30 Film Terkeren Dekade 2000an: Fantasi, Superhero & Awal Independensi

in ,

18. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

8000c75ffcec1af06c445fe29313fd09
Harry Potter and the Prisoner of Azkaban | Lazada

Gue selain fanboy Star Wars, juga Potterheads. Dan yap, ke-8 film Harry Potter gue suka banget (ya siapa sih yang gak?).

Tapi kalau mau milih lagi diantara semuanya, ya bagi gue yang keren ya film ketiganya ini. Kenapa? Prisoner of Azkaban bisa dikatakan lebih dari sekeda sekuel Harry Potter.

Juga, lebih dari sekedar fantasi. Film ini juga merupakan salah satu film time travel terbaik yang pernah ada.

17. Watchmen (2009)

1 Bfalevmlh214tx863f7ifw
Watchmen | Medium

Dengan genre superhero / MCU yang sudah mulai semakin unjuk gigi, gak heran jika sineas Zack Snyder (300) tertarik untuk ikut memeriahkan kemarakannya.

Alhasil, iapun mengadaptasikan tim superhero yang super kelam dan semi-grounded ini. Walau dibumbui berbagai kontroversi, namun terbukti Watchmen, sukses banget.

Bahkan fanboy film ini sampai sekarang masih banyak. Tentunya faktor utama adalah dikarenakan keberanian Snyder yang menampilkan film-nya dalam format rating R dan kisah keseluruhan yang emang fun banget.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

16. North Country (2005)

Ar9fashczpm4heofxa2ig7e3ws5
North Country | Empire

Serahkan ke Charlize Theron untuk peran-peran yang bersifat women empowerement. Karena aktirs cantik asal Afrika Selatan ini memang keren banget dalam peran tipikal demikian.

Mungkin banyak dari kalian yang mengetahui aspek ini melalui film Bombshell (2019). Tapi gue justru pertama kali taunya dari North Country.

Film arahan Niki Caro (Mulan) ini kishanya terinspirasi dari peristiwa tuntutan hukum (lawsuit) pelecehan seksual pertama. Dilakukan oleh Lois Jenson dan beberapa rekan kerja wanitanya terhadap perusahaan tambang EVTAC di tahun 1988.

Di filmnya tapi, semua karakter-nya termasuk Theron, diganti lagi namanya. Karakter Theron sendiri bernama Josey Aimes.

Walau demikian, kisahnya mirip dengan peristiwa nyata yang ditulis di buku non-fiksi, Class Action: The Story of Lois Jenson and the Landmark Case That Changed Sexual Harassment Law yang ditulis oleh Clara Bingham dan Laura Leedy Gansler.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

Selain itu sekali lagi, adalah performa Theron sebagai Aimes yang menjadikan North Country sebagai film terkeren yang dirilis di dekade 2000.

15. The Departed (2006)

The Departed H 2006
The Departed | Hollywood Reporter

Merupakan adaptasi dari drama Hong Kong, Internal Affairs (2002). The Departed gak dipungkiri merupakan salah satu film terkeren di dekade 2000.

Alasannya gampang banget. Film ini menampilkan konflik dan konspirasi gila-gilaan di badan kepolisian. Seluruh performa aktornya pun keren-keren banget.

Tpai gak heran kalau keren banget. Soalnya film ini disutradarai oleh sineas legendaris, Martin Scorsese (Taxi Driver). Kalau kalian belum nonton, waduh mending langsung deh guys.

14. Iron Man (2008)

Screen Shot 2018 07 20 At 1.42.39 Pm
Iron Man | IndieWire

Memang berat banget rasanya menjadi pertama di segala-galanya. Dan pernyataan ini juga berlaku bagi Iron Man.

Sebagai film pertama di dunia sinematik Marvel (MCU), wajarlah jika ekspektasi super tinggi diberikan ke film arahan Jon Favreau (Chef) ini.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

Untunglah film ini sukses banget melewati hal tersebut. Selain naskahnya yang ditata secara keren, juga tentunya adalah performa Robert Downey Jr. sebagai si superhero yang menjadi daya tarik filmnya ini.

13. The Girlfriend Experience (2009)

Eb20090520reviews905209991ar
The Girlfriend Experience | Roger Ebert

Bukan Steven Soderbergh (Sex, Lies, and Videotape) namanya kalau film-filmnya gak berkesan hingga detik ini.

Spesifiknya, bukan film dia kalau kisahnya tidak menggelitik situasi / kasus dunia nyata (real-life). Ingat dengan Contagion?

Namun jauh sebelum membuat film yang mirip banget dengan kasus COVID-19 sekarang, sutradara semi plontos ini sukses mengejutkan audiens dengan film yang dibintangi oleh mantan bintang dewasa, Sasha Grey ini.

Ditampilkan dalam konsep genre slice of life, film ini ditampilkan dengan sangat natural seakan-akan seperti dokumenter. Ya bisa dikatakan seperti genre found-footage lah.

Dan kerennya, Grey yang memerankan karakter gadis bayarannya, Christine, tampil dengan sangat mengagumkan. Pokoknya kita jadi lupa kalau ia dulu bintang dewasa.