MovieMovie List

30 Film Terkeren Dekade 2010: Kian Cerdasnya Film & Awal Dominasi Layanan Tayang Streaming

6. We Neeed to Talk About Kevin (2011)

Cri Film Terkeren Dekade 2010
We Need to Talk About Kevin | MoMA

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Lionel Shriver yang dirilis di tahun 2003. Dan yap. Filmnya dibintangi oleh si Barry Allen aka The Flash di rana sinematik DC (DCEU), Ezra Miller.

Filmnya mengisahkan remaja beranama Kevin Khatchadourian (Miller) yang emang dari kecil, “beda” sendiri. Kevin pokoknya selalu tampil gak ada ekspresi emosi. Lalu apabila perasaannya terluka, ia akan benar-benar berlaku konfrontasional, bahkan sadis.

Dan gilanya, Miller bisa menghidupkan karakternya tersebut. Pokoknya kalau kamu liat dia di film ini, kamu bakal kaget banget deh dengan transformasi karakter yang ia lakukan. Alhasil sukses membuat film ini sevagai film terkeren 2010.

Selected for you
Joker Ditangkap Polisi dalam Foto Terbaru dari Lokasi Syuting

5. It Follows (2014)

Film Terkeren Dekade 2010
It Follows | Panda’s Choice

Gak dipungkiri walau udah tau dengan bahaya dari aktivitas seks bebas, masih banyak aja remaja (terutama di Amerika Serikat sana), yang masih membandel.

Dan setiap diingetin (terlebih oleh orang tua), tetep aja membandel. Intinya, yang namanya remaja ya gak suka banget apabila musti diceramahin.

Tapi di saat yang sama, isu ini memang harus terus disampaikan bahayanya. Nah mungkin karena faktor inilah jadinya sutradara David Robert Mitchell (The Myth of the American Sleepover), berinisiatif secara kreatif untuk menyampaikannya melaui alegori horor ini.

Dan memang bisa dikatakan apa yang dilakukan Mitchell ini sangatlah kreatif, efektif, dan membaut audiens remaja, merasa tidak seperti digurui. Pokoknya It Follows adalah salah satu film terjenius dan terkeren yang dirilis di dekade 2010.

4. Parasite (2019)

Film Terkeren Dekade 2010
Parasite | Empire

Mungkin banyak dari kaluan yang menempatkan film fenomenal asal Korea Selatan ini di posisi pertama atau kedua di daftar film terkeren 2010 kalian.

Tapi bagi gue ya di posisi ini. Cuma jangan salah! Gue akuin memang karya Bong-Joon-ho (The Host) ini hebat banget sih. Joon-ho keren banget dalam memadu madankan tema kesenjangan strata sosial dengan teknik twist gak terduganya itu.

Pokoknya karena kejeniusannya, membuat seluruh audiens di manapun, kini menjadi jauh lebih respek sekaligus di saat yang sama, kian mengangkat pamor industri perfilman Korea Selatan di mata dunia.

https://www.youtube.com/watch?v=QEtXulqEAk4

3. Locke (2013)

Film Terkeren Dekade 2010
Locke | nziff

WOW! WOW! Yap gak salah jika dua kali kata keterpukauan tersebut yang memulai pembahasan film Inggris yang dibintangi oleh Tom Hardy (The Dark Knight Rises) ini.

Selected for you
Apa Penyebab Wacana Pelarangan Penayangan Joker di Jepang?

Bayangkan aja. Semua yang ada di filmnya super minimalis. Sebagian besar cuma mengandalkan mobil, latar malam hari, speaker phone di mobil, dan akting memukau Hardy.

Film ini intinya sih cuma menceritakan pekerja perusahaan non nuklir, Ivan Locke (Hardy), yang di satu malam itu, mau gak mau harus meninggalkan semua sisa pekerjaan dan lain-lainnya demi, memenuhi tanggung jawabnya, menanti kelahiran buah hatinya.

Gilanya, buah hatinya, lahir dari wanita yang 7 bulan sebelumnya diajaknya untuk cinta satu malam (one night stand).

Di dalam durasi 85 menit yang sekali lagi sebagian besar hanay dilakukan di dalam mobil, sutradara Steven Knight (Closed Circiuit), bisa memberikan kisah film yang sangat emosional, penuh, dan berbobot. Alhasil, membuat Locke film terkeren 2010.

2. Joker (2019)

Film Terkeren Dekade 2010
Joker | Slate

Rasanya gue gak periu panjang lebar lagi kenapa film solo perdana musuh besar Batman ini, hit banget. Bahkan sukses menjadi film terkeren di dekade 2010.

Selain akting Joaquin Phoenix (Gladiator) yang gila banget dan tone kelam yang diusung, adalah kejeniusan sutradara Todd Philips (The Hangover), yang mampu menampilkan kisah origin Joker sembari di saat yang sama, mengangkat isu sakit mental yang maish banyak dialami hingga detik ini.

Oh ya satu hal lagi, Philips melakukan itu semua namun, tetep gak mengenyampingkan seluruh fanboy DC. Hal ini terbukti melalui penceritaan ulang origin Bruce Wayne menjadi Batman menjelang akhir filmnya.

Selected for you
Alasan Mengapa Joker Akan Mendapatkan R-Rated Dari MPAA
https://www.youtube.com/watch?v=axWt4HVT7iY

1. Boyhood (2014)

Film Terkeren Dekade 2010
Boyhood | Medium

Dan inilah film yang hingga detik ini gue anggep sebagai film terkeren 2010.

Kenapa gue pilih film karya Richard Linklater (Before Trilogy) ini? Ya siapa sekarang coba, yang gak takjub dengan dedikasi yang diberikan oleh Linklater dan seluruh aktor filmnya ini?

Spesifiknya, Boyhood adalah film coming of age yang masa syutingnya dilakukan selama 12 tahun, 12 TAHUN! Tapi tentunya masa syutingnya dilakuakan ketika pas ada waktunya saja dan, seluruh aktornya, sudah menunjukkan sedikit penuaan / pertumbuhan.

Alasan Linklater melakukan konsep syuting gokil ini, adalah sesuai judulnya, ia ingin menampilkan secara alami pertumbuhan yang dialami oleh seorang anak laki-lakinya. Selain itu, ia juga ingin menyorot perubahan lingkungannya secara alami pula.

Oleh karenanya, gak heran jika di sepanjang filmnya, kita juga menyaksikan perubahan iklim politik, ekonomi, kebudayaan, dan musik dari tahun 2001-2013 secara alamiah.

Oh ya satu lagi, demi mempertahankan kelaamiahan perkembangannya tersebut, teknologi kamera yang digunakannya pun juga dibiarkan alami begitu saja transisinya.

Jadi ya gak heran jika kitapun menyaksikan filmnya dari menggunakan teknologi kamera awal 2000an, hingga yang sudah full HD di awal 2010an. Dan hingga tulisan ini diunggah, belum ada lagi film yang di-syuting dengan konsep se-gokil ini.

Jadi gak heran bukan jika Boyhood gue taro di posisi puncak? Sekarang dari 30 film terkeren dekade 2010 ini, yang manakah yang kamu favoritkan?

1 2 3 4 5

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications