30 Film Terkeren Dekade 2000an: Fantasi, Superhero & Awal Independensi

in ,

24. The Others (2001)

5880168a
The Others | IndieWire

Apabila sesuatu yang biasa dapat ditampilkan menjadi luar biasa, tentunya hal tersebutlah sangatlah keren.

Dan hal inilah yang dilakukan oleh sutradara Alejandro Amenabar (Regression) di film goth horor yang dilakoni oleh Nicole Kidman (Batman Forever) ini.

Pokoknya gue cuma mau ngomong gini aja untuk mendeskripsikan film ini: Ending / keseluruhan kisah filmnya setelah menyaksikan (kalau dipikir lagi), biasa banget. Namun cara Amenabar mengisahkan perjalanan ke twist / ending, sangat luar biasa.

Sori kalau terlalu keripik eh, kriptik. Karena film ini emang salah satu film yang kita musti tonton sendiri untuk bisa menikmati keseluruhannya.

23. Don’s Plum (2001)

Mv5bmta2m2y1owetywe5zs00mwzkltgznzgtzmu1nja2ngziote5l2ltywdll2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymteznzczma@@. V1
Don’s Plum | Leonardo DiCaprio

Apabila kamu melihat di poster-nya, sosok Leondardo DiCaprio (Titanic) dan Tobey Maguire (Spider-Man) yang menjadi dua bintang filmnya terlihat masih imut banget, jangan heran.

Karena Don’s Plum memang dibuat (syuting) di sekitar tahun 1995-1996. Namun dikarenakantersangkut kasus tuntutan hukum yang cukup serius (lebih lanjut langsung kesini), filmnya pun baru dirilis di tahun 2001.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

Namun walau telat hampir 6 tahun, faktanya film arahan R.D Robb (Eight Days a Week) ini memang pantas (worth) untuk ditunggu. Kisahnya memang tipikal kisah-kisah film coming of age 90an pada umumnya.

Tapi dikarenakan ditampilkan dalam format hitam putih dan juga, menampilkan akting keren dari sekuruh aktornya khususnya, Leo (no surprise), Don’s Plum menjadi salah satu film coming of age terkeren dan terasyik yang pernah dirilis.

Oh ya, filmnya bisa kamu nonton langsung loh di YouTube (full film).

22. The Incredibles (2004)

Incredibles 140318191042 E1529037958419
The Incredibles | colbybryant

Bisa dibilang dari pertengahan 90an hingga awal 2000, studio animasi Pixar, sukses menjadi raja diraja. Pasalnya mereka kerap merilis film-film animasi-nya yang sangat keren.

Dan The Incredibles adalah salah satu buktinya. Dirilis di tengah kembali bergaungnya genre superhero, The Incredibles sukses membuktikan ke kita semua kalau genre superhero dan animasi, memang bisa bersatu padu.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

14 tahun kemudian, sekuel-nya pun dirilis. Walau juga keren, tetep aja sih film pertamanya yang masih begitu terasa hingga detik ini.

21. The Wrestler (2008)

The Wrestler1
The Wrestler | Flick and Mix

Kalau kamu masih ingat, bahkan promosi gulat hiburan World Wrestling Entertainment (WWE) pun, melakukan promosi besar-besaran terhadap film arahan Darren Aronofsky (Black Swan) ini.

Dan memang sangat layak dan terbayarkan banget WWE turut mempromosikannya. Karena Aronofsky emang hebat banget dalam menceritakan kisah pegulat veteran Robin Ramzinski (Mickey Rourke) yang merasa bimbang banget untuk melanjutkan karirnya tersebut. Rourke pun tampil dengan sangat keren sebagai Ramzinski.

Pokoknya The Wrestler menampilkan konflik Robin serta beberapa rahasia di balik layar olahraga gulat hiburan dengan sangat gamblang (relaistis) tapi, tetap dengan penuh rasa respek yang sangat tinggi terhadap industrinya.

20. I Am Sam (2001)

I Am Sam
I Am Sam | constantscribbles

Bagaimana rasanya sih apabila kita maish berumur 6 tahun tapi memiliki ayah yang keterbelakangan intelejensia? Pasti challenging banget bukan?

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

Dan tema tersebut ditampilkan dengan sangat keren di film arahan Jessie Nelson (Love the Coopers) ini.

Aktor veteran, Sean Penn (Carlito’s Way), tampil dengan super gemilang sebagai si ayah yang memiliki keterbelakangannya tersebut dan Dakota Fanning (Twilight Saga) yang disini masih sekitar 5-6 tahun pun, sangat mengagumkan sebagai putri kandungnya.

Diiringi pula dengan latar tema inspirasi grup Rock legendaris, The Beatles, I Am Sam, dijamin akan membuat kita-kita yang merasa super jantan sekalipun, akan meitikkan air mata.

19. Shaun of the Dead (2004)

Shaun Dead.0.01
Shaun of the Dead | Polygon

Gak dipungkiri film bertemakan zombie udah banyak banget dan, cukup sering membosankan.

Ya pikir aja deh. Mau The Walking Dead, Night of Living Dead, Dawn of the Dead, pada akhirnya ya sama aja kan kisaran plot-nya? Satu kota diserang zombie, situasi sekitar sudah “kiamat”, dan karakter-karakternya harus bertahan hidup.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

Dan siklus plot tersebut ya begitu-begitu aja terus. Untungnya, Edgar Wright (Scott Pilgrim vs. the world) sadar akan hal itu. Alhasil, Shaun of the Dead pun tercipta.

Gak hanya dikarenakan visi gokil-nya tersebut, salah satu film dari trilogi Cornetto ini, juga menampilkan duet super kocak dari Nick Frost dan Simon Pegg (Hot Fuzz). Dengan seluruh aspek ini, film zombie pun menjadi terasa segar lagi.