MovieMovie List

30 Film Terkeren Dekade 2010: Kian Cerdasnya Film & Awal Dominasi Layanan Tayang Streaming

24. Eight Grade (2018)

Film Terkeren Dekade 2010
Eight Grade | No Film School

Umumnya ketika kita ngedenger film yang dibuat oleh seorang YouTuber, rasa skeptis super duper langsung terasa.

Wajar. Masih banyak dari kita yang berpandangan kalau seorang YouTuber, ya bisanya Cuma nge-YouTube doang. Kalaupun ada skill lain ya paling biasa-biasa aja.

Namun YouTuber veteran, Bo Durnham, sukses mematahkan anggapan tersebut melalui film coming of age ini.

Melalui Eight Grade, Durnham sukses menampilkan bagaimana beratnya perjuangan seorang gadis introvert dan tidak populer di sekolahnya untuk menjadi sosok yang dipandang oleh teman-temannya.

Penceritaan sekaligus pengarahan Durnham dan tentunya, akting mengagumkan dari Elsie Fisher (Despicable Me) sebagai karakter utama, Kayla Day, membuat film ini terasa sangat natural dan relatable dari awal hingga akhir.

23. Searching (2018)

Searching 2
Searching Empire

Bisa dibilang dalam 5-6 tahun belakangan, dominasi internet spesifiknya, media sosial, perlahan juga mulai mem-penetrasi Hollywood.

Dan bagi gue, yang pertama kali mendobrak, adalah Unfriended yang dirilis di tahun 2015. Walau emang terlihat dibuat-buat, tapi jujur gue takjub banget sih dengan ide kematian ala supranatural hanya dari aktivitas group chat dan FB-an.

Sayang saja plot-nya sangat tidak realistis. Sehingga membuat penggunaan seluruh aspek interne-nya, terasa “main-main” saja. Untunglah hal tersebut diperbaiki habis-habisan oleh Searching.

Film arahan Aneesh Chaganty (Google Glass: Seeds), sukses menerapkan penggunaan media sosial / internet dengan sangat realistis lagi efektif.

Penggunaan riwayat (history) chat, e-mail, dan FB, faktanya memang bisa banget dalam membantu David Kim (John Cho) untuk mencari putrinya, Kim Cho yang menghilang secara misterius.

Walau beberapa ada yang dibuat-buat sedikit kisahnya (ya namanya aja film), tapi tetep aja Searching, adalah film bertemakan Internet / Media Sosial paling relevan yang pernah diproduksi di dekade 2010.

22. 10 Cloverfield Lane (2016)

10 Cloverfield 1
10 Cloverfield Lane | Cosmopolitan FM

Ketika mendengar tentang film ini, gak dipungkiri banyak yang skeptis banget. Soalnya, selain merupakan stand alone dari Cloverfield (2008), juga konsep filmnya mengalami shifting tajam.

Spesifiknya, dari yang tadinya sudut pandang orang pertama (first person) dan berkonsep “found-footage”, kini menjadi sudut pandang orang ketiga (third person) dan berkonsep live-action film pada umumnya.

Tapi ketika akhirnya dirilis, semua was-was tersebut tergantikan dengan rekah senyum.

Pasalnya 10 Cloverfield Lane, menampilkan performa sekaligus chemistry korban-penjahat mengagumkan dari Mary Elizabeth Winstead (Birds of Prey) dan si aktor tambun legendaris, John Goodman (The Flinstones).

Penampilan keduanya, sukses membuat kita merinding banget dan teringat kembali bahwasanya, franchise Cloverfiled memanglah franchise film yang sangat keren.

21. Carnage (2011)

Unnamed 1
Carnage | Google Play

Kalau mau lihat karya sutradara kontroversial, Roman Polanski (Rosemary’s Baby) yang enteng, fun, tapi tetap memiliki tema yang menohok, maka nontonlah Carnage.

Film yang dibintangi oleh: John C. Reilly (Noogie Nights), Kate Winslet (Titanic), Christoph Waltz (Inglorious Basterds), dan Jodie Foster (The Silence of the Lambs), mengisahkan keempatnya untuk membicarakan konflik yang terjadi antara dua anak mereka masing-masing.

Namun pada akhirnya, resolusi konflik yang ingin dipecahkan menemukan banyak twist sana-sini yang alhasil, menampilkan keterbalikan peran terkeren yang pernah terjadi di dalam sejarah perfilman. Pokoknya bisa terjadi banget deh di dunia nyata.

20. The Artist (2011)

Smile A
The Artist | Hollywood Reporter

Di era industri perfilman yang sudah berwarna, berbicara, dan canggih nian, ternyata hal ini tetap gak menghambat sinseas Perancis, Michael Hazanavicius (The Search) untuk justru balik ke awal mula industri perfilman.

Alias, balik lagi ke era hitam putih dan bisu (silent). Ceritanya pun juga sangat simpel. Walau demikian, terbukti kenekadan Hazanavicius terbayarkan manis.

The Artist banyak disukai termasuk oleh voter-voter akademi yang alhasil, mengganjar filmnya dengan 5 piala Oscar termasuk film terbaik (Best Picture).

19. 1917 (2019)

5ddbe8c1fd9db26dbc507689
1917 | Business Insider

Secara feel, rata-rata film bertemakan Perang, seru banget. Tapi secara teknis pembuatan, sayangnya hanya beberapa yang keren.

Untungnya, 1917 termasuk yang keren. Bagaimana gak? 1917 bisa dikatakan film perang pertama yang menerapkan pengambilan gambar berkelanjutan (One continuous shot) di dalam sejarah.

Memang gak murni. Alias, dibuat seolah-olah gambarnya diambil dengan teknik demikian. Tapi ya walau dibuat-buat, toh pada akhirnya, sukses memberikan kesegaran pada genre yang sudah lumayan generik ini bukan?

Oh ya ditambah lagi, film arahan Sam Mendes (Skyfall) ini berlatar di Perang Dunia 1 yang tentunya sekali lagi, merupakan kesegaran dari yang sudah-sudah (Perang Dunia 2).

1 2 3 4 5

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment