30 Film Terkeren Dekade 2010: Kian Cerdasnya Film & Awal Dominasi Layanan Tayang Streaming

in ,
Film Terkeren dekade 2010 Joker
Joker | Kutu Film

Dan akhirnya, kita sampai juga di pembahasan film-film terkeren dekade 2010. Di dekade super duper moderen ini, kualitas film bukan hanya kian keren saja.

Namun, kian cerdas juga. Dalam artian, hampir semua rilisan film di dekade canggih ini, naskahnya sudah kian praktis dan mencoba untuk mencerdaskan audiens-nya.

Selain itu kalau diperhatikan, di dekade 2010 inilah, jaringan-jaringan tayang streaming, perlahan mulai menunjukkan dominasinya. Alhasil, audiens kini tidak harus selalu ke bioskop untuk menyaksikan film-film baru dan keren.

Dan berikut adalah 30 dari sekian banyak film-film terkeren yang dirilis di dekade super “menarik” dan kompetitif ini. Ingat, daftar ini bersifat SUBYEKTIF.

30. Sing Street (2016)

Film Terkeren Dekade 2010
Sing Street | TheCurrent.org

Jauh sebelum kita mengenalnya di sebagai mantan pacar Freddie Mercury (Rami Malek) di Bohemian Rhapsody (2018), Mary Austin.

Di film drama musikal 80an inilah gue dan sebagian audiens lain mengenal sosok aktris cantik, Lucy Boynton. Dan ia sendiri sangat keren dalam memerankan karakter Raphina-nya.

Namun di luar penampilan mengagumkan aktris Amerika berdarah Inggris tersebut, Sing Street memanglah film musikal yang keren banget. Memang dikarenakan berlatar di dekade 80an, ke-cheesy an drama romantis 80an itu ada banget.

Tapi secara keseluruhan film musikal ini sangat dalam nan intens, dalam meng-eskplorasi dilema transisi pengalaman dan lokais baru sembari, terus mengejar ambisi masa muda yang liar itu.

Ditambah lagi dengan suguhan lagu-lagu new-wave dan “happy-sad song” ala The Cure, gak heran jika Sing Street dianggap sebagai salah satu rilisan film terkeren di dekade 2010.

JANGAN LEWATKAN •
Joker Akan Tayang Perdana di Festival Film Venice Agustus Mendatang

29. Avengers: Infinity War (2018)

Film Terkeren Dekade 2010
Avengers: Infinity War | Beritatagar

Ketika mengetahui bahwa dunia sinematik Marvel (MCU) akan ditutup oleh Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame (2019), tak dipungkiri hype train langsung terasa tinggi sekali.

Dan kedua filmnya bisa dikatakan smaa-sama keren dan menjadi 2 penutup MCU terbaik. Tapi kalau mau dibandingin dan dipilih lagi, gak dipungkiri adalah Infinity War yang paling oke.

Hal ini dikarenakan sutradara Anthony & Joe Russo, sangat cerdas dalam merangakai alur ceritanya sehingga, menjadi terasa sangat seru dan emosional sendiri. Terlebih ketika Thanos (Josh Brolin) melakukan jentikan (snap) mautnya tersebut di akhir filmnya.

28. Knives Out (2019)

Ko D37 15843.01
Knives Out | The Verge

Film bertemakan detektif misteri adalah genre / tema film yang super tricky untuk diproduksi.

Pasalnya apabila ada salah sedikit saja, audiens bakalan langsung gak tertarik sama sekali. Untunglah sutradara Rian Johnson (Looper) sadar akan hal tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Joaquin Phoenix Kenakan Make-Up Joker Dalam Foto Terbaru

Alhasil, sutradara Star Wars Episode 8: The Last Jedi (2017) inipun mentata film ini dengan sedemikian rupa sehingga, membuat kita-kitapun terus menerka-nerka, siapa sesungguhnya yang membunuh novelis misteri Harlan Thromber (Christopher Plummer) yang kaya raya itu.

Dan ketika semuanya terungkap, Johnson pun sukses membuat kita menganga selebar-lebarnya.

27. Bohemian Rhapsody (2018)

Film Terkeren Dekade 2010
Bohemian Rhapsody | Empire

Walau biopik perdana vokalis Queen, Freddie Mercury, berakhir biasa-biasa saja. Namun tak dipungkiri bahwa film arahan Bryan Singer (X-Men: Apocalypse) dan Dexter Fletcher (Eddie the Eagle) ini, patut diacungi jempol.

Pasalnya di tengah segala kontroversi dibalik pembuatan filmnya, Bohemian Rhapsody tetap dirilis seusai rencana dan, sukses mewujudkan mimpi seluruh fans yang selama bertahun-tahun mengharapkan untuk menyaksikan biopik band Rock flamboyan Inggris ini.

26. Mission: Impossible – Fallout (2018)

1200x680 Mission Impossible
Mission: Impossible – Fallout | Mouv

Bisa dikatakan setelah perilisan film pertama Mission: Impossible di tahun 1996, franchise yang dibintangi oleh Tom Cruise (Rain Man) ini mengalami penurunan kualitas.

JANGAN LEWATKAN •
Foto Joaquin Phoenix Sedang Beraksi di Lokasi Syuting Film Joker

Memang seri dan franchise-nya masih hit di tangga box-office. Tapi sekali lagi kalau dilihat dari sisi kualitas keseluruhan, franchise-nya berubah menjadi sekedar pop corn flick.

Namun ketika film kelimanya, Mission: Impossible – Rogue Nation (2015) dirilis, terlihat sedikit demi sedikit, kualitas keren di film perdananya muncul lagi. Dan kembalinya kualitas keren tersebut, kian dimantapkan di film keenam-nya ini.

Fallout sukses menggabungkan semua elemen action pop corn flick di keempat film sebelumnya dengan ditampilkannya kembali ke-kompleksitasan jalan cerita ala film pertamanya.

Alhasil, membuat seluruh fanboy-nya menjadi bersemangat lagi terhadap franchise-nya ini. Semoga saja film ke-7 dan ke-8 nya nanti, masih tetap mempertahankan formula yang telah ditampilkan oleh Fallout.

25. Fighting with My Family (2019)

Film Terkeren Dekade 2010
Fighting with My Family | The New York Times

Semenjak The Wrestler (2008), bisa dikatakan belum ada lagi film biopik pegulat sekaligus menampilkan industri hiburan gulatnya secara fun dan obyektif.

JANGAN LEWATKAN •
Jared Leto dan Margot Robbie akan Kembali dalam Film Joker-Harley Quinn

Untunglah Fighting With My Family, sukses mengakhiri rekor tersebut. Diadpatasi dari film dokumenter keluaraga pegulat wanita WWE, Saraya-Jade Bevis aka Paige yang berjudul sama.

Fighting with My Family, tidak hanya menampilkan kisah biopik pegulat yang heartfelt, namun juga menampilkan sisi perjuangan 45 Paige dan keluarganya untuk bisa tembus ke promosi gulat hiburan terbesar sepanjang masa, World Wrestling Entertainment (WWE).

Pasca menyaksikan, sebagai audiens, kitapun menjadi kian termotivasi untuk lebih bekerja keras, memenuhi seluruh mimpi-mimpi sukses kita tersebut.