MovieMovie List

30 Film Terkeren Dekade 2010: Kian Cerdasnya Film & Awal Dominasi Layanan Tayang Streaming

18. Inception (2010)

Inception Promo Stills Hq Dom And Ariadne 17424214 1500 1000
Inception | Jon Negroni

Bukan Christopher Nolan namanya kalau film-filmnya gak sukses membuat audiens takjub dan tentunya berpikir seperti profesor tanpa henti.

Dan pernyataan tersebut kian terbukti lagi melalui film darma sci-fi yang bermain-main dengan konsep mimpi ini.

Saking cerdas binti niatnya untuk “nyusahin” kita-kita, banyak dari kita yang sampe sekarang masih memperdebatkan dengan sangat panas, apakah ending-nya mimpi atau memang kenyataan.

17. Portrait of a Lady on Fire (2019)

99125233ab382002123cc0e2443f396ec1 Portrait Of A Lady On Fire
Portrait Of A Lady On Fire | Vulture

Lagi-lagi film dari sineas asal Perancis. Kali ini, dari sineas wanita, Celine Sciamma (Girlhood). Dan gak heran banget jika film ini, memberikan kesuksesan internasional pertama ke Sciamma.

Tidak hanya ia berani mengangka kisah biografi yang karakternya ber-orientasi LGBT, namun dirinya bersama sinematografer Claire Mathon (Pamdonez-moi) sukses menampilkan visual grafis yang bagaikan sebuah lukisan (sesuai judul filmnya).

Pokoknya kamu semua ketika nanti menyaksikan bakalan dimanjakan banget deh kedua matanya.

16. A Quiet Place (2018)

Emily Blunt John Krasinski A Quiet Place
A Quiet Place | Motion Picture Association

Gak heran jika film horor-thriller ini masuk daftar.Karena A Quiet Place emang keren dan unik banget sih.

Ide bahwa kita akan langsung meregang nyawa setelah mengeluarkan satu nada atau suara dari mulut kita, gak dipungkiri sangatlah fresh (walau ya tewasnya oleh monster).

Selain karena konsep kisahnya tersebut, tentunya kekeranan filmnya dipengaruhi oleh pengarahan Joh Krasinski yang sangat keren dan tentunya juga, penampilannya serta sang istri, Emily Blunt (Marry Poppins Returns) yang sangat mengagumkan.

Semoga saja sekuelnya, A Quiet Place Part II yang dijadwalkan rilis 23 April 2021 mendatang, akan sama atau bahkan, jauh lebih keren dari film orisinilnya ini. Amin.

15. A Star is Born (2018)

A Star Is Born Melihat Gaga Dalam Wajah Lain Csv4ymjaw8
A Star Is Born | Alinea.id

Umumnya apabila sebuah film dibuat berulang-ulang kali (versi baru), akan terasa bosan dan generik banget.

Dan rasa kekhawatiran inilah yang dirasakan banyak orang ketika mengetahui akan dibuat ulangnya lagi (bukan remake) film yang pertama kali dirilis di tahun 1937 ini.

Untungnya aktor sekaligus produser filmnya, Bradley Cooper (The Hangover) tahu akan kekhawatiran tersebut. Alhasil ia dan tim-nya pun berinisiatif untuk membuat versi-nya sesuai dengan realita zaman sekarang ini.

Terbukti, mereka sukses besar. Dan seluruh soundtrack yang ditampilkan juga sangat keren binti memorable. Namun tentunya yang sangat mengejutkan disini, adalah performa vokalis top Lady Gaga sebagai Ally yang gak disangka-sangka emosional dan relatable banget.

14. Toy Story 3 (2010)

Screen Shot 2019 06 20 At 9.05.03 Am
Toy Story 3 | No Film School

Di tahun 2019 lalu, franchise film animasi 3-D top, Toy Story merilis film keempatnya. Dan emang filmnya merupakan film penutup terkeren dari franchise-nya.

Walau demikian, apabila ingin membicarakan yang paling keren (terlebih emosional), ya film ketiganya yang dirilis 9 tahun sebelumnya.

Menampilkan plot si pemilik mainannya, Andy yang sudah beranjak usia kuliah, tak ayal perpisahannya sangatlah emosional. Sehingga gak heran jika banyak audiens (siapapun dia), langsung banjir air mata ketika menyaksikan ending-nya.

13. Unsane (2018)

86bc86ee20d48e962646874d99e6a3a9c1 16 Unsane.rsocial.w1200
Unsane | Vulture

Di pembahasan film terkeren dekade 2000, salah satu film yang ada di daftarnya, adalah film karya Steven Soderbergh, The Girlfriend Experience yang dirilis di tahun 2009.

Dan di pembahasan tersebut dikatakan bahwa hampir seluruh karyanya, sangat berkesan. Dan pernyataan tersebut kian terbukti dengan perilisan filmnya yang lagi-lagi keren di dekade 2010 ini.

Secara kisah memang standar. Tapi yang membuat film mengenai seorang gadis yang terkurung / terjebak di rumah sakit mental ini begitu berkesan adalah dari sisi teknis pembuatan filmnya.

Spesifiknya, film ini di-shot dari awal hingga akhir hanya dengan menggunakan gawai, iPhone 7 Plus. Benar-benar inovatif, gokil, dan keren banget.

Kekerenan tersebut kian diperkuat algi oleh performa super keren dari si aktris berbakat, Claire Foy (The Crown) sebagai si karakter utama Sawyer Valentini. Pokoknya wajib deh untuk ditonton.

1 2 3 4 5

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment