tom Cruise (Rock of Ages) ini atau kasual saja, tapi gue yakin banget kalau banyak dari kamu yang sudah mengantisipasi banget perilisan fillm ke-7 MI ini.

Selain karena seluruh filmnya yang emang seru banget, juga seperti kita ketahui, film ini sempat viral banget drama belakang layarnya pada tahun 2021 lalu. Spesifiknya, adalah drama marah-marah Cruise di lokasi syutingnya.

Namun ya seperti kita tahu, Cruise marah-marah untuk kebaikan bersama. Kalau ia gak marah begitu, dijamin kedua kru yang kena amuk itu akan bisa menciptakan potensi penyebaran virus COVID-19 di lokasi syutingnya.

Nah kalau virus COVID-19-nya menyebar, maka hal ini sangat berpotensi untuk menggagalkan proyek film ketujuhnya ini. Tapi untunglah sekali lagi, seluruh proses filmnya berjalan lancar hingga usai dan kini, tinggal menunggu jadwal perilisannya.

Ya semoga saja seluruh drama belakang layarnya ini, nantinya bisa terbayarkan dengan sangat setimpal (baca: box-office laris manis).

21. Jurassic World: Dominion (10 Juni)

Image 1
Entertaiment Weekly

Film ketiga daru franchise seri film Jurassic World ini, berlatar 4 tahun setelah film keduanyam Jurassic World: Fallen Kingdom (2018). Dan melanjutkan ending film tersebut, film ketiganya ini akan berpusat pada sisa-sisa dinosaurus genetis yang terdapat dalam film sebelumnya.

Beberapa ada yang dilelang ke perusahaan-perusahaan yang ada di seluruh dunia, sedangkan beberapa ada yang dibebaskan begitu saja ke daratan Amerika Serikat. Nah yang bebas inilah yang justru membahayakan seluruh warga negara dunianya.

Melihat hal ini, alhasil seluruh karakter dalam filmnya yang juga, menampilkan karakter veteran dari seri film Jurassic Park, harus segera cepat menangani seluruh bencananya ini. Bagi kita yang memang fans berat franchise Jurassic, tentunya film ini harus kita saksikan banget.

20. Uncharted (18 Februari)

Oke mungkin kamu yang emang sudah nge-fans banget dengan game-nya atau, sudah membaca daftar film paling ditunggu tahun 2022 serupa, pastinya tahu kalau Uncharted masuk top 10 dalam daftarnya. Atau setidaknya, top 15.

Lalu mengapa untuk daftar dalam Dafunda ini posisinya nomor 20? Cuma 1 faktor utamanya: TRAUMA. Ya, gue jujur udah trauma banget dengan kualitas adaptasi-adaptasi film video game.

Rata-rata kualitasnya masih saja mengecewakan WALAU beberapa sudah oke seperti: Tomb Raider (2018), Detective Pikachu (2019), dan tentunya Sonic the Hedgehog (2020). Namun entahlah, untuk Uncharted ini, gue merasa sedikit skeptis filmnya akan sesuai ekspektasi.

Namun pada saat yang sama, film ini tetap patut untuk kita tunggu. Mengapa? Karena selain reputasi seri game-nya yang sudah gak perlu kita tanyakan lagi, juga film ini menampilkan 2 nama aktor keren: Tom Holland (Spider-Man: No Way Home) dan Mark Wahlberg (Ted).

Oh ya satu lagi jangan lupa, Ruben Fleischer (Zombieland) menjadi sutradaranya. Semoga saja memang bakalan memuaskan. Amin.

19. Morbius (1 April)

Morbius
Sony Pictures Releasing

Mungkin semenjak menyaksikan kesuksesan trilogi Spider-Man MCU dan juga dua film Venom yang masih enjoyable, rasanya semua film-film Marvel / Spider-Man keluaran Sony, menjadi yang selalu kita antisipasi. Termasuk salah satunya, ya Morbius ini.

Selain karena faktor tersebut, karakter yang diangkat filmnya adalah yang non-fanboy banyak kurang tahu. Sehingga, memberikan kesegaran tersendiri bagi yang menyaksikan nantinya. Walau memang pada saat yang sama, fanboy pastinya juga akan tetap ber-geeking out ketika menyaksikannya.

Oh ya satu lagi tentunya karena faktor aktor pemeran Morbius-nya, Jared Leto (House of Gucci) yang banyak digadang akan bagus banget untuk memerankan si superhero vampir ini. Namun pada saat yang sama, ironisnya, rasa skeptis hebat juga terasa.

Ya entahlah. Mungkin karena melihat reputasi film-film Sony Marvel selama ini (terkecuali trilogi Spidey Sam Raimi), gue merasa was-was kalau Morbius akan flop juga. Terlebih, film arahan Daniel Espinosa (Child 44, Life) ini sampai beberapa hari lalu, mundur terus tanggal perilisannya.

Oke satu hal kalau mundur karena pandemi COVID-19. Tapi umumnya, film yang terus mundur perilisannya, biasanya menjadi “lampu kuning” banget. Ya marilah kita berharap saja, semoga hal yang kita takutkan tersebut tidak akan terjadi.

18. The Black Phone (24 Juni)

The Black Phone Trailer
Ethan Hawke sebagai “The Grabber” | Universal Pictures

Sosok aktor Ethan Hawke (Predestination, Zeros and Ones) memang termasuk aktor yang paling rajin main film. Pokoknya setiap tahun, ada saja satu atau beberapa film yang menampilkannya. Walau demikian, Hawke untungnya tergolong sebagai aktor yang masih milih-milih (picky).

Dan kerennya lagi, dalam setiap pilihan filmnya, ia memang keren dan total banget tampilnya. Nah The Black Phone adalah salah satu buktinya. Coba kamu lihat saja tampilannya dalam foto penyerta poin ini.

Ya itu adalah Hawke yang mengenakan topeng creepy untuk perannya sebagai penculik anak di bawah umur dalam film ini. Dengan nama karakternya, “The Grabber”, ia dalam film ini nanti akan menculik dan membunuh anak-anak yang ia culik tersebut.

Nah suatu hari, ia menculik anak bernama Finney Shaw (Mason Thames) dan mengurungnya dalam ruang basement yang kedap suara. Awalnya The Grabber menganggap kalau Shaw seperti korban-korban ciliknya sebelumnya.

Namun sayangnya, Shaw bukanlah seperti korban-korban cilik sebelumnya. Ia ternyata punya kemampuan untuk mentransmisikan suara-suara dari roh / jiwa korban-korban ciliknya tersebut.

Nah hanya bermodalkan kemampuan supranaturalnya tersebut, Shaw mencari petunjuk dari korban-korbannnya tersebut untuk meloloskan dirinya. Untungnya Shaw gak sendiri, adiknya, Gwen Shaw (Madeleine Graw) ternyat juga memiliki kemampuan supranatural.

Spesifiknya, Gwen bisa melakukan penglihatan jarak jauh (terawang). Dan keduanya pun dengan masing-masing kemampuan yang dimiliki.

Disutradarai oleh Scott Derrickson (Sinister) yang mana Hawke juga menjadi bintang utamanya, sepertinya film horor supranatural ini akan gokil banget nantinya. Alhasil, gak heran jika ini adalah film paling ditunggu pada tahun 2022 nya.

17. Mario (21 Desember)

Nvc Mariomovieblogroll 1632456374790
IGN

Film paling ditunggu tahun 2022 selanjutnya, adalah film animasi yang merupakan adaptasi video game ikonik, Mario Bros. Oh ya sebelum lanjut, perlu kita ingat lagi kalau judul resmi film ini belum diumumkan lagi secara resmi.

Oleh karenanya, bahkan halaman Wikipedia film inipun, masih memberikan judul “Untitled Mario Film”. Makanya gue dan beberapa media luar sana, untuk sementara memberikan judulnya dengan Mario saja.

Namun terlepas bagaimanapun judul resminya nanti dan juga, seheboh apapun kontroversi pemilihan Pratt sebagai pengisi suara Mario-nya, pada akhirnya film arahan Aaron Horvath (Teen Titans Go! To The Movies) dan Michael Jelenic (Teen Titans Go!) ini layak untuk kita saksikan.

Apalagi, kalau kita adalah seorang gamer sejati atau yang memang sudah main game semenjak zaman console Nintendo Entertainment System (NES), film ini hukumnya wajib banget deh.

Apabila masih belum yakin, film ini menampilkan si cantik berbakat, Anya Taylor-Joy (Last Night in Soho) sebagai pengisi suara Princess Peach-nya.

16. Sonic the Hedgehog 2 (8 April)

2267815810
Sonic | twitter

Film paling ditunggu tahun 2022 selanjutnya adalah sekuel adaptasi game sekaligus ikon klasik SEGA, Sonic the Hedgehog ini.

Padahal kalau kita masih ingat, bahkan ketika trailer awalnya rilis, film ini mendapatkan cemoohan habis-habisan. Tentunya faktor cemoohan paling besarnya adalah karena tampilan / desain Sonic-nya (Ben Schwartz) yang “ah sudahlah gak usah kita ingat lagi”.

Namun untungnya SEGA beserta beberapa studio pendukungnya langsung bergerak cepat untuk merombak ulang desainnya sehingga seperti kita tahu, terlihat menjadi lebih baik atau sesuai seperti tampilan karakternya dalam game-nya.

Nah kerennya bukan hanya dari faktor desain tampilan Sonic-nya saja mereka mendengarkan seluruh fans-nya. Dari segi kualitas naskahnya pun mereka sukses memuaskan kita-kita semua.

Memang sih ceritanya standar banget, tapi yang penting terlihat dan terasa rapih, serta masih setia dengan apa yang kita lihat dan mainkan dalam game-nya selama ini. Hal inipun juga terbukti melalui pendapatan box-office-nya yang kala itu hingga mencapai total sebesar $320 juta.

Melihat kesuksean tersebut, tak ayal jika sekuelnya pun lantas diproduksi. Well, lagipula film pertamanya juga menampilkan kedatangan partner rubahnya, Tails (Colleen O’ Shaughnessey) dalam adegan post-credit. Jadi ya gak mungkin banget kalau film ini gak ada sekuelnya.

Keyakinan inipun menjadi kenyataan ketika trailer-nya rilis beberapa bulan lalu. Dan setelah menyaksikannya, gak memungkiri, gue yang besar dengan franchise ini, menjadi super excited.

Pasalnya seperti yang kita lihat dalam trailer-nya, sekuel ini nantinya akan menampilkan karakter badass dalam franchise ini, Knuckles (Idris Elba), dan juga aspek batu chaos emerald yang kalau kita fans game-nya, pasti tahu banget kalau ini adalah aspek terpenting di serinya.

Gue sih berharap saja semoga dan setidaknya, sekuelnya ini masih sama keren dan sama nikmatnya seperti film pertamanya dulu.

15. DC League of Super-Pets (20 Mei)

League Of Super Pets First Look Images 1024x538 1
Warne Bros. Pictures

Terlepas kita fanboy DC atau awam sekalipun, rasanya semenjak mengetahui proyek ini, kita langsung ingin nonton filmnya.

Ya siapa sih yang gak ingin melihat Superman, Batman, Wonder Woman, tapi versi hewan piaraan yang terlihat lucu-lucu itu? Terlebih lagi, filmnya menampilkan duo Dwayne Johnson dan Kevin Hart. Masing-masing akan menyuarakan Krypto the Dog dan Ace.

Tentunya kita sudah tidak perlu meragukan lagi chemistry Johnson dan Hart yang seperti kita tahu sudah 3 kali beradu akting bersama. Dan juga, keduanya di luar kamera, adalah BFF. Plus ya sekali lagi, plot film ini termasuk unik dan fresh banget.

Jadi, ya gak ada alasan lagi sih untuk gak nonton DC League of Super-Pets ini.

14. Death of the Nile (11 Februari)

Deathonthenile Preview
Marie Claire Australia

Film paling ditunggu tahun 2022 selanjutnya adalah stand-alone sekuel dari Murder on the Orient Express (2017) ini. Dibilang stand-alone sekuel karena ini merupakan film kedua dari film tersebut.

Tapi secara plot, film ini akan menampilkan cerita yang berbeda dengan karakter-karakter yang juga berbeda dari film pendahulunya. Walau demikian, tentunya terdapat 1 karakter sama yang kembali tampil. Ia tidak lain dan tidak bukan adalah Detektif Hercule Poirot (Kenneth Branagh).

Dalam sekuelnya ini, Poirot akan memecahkan misteri di dalam kapal uap bernama S.S. Karnak. Spesifiknya, ia harus memecahkan misteri kematian salah satu penumpang yang terdapat di kapal tersebut.

Poirot harus bergerak cepat sebelum si pembunuh meneror lagi seluruh penumpang lainnya. Ya sebenarnya kalau untuk film-film plot seperti ini sudah terasa sangat umum banget. Tapi ya justru pada saat yang sama, film-film ber-plot misteri detektif seperti inilah yang justru sangat menghibur.

Terlebih untuk Death of the Nile, filmnya akan menampilkan nama-nama baru yang mana 2 diantaranya adalah Gal Gadot (Wonder Woman) dan Letitia Wright (Black Panther). Semoga saja filmnya akan se-fun seperti film pertamanya.

13. Knives Out 2 (TBA)

Knives Out 2
IndieWire

Masih merupakan film detektif misteri dan juga masih merupakan sekuel hit, kini kita ke Knives Out 2. Tentunya film ini sekuel dari film pertamanya yang super hit, Knives Out (2019).

Dan seperti kita ketahui, betapa asyik dan gokilnya film tersebut. Terlebih performa seluruh cast-nya terutama si James Bond, Daniel Craig, yang sangat pas dan total banget sebagai Detektif Benoit Blanc.

Belum ketahuan lagi terkait detail jadwal perilisan dan juga keseluruhan plot-nya. Namun yang pasti Rian Johnson akan kembali menjadi sutradaranya dan juga gue jamin, akan sekeren film pertamanya.

12. Thor: Love and Thunder (8 Juli)

Thor Love And Thunder 169
InsertLive

Natalie Portman (Thor) dan Taika Waititi (Thor: Ragnarok). Ya kedua nama ini sudah cukup menjadi alasan utama kuat untuk kita mengantisipasi kisah keempat Thor (Chris Hemsworth) di MCU ini.

Pasalnya seperti kita ketahui, Waitit sudah sangat sukses membuktikan kemumpunian pengarahannya melalui Thor: Ragnarok. Sedangkan untuk Portman, well sudah jelas. Kita sudah kangen banget untuk menyaksikannya lagi sebgaai Jane Foster.

Oh ya satu lagi, si Batman favorit kita semua, Christian Bale (The Dark Knight Trilogy) juga akan tampil dalam film ini. Ia akan memerankan villain utama filmnya, Gorr the God Butcher.

Jadi, gak salah bukan jika Thor: Love and Thunder menjadi film paling ditunggu tahun 2022?

11. Top Gun: Maverick (27 Mei)

Bagi kita-kita yang generasi 70an-90an, pastinya gak mungkin gak tahu dengan film Top Gun (1986). Atau setidaknya telah mendengarkan 2 lagu soundtrack-nya yang super hit: ‘Take My Breath Away’ dari Berlin dan juga ‘Danger Zone’ dari Kenny Loggins.

Namun apabila memang belum semuanya, langsung deh nonton dan dengar film serta kedua soundtrack-nya itu. Pasalnya, film Top Gun bisa kita katakan adalah film yang meroketkan nama dan sosok Cruise kala itu. Selain itu kisahnya juga oke.

Nah bagi kita yang sudah atau bahkan fans berat, pastinya sudah gak sabar banget untuk menyaksikan sekuelnya ini. Selain karena udah gak sabaran untuk bernostalgia dengan film ini, juga film ini sudah beberapa kali diundur perilisannya.

Well, semoga saja 27 Mei, 2022 memang merupakan tanggal perilisan finalnya. Apabila mundur lagi, entahlah gue harus mau ngomong apalagi. Oh ya sebagai pengingat, Top Gun: Maverrick akan rilis di bioskop dan 45 hari setelahnya, rilis melalui layanan tayang streaming, Paramount+

10. The Adam Project (TBA)

Mv5by2vmnda4ymqtymvinc00y2q3lwe0yjutntmxnwvkmzg2nzvmxkeyxkfqcgdeqxvynjm4ntuyotm@. V1
Netflix

Inilah mungkin film sci-fi yang paling ditunggu perilisannya pada tahun 2022 ini. Karena selain menampilkan premis yang menarik, juga seluruh aktor yang terlibat adalah nama-nama yang keren banget.

Ada Ryan Reynolds (Deadpool), Jennifer Garner (Juno, Pepermint), Zoe Saldana (Guardians of the Galaxy), dan Mark Ruffalo (The Avengers). Nah premis filmnya, mengisahkan Adam (Reynolds) yang melakukan perjalanan waktu ke masa lalu.

Spesifiknya, ia kembali untuk menemui sosok kecilnya. Tujuannya, adalah agar ia bisa menyelesaikan masalah dengan ayahnya yang sudah meninggal (Ruffalo). Hingga tulisan ini gue buat, sayangnya belum ketahuan lagi secara persis tanggal perilisan dari filmnya ini.

Namun menurut beberapa media luar sana, The Adam Project akan rilis melalui Netflix, pada awal musim semi 2022 atau sekitar Maret 2022.

9. Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One) (7 Oktober)

Spider Man Across The Spider Verse Fragman Yayimlandi 1638694164
Sony Pictures Releasing

Gak memungkiri semenjak kesuksesan Tom Holland sebagai Spider-Man di MCU, Sony kini kian rajin saja untuk mengembangkan dan merilis proyek-proyek Spider-Man.

Mau itu bersama Marvel Studios, produksi Sony tunggal, live-action, bahkan animasi, pokoknya terlihat banget kalau Sony kian aktif saja untuk memproduksi adaptasi-adaptasi Spider-Man nya. Termasuk salah satunya disini adalah sekuel Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018) ini.

Ya seperti yang kamu lihat melalui judul filmnya, sekuel ini akan dibagi menjadi 2 bagian dengan bagian pertamanya, rilis pada tanggal 7 Oktober, 2022. Dalam Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One) ini, kita akan kembali mengikuti kisah petualangan Spider-Man versi Miles Morales (Shameik Moore).

Ia bersama Spider-Woman versi Gwen Stacy (Hailee Steinfeld), harus kembali bekerjasama untuk menumpas villain utama filmnya yang sayangnya hingga tulisan ini gue buat, belum ketahuan lagi siapa sosok villain-nya.

Namun walau sudah berdua, tetap saja keduanya masih membutuhkan bantuan dari Spider-Peopl universe lainnya. Dua dari individu manusia laba-laba baru dari universe lainnya tersebut yang sudah terkonfirmasi adalah Jessica Drew aka Spider-Woman (Issa Rae) dan “Spider-Man Jepang” yang disuarakan kembali oleh aktor aslinya, Takuya Yamashiro.

Melihat semua detail ini, rasanya tidak salah bukan jika film ini menjadi film paling ditunggu tahun 2022?

8. Black Adam (29 Juli)

film paling ditunggu 2022
Warner Bros. Pictures

Selama ini kalau kita perhatikan, adaptasi superhero DC di layar lebar, rata-rata ya mengadaptasi karakter pahlawan DC alias superhero. Belum pernah kita perhatikan adanya adaptasi film yang menampilkan antihero DC.

Sejauh ini malah pesaing mereka Marvel, yang sudah melakukannya melalui Logan (2017) dan Deadpool (2016). Nah Black Adam akan menjadi film DC pertama yang berfokus pada sosok antihero.

Selain itu sosoknya juga akan diperankan oleh Dwayne Johnson yang seperti kita tahu, sosoknya adalah sosok yang sangat karismatik.

Film origin musuh bebuyutan Shazam ini, juga akan menampilkan tim superhero DC, Justice Society of America (JSA) yang juga untuk pertama kalinya akan ditampilkan di adaptasi layar lebar DC manapun.

Marilah kita berharap semoga Black Adam akan sesukses Shazam! (2019) sehingga, nantinya kita bisa melihat keduanya baku hantam di film selanjutnya.

7. Lightyear (17 Juni)

film paling ditunggu 2022
Netral.News

Franchise Toy Story mungkin untuk saat ini sudah usai. Namun pada saat yang sama, bukan berarti kita 100% benar-benar lepas dari franchise ini. Hal ini terbukti banget melalui perilisan Lightyear.

Sesuai namanya, film ini akan berfokus pada kisah asal-ususl (origin) Buzz Lightyear. Nah nantinya, karakter Buzz Lightyear yang terdapat dalam film inilah, yang akhirnya menjadi inspirasi terhadap sosok Buzz Lightyear mainan (Tim Allen) yang kita lihat dalam 4 film Toy Story.

Si Captain America MCU, Chris Evans, akan menjadi pengisi suara Buzz dalam filmnya ini. Konsep ceritanya sangat orisinil dan menarik banget. Sehingga, kitapun menjadi gak sabar untuk segera menyaksikan filmnya.

6. Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (8 April)

film paling ditunggu 2022
Warner Bros. Pictures

Mungkin beberapa dari kalian ada yang setuju dan beberapa kalian mungkin juga ada yang tidak setuju dengan pernyataan gue ini. Namun menurut gue, 2 film Fantastic Beasts yang sudah rilis, masih cukup mengecewakan.

Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) biasa saja bagusnya. Sedangkan TERKECUALI twist Credence Barebone (Ezra Miller) pada akhir filmnya, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018) adalah sekuel yang sangat berantakan.

Bahkan kekecewaan film keduanya tersebut, sampai membuat Warner Bros dan J.K. Rowling kala itu memutuskan untuk tidak buru-buru / bersegera banget dalam merilis film ketiganya ini. Atau dengan kata lain, keduanya ingin The Secrets of Dumbledore memiliki kualitas naskah cerita yang benar-benar mantap.

Nah setelah melalui penmantapan yang cukup lama serta drama pandemi COVID-19, akhirnya film ketiganya ini akan rilis pada tanggal 8 April, 2022. Film ini nantinya akan berfokus pada awal permulaan pertempuran antara kelompok Albus Dumbledore (Jude Law) dengan kelompok Gellert Grindelwald (Mads Mikkelsen).

Selain itu seusai judulnya, film ini nantinya akan mengungkapkan untuk pertama kalinya ke kita semua terkait rahasia besar Dumbledore. Wah rahasia besar apa ya? Well, mari kita tunggu dan lihat saja lagi ketika nanti filmnya rilis oke?

5. Black Panther: Wakanda Forever (11 November)

film paling ditunggu 2022

Well, sepertinya kita semua tahu bukan jawabannya mengapa sekuel Black Panther (2018) ini menjadi film paling ditunggu tahun 2022?

Ya benar sekali. Film ini adalah film Black Panther MCU pertama tanpa sosok aktor T’Challa aka Black Panther, Chadwick Boseman. Ya memang sih, mungkin saja ia akan tampil dalam filmnya. Tapi tetap saja kalau itu terjadi, maka Boseman sebagai T’Challa akan tampil melalui format flashback.

Tapi ya mari kita tunggu dan lihat saja lagi nanti. Selain alasan paling utamanya tersebut, alasan lainnya juga karena Black Panther: Wakanda Forever akan menampilkan Riri Williams aka Ironheart (Dominique Thorne).

Tentunya kehadirannya dalam film ini adalah untuk persiapan seri MCU Disney Plus milikinya nanti, Ironheart. Semoga saja film ini akan menjadi tribute yang sangat sesuai lagi emosional.

4. The Flash (4 November)

film paling ditunggu 2022
The Flash | Warner Bros. Pictures

Kalau kita perhatikan, lumayan banyak proyek film DCEU yang pengembangannya memakan waktu yang sangat lama. Dan kerennya walau memakan waktu katakanlah sekitar 5-8 tahun, pada akhirnya proyeknya tetap rilis sesuai rencana.

Nah pernyataan tersebut tepat banget untuk kita sematkan terhadap proyek DCEU The Flash ini. Bayangka saja guys! Proyek yang menampilkan Ezra Miller (We Need to Talk About Kevin) sebagai si superhero tercepat DC ini sudah direncanakan sejak tahun 2013.

Lalu pada tahun 2014 diputuskan kalau film The Flash DCEU akan rilis pada tanggal 23 Maret, 2018. Namun sayangnya rencana ini gagal karena banyaknya masalah balik layarnya. Pokoknya gue gak mungkin kasih tahu semua secara detail dalam pembahasan ini. Silahkan langsung saja kamu baca pada halaman Wikipedia filmnya.

Namun yang jelas setelah melalui seluruh dramanya tersebut, akhirnya The Flash akan rilis juga pada awal November 2022 mendarang. Dan tentunya alasan utama mengapa film ini begitu kita antisipasi karena filmnya yang akhirnya berfokus pada plot multiverse.

Ya anggap saja seperti Spider-Man: No Way Home milik DCEU. Selain akan menampilkan beberapa karakter The Flash, juga seperti yang kita tahu, filmnya juga akan menampilkan beberapa karakter Batman film live-action. Yang mana salah satunya, adalah Batman-nya Michael Keaton (Batman, Batman Returns).

Marilah kita berdoa saja semoga film ini sama kerennya dengan Spider-Man: No Way Home dan yang terpenting, bisa mer-reset seluruh tatanan DCEU dengan sangat memuaskan.

3. The Batman (4 Maret)

Nah, ngomong-ngomong soal Batman, inilah film solo live-action Batman pertama yang rilis setelah The Dark Knight Rises pada tahun 2012. Yap benar sekali, sudah 10 tahun lamanya kita belum menyaksikan film solo Batman manapun lagi.

Dan tak memungkiri semenjak kita mendengar rencana proyek ini beberapa tahun lalu, kita sudah merasa semangat untuk mengantisipasi film Batman arahan Matt Reeves (Dawn of the Planet of the Apes) ini.

Bukan hanya karena alasan yang telah gue jelaskan tersebut, namun film ini menampilkan Robert Pattinson sebagai Batman. Yap, si vampir ganteng, Mas Edward Cullen dalam franchise Twilight, kini bertransformasi menjadi kelelawar superhero.

Ya, siapa sih yang gak penasaran menyaksikan seorang Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne / Batman? Terlebih, Pattinson memanglah salah satu sosok aktor keren saat ini. Dan tentunya yang gak boleh kita gak singgunng disini, adalah konsep arahan kisah dan karakter Batmannya yang jauh lebih kelam dan grounded.

Jadi kalau kita rekap dan simpulkan disini, The Batman sangat berpotensi untuk mengalahkan trilogi The Dark Knight milik Christopher Nolan itu. Tapi ya mari kita tunggu dan lihat saja lagi nanti oke?

2. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (6 Mei)

film paling ditunggu 2022
Doctor Strange | Marvel Studios

Rasanya bukan keraguan lagi sama sekali kalau sekuel Doctor Strange (2016) dan Spider-Man: No Way Home (2021) ini menjadi film yang paling ditunggu pada tahun 2022.

Karena alasannya sudah kita lihat semua melalui No Way Home. Gara-gara membantu Peter Parker aka Spider-Man (Tom Holland) untuk membuat semuanya lupa kalau ia Spidey, hal ini membuat Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) menampilkan mantranya berkali-kali.

Gara-gara hal tersebut, hal ini membuat ketidakseimbangan terhadap tatanan multi semesta (multiverse) dan multi buminya (multi-earth). Belum lagi hal ini juga terinfluens oleh peristiwa yang ada di seri Loki Season 1 lalu.

Gara-gara kombinasi ini, sekali lagi membuat tatanan semesta menjadi kacau balau tatanannya. Dan sayangnya, Strange gak bisa melakukan semuanya seorang diri. Iapun pada film ini nanti akan meminta bantuan terhadap rekan superhero mistisnya, Wanda Maximoff aka Scarlett Witch (Elizabeth Olsen).

Nah seperti yang kita lihat melalui trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness, film ini terlihat sangat gila, gokil, dan bakalan kompleks tapi tetap fun banget. Pokoknya, inilah puncak dari pengenalan konsep multiverse dalam MCU-nya.

Sehingga dengan pernyataan tersebut, maka yap, film ini sangat wajib untuk kita antisipasi dan saksikan nantinya.

1. Avatar 2 (16 Desember)

film paling ditunggu 2022
Avatar 2 | pinterest

Nah inilah film paling ditunggu tahun 2022 yang benar-benar kita tunggu sejak lama. Ya kalau kita hitung, sudah 13 tahun lamanya semenjak kita menyaksikan film Avatar pada tahun 2009.

Walau memang plotnya bias-biasa saja, adalah teknologi visual 3-D canggihnya lah yang membuat film sci-fi ambisius milik James Cameron (The Terminator) ini menjadi sangat hit. Sehingga gak heran semenjak tahun 2009 itu juga, kita kian gak sabaran untuk segera menyaksikan sekuel-sekuelnya

Gue inget banget kalau gue nonton film ini setelah lulus kuliah S1 di salah satu Sekolah tinggi Komunikasi super top di Jakarta (pasti tahulah kalian he..he..) ketika masih berusia 23 tahun. Dan tambahkan saja usia tersebut dengan angka 13.

Yap selama itulah rentang gue menunggu sekuel film ini. Dan rasanya kalian juga merasa demikian bukan? Nah sebenarnya, gue tadinya gak mau masukin Avatar 2 ke dalam daftar ini. Karena bisa saja nantinya film ini mengalami penundaan lagi dan lagi.

Terlebih mengingat situasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung hingga detik ini. Potensi untuk mundur atau bahkan batal perilisannya sangatlah memungkinkan. Tapi, mari kita positif saja kalau Avatar 2 akan rilis pada tanggal 16 Desember, 2022 ini.

Alhasil kalau memang nantinya film ini akan tetap rilis pada jadwal tersebut dan juga, berdasarkan seluruh penjelasan pada awal paragrafnya, maka wajarlah kalau film ini menjadi film yang paling kita tunggu pada tahun 2022 ini. Semoga saja 13 tahun penantian ini bisa benar-benar terbayarkan dengan manis.

Itulah tadi 30 film paling ditunggu tahun 2022. Dari 30 film ini, film 2022 manakah yang benar-benar kalian tunggu banget perilisannya?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment