MovieMovie List

30 Film Terkeren Dekade 2010: Kian Cerdasnya Film & Awal Dominasi Layanan Tayang Streaming

12. La La Land (2016)

La La Land Emma Stone And Ryan Gosling December 2016 Movie 900x475 1
La La Land | WHRS Stampede

Gak heran jika film drama musikal moderen ini, masih terus dibicarakan hingga detik ini. Karena sutradara Damien Chazelle (Whipalsh) emang jenius banget dalam membuat filmnya ini.

Selain pilihan palet warnanya yang super colorful lagu-lagunya yang asyik, kisah film ini ditata dengan sedemikian rupa sehingga, La La Land memang terlihat sangat berkelas dan worth untuk menjadi kandidat peraih Oscar.

11. Sleeping Beauty (2011)

8175303749 Dc8b0df595 B
Sleeping Beauty | Flickr

Film indie Australia ini emang underrated banget. Padahal film mengenai sosok gadis sekolahan, Lucy (Emily Browning) yang juga melakukan berbagai pekerjaan yang aneh dan tabu ini sangat keren dan cukup provokatif.

Mengangkat tema overdosis dan sex-trafficking, Sleeping Beauty tak dipungkiri merupakan performa terbaik Browning hingga detik ini. SANGAT RECOMMENDED!

10. The Lighthouse (2019)

The Lighthouse 1080x674 1
The Lighthouse | Atom Tickets

Film thriller karya sutradara horor underrated Robert Eggers (The Witch) ini kalau kamu masih ingat, hype-nya gila-gilaan sejak dirilis di bulan Mei 2019 di perhelatan Cannes Film Festival.

Dan ketika akhirnya kita menyaksikan filmnya, kitapun jadi ngerti kenapa hype-hype tersebut bombastis banget. Karena ya filmnya secara visual dan performa (terutama dari Robert Pattinson), sangat artsydan unsettling dari awal hingga akhir.

Walau ending-nya agak anti-klimaks, namun secara kesleuruhan The Lighthouse adalah film minimalis yang menghasilkan kualitas super maksimalis.

9. Compliance (2012)

Compliance Stern K4fco1
Compliance | The Daily Beast

Compliance diangkat dari peristiwa phone scamming menghebohkan yang pernah dialami oleh pegawai wanita McDonald’s di Mount Washington, Kentucky, AS di tahun 2004.

Spesifiknya, di insiden tersebut sosok penelpon iseng dan tak bertanggung jawab, David Richard Stewart, ngerjain parah salah satu pegawai wanita yang sedang bertugas, Louise Ogborn.

Pokoknya di Stewart, nyuruh Louise untuk mentaati keinginannya seperti membuka seluruh pakaian dan melakukan berbagai aktivitas tabu selama di restorannya. Dan Compliance sukses me-rekreasikan insiden gila itu.

Dan aktris yang memerankan Ogborn (yang diganti namanya menjadi Becky), dreama Walker (Once Upon a Time in Hollywood) pun juga sangat hebat dalam menampilkan emosi serta kegilaan yang diraskaan karakternya.

Sentuhan realita inilah yang alhasil membuat Compliance, gak hanya menjadi film terkeren di dekade 2010, namun juga film yang masih terlihat relatable hingga detik ini.

https://www.youtube.com/watch?v=Xts94kR9Kps

8. The Babadook (2014)

Image
The Babadook | Time Out

Awalnya banyak dari kita yang bingung pastinya. “Babadook? film apaan nih?” Dan ternyata ketika menyaksikan, film indie asal Australia ini adalah film horor suprantural.

Dan ketika disaksikan juga, filmnya gokil banget. Tidak hanya karena kejeniusan sutradaranya, Jennifer Kent (Nightingale). Kekeranan film ini juga difaktori oleh penampilan luar biasa aktris utamanya, Essie Davis (Assassin’s Creed).

Pokoknya gue gak mau panjang lebar lagi. Langsung aja deh kalian nonton. Dan rasain sendiri filmnya. Dijamin bakalan lengkete terus deh di ingatan kalian.

7. Contagion (2011)

5e85f430ba85ee593a728ee6
Contagion | Insider

Waduh. Siapa sih yang gak tau dengan film ini? Terlebih masa COVID-19 ini, film yang lagi-lagi dibuat oleh Steven Soderbergh ini, menjadi super hit banget.

Tentunya seperti yang juga udah gue jelasin di 2 poin film Soderbergh sebelumnya, Contagion lagi-lagi merupakan film Soderbergh yang super memorable.

Hal ini dikarenakan Contagion dalam menampilkan gejala, penyebaran, sekaligus efek sakit flu-nya sangatlah realistis. Bahkan ke-realistisan nya, sudah diakui banget oleh sleuruh dokter / ilmuwan kesehatan terkait.

Oh ya faktor lainnya, juga dikarenakan penerapan penceritaan berkonsep hyper-linking yang ditampilkan oleh filmnya. Maksudnya setiap karakter di filmnya ditampilkan memiliki ketrkaitan besar dan signifikan satu sama lainnya.

1 2 3 4 5

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment