30 Film Terkeren Dekade 2000an: Fantasi, Superhero & Awal Independensi

in ,
30 Film Terkeren Dekade 2000
Batman Begins | Boss Hunting

Setelah sebelumnya menjelaskan film-film terkeren dekade 80an dan dekade 90an, sekarang kita akan membahas 30 film terkeren yang berasal dari dekade 2000.

Perkembangan industri film di dekade 2000, bisa dikatakan didominasi oleh film drama, fantasi, dan mulai banyak bermunculannya film-film indie. Tapi di saat yang sama, genre superhero pun mulai pelan-pelan “bangkit dari kuburnya”.

Malah untuk genre pahlawan super tersebut, dunia sinematik superhero sejuta umat mulai tercipta di dekade ini. Tentunya kalian tau lah yang kami maksud bukan?

Well, tanpa panjang lebar lagi, yuk kita simak 30 film terkeren mana saja yang berasal dari dekade 2000 ini. Ingat daftar ini bersifat SUBYEKTIF.

30. REC (2007)

Rec 6
Rec | Zerosumo

Oh ya satu hal lagi yang gue kelupaan nyebutin di awal. Dekade 2000 juga merupakan awal kian populernya genre “found-footage” (dokumenter gitu deh).

Paranormal Activity yang dirilis di tahun yang sama (bulan September 2007) bisa dikatakan adalah yang memulai kembali semuanya. Dan hanya berjarak kurang lebih 2 bulan kemudian, film found-footage bertemakan zombie ini pun dirilis.

Silahkan kalian tetap anggap zombie-nya adalah manusia yang kena rabies, tapi yang jelas dengan menerapkan apa yang PA terapkan di filmnya, gak dipungkiri kisah menghadapi serangan zombie menjadi terasa lebih baru dan segar banget.

Rec saking sukses-nya,sampai dibuat remake Hollywood-nya, Quarantine yang diirlis di tahun 2008. Walau pada dasarnya 100% copy-paste film Rec, tetap saja Rec yang masih jawara. Oh ya, kesuksesannya juga sampai menjadikan filmn-nya sebagai sebuah franchise.

29. Adventureland (2009)

Adventureland
Adventureland | JustWatch

Mungkin banyak dari kalian yang pertama kali melihat Jesse Eisenberg (The Social Network) dan Kristen Stewart (Twilight Saga) dalam satu film di film komedi stoner, American Ultra (2015).

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

Namun justru dua aktor awkward ini pertama kali tampil bareng di film drama coming of age arahan Greg Mottola (Superbad) ini.

Adventureland berlatar di musim panas 1987. Filmnya mengisahkan lulusan kuliah James Brennn (Eisenberg) yang sangat ingin melakukan tur Eropa dan kulaih jurnalistik.

Entadventureland2
Adventureland | The Epoch Times

Sayang seluruh keinginannya tersebut gagal total dikarenakan kondisi ekonomi yang gak memungkinkan. Alhasil, untuk mengisi kegiatan sehari-hari dan juga agar roda ekonomi terus berputar, James pun mau gak mau harus melakukan kerja musim panas.

Iapun bekerja di taman hiburan bernama Adventureland. disana ia bertemu dengan rekan kerja wanitanya Emily Lewin (Stewart). Dan keduanya pun kian merasakan ketertarikan satu sama lain.

Sama seperti di American Ultra, chemistry yang ditampilkan di Adventureland, gokil banget. Pokoknya kalau di real-life, keduanya bisa banget untuk pacaran. Selain itu secara keseluruhan Adventureland ceritanya emang enak banget untuk disaksikan.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

28. The Hangover (2009)

Film Terkeren Dekade 2000
The Hangover | My Style, My Words

Emag secara general, film ini ya komedi konyol dan gila seperti beberapa film serupa lainya di Hollywood.

Tapi yang membuat film komedi arahan Todd Philips (Joker) ini begitu hit, adalah kisahnya yang fresh dan tentunya, performa keren dari ketiga cast utamanya terutama, Zach Galifianakis (Into the Wild) sebagai si gokil Alan Garner.

Oh ya jangan lupakan juga dengan cameo petinju sangar, Mike Tyson yang sangat memorable tersebut. Dengan seluruh atribut tersebut, gak heran jika The Hangover kerap dianggap sebagai salah satu film komedi terkeren di dekade 2000.

27. Idiocracy (2006)

30 film Terkeren 2000
Idiocracy | The Daily Beast

Dengan foto penyerta poin-nya ini yang menampilkan si komedian kulit hitam “gila”, Terry Crews (White Chicks), bisa ditebak kalau Idiocracy adalah film komedi yang gak kalah gilanya. Dam pernyataan tersebut, bener banget.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

Jadi film yang dibuat dan diarahkan oleh Mike Judge (Beavis & Butt-Head) ini, pada dasarnya adalah komedi super satir. Idiocracy ingin ngasih liat ke kita, bagaimana sih kalau misalkan seluruh masyarakat di dunia (terutama A.S), seiring berjalannya waktu, semkin menurun banget tingkat kecerdasannya?

Dan bagaimana sih kalau kita dianggap satu-satunya sosok tercerdas di dalam situasi dunia tersebut terlepas, di awal kita dianggap sosok yang kurang cerdas atau biasa-biasa aja?

Pokoknya kalian wajib dhe nonton filmnya paling gak satu kali dalam seumur hidup!

26. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)

30 film Terkeren 2000
The Lord Of The Rings: The Two Towers | The Indian Express

Yap gak usah protes. Gue tahu trilogi adaptasi novel fantasi karya J.R.R Tolkein ini banyak disukai. Apalagi oleh kebanyakan kalian.

Dan memang gue juga akuin The Lord of the Rings memanglah salah satu trilogi film terbaik yang pernah diproduksi. Bahkan salah satu film terkeren di dekade 2000.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

Tapi ya mau diapain ya. Gue emang biasa aja sama franchise ini. Gue gak begitu suka dengan fnatasi berbentuk kolosal / kerajaan gitu. Kalaupun ada yang suka, picky banget.

Walau demikian, gue akuin sekali lagi LOTR adalah salah satu trilogi terkeren. Dan kalau harus memilih diantara ketiganya, tentunya adalah film keduanya ini. Kenapa? Simpel dna singkat. Pertarungan final Hornburg-nya yang even bagi gue yang bukan fanboy, gue akuin epik sepanjang masa.

25. X2 (2003)

U2fxa8fdt0uqanhktwwggkpshol
X2 | Empire

Film pertama X-Men (2000) gak dipungkiri menjadi film yang kembali ngidupin nyawa genre superhero. Dan yap. Kalau bukan karena film itu, ya genre superhero gak bakalan sekeren sekarang.

Tapi tetep aja dari ketiganya, yang keren ya film keduanya ini. Mulai dari action, penyutradaraan, dan naskah yang lebih kompleks tapi masih enak diikuti, semuanya terlihat tertata rapih dan smooth banget,

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

Belum lagi dengan perseteruan sekaligus kerjasama kompleks antara X-Men dan rival mereka, Brotherhood of Mutants.