30 Film Terkeren Dekade 2000an: Fantasi, Superhero & Awal Independensi

in ,

6. Doubt (2008)

Doubt
Doubt | JustWatch

Isu perlakuan kasar, beda, dan rasis yang kerap dialami oleh kulit hitam, memang masih terus eksis hingga detik ini.

Dan ternyata, hal seperti ini juga kerap terjadi sekolah katolik. Nah film arahan John Patrick Shanley (Joe Versus the Volcano) ini sukses menampilkan secara gamblang hal tersebut.

Performa ketiga aktor-nya terutama (alm) Philip Seymour Hoffman (Boogie Nights), sangatlah mengagumkan. Alhasil, membuat Doubt gak hanya keren, namun juga film ter-emosional yang kita saksikan.

5. Memento (2000)

Memento 600
Memento | Eye for Film

Jauh sebelum ngeribetin otak kita dengan Inception (2010), si jenius Christopher Nolan, justru pertama kali ngeribetin otak kita melalui film ini.

Memento sebenarnya memiliki premis yang biasa aja layaknya, kebanyakan plot drama kriminal. Tapi dengan twist gila serta penerapan naratif-nya yang tidak linear, membuat filmnya menjadi sangat keren dan unik banget ketika dirilis kala itu.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

4. 500 Days of Summer (2009)

500 Days
500 Days of Summer | ScreenCrush

Mungkin kamu sering dengar atau baca, film drama rom-com ini, kerap dipuja dan bahkan, dianggap sebagai yang terkeren.

Dan emang gak salah sih. Soalnya film arahan Marc Webb (The Amazing Spider-Man) ini sukses memutar balikkan formula kisah di genre-nya ini dengan sangat signifikan.

Dari yang tadinya karakter utama wanita, kini adalah karakter utama pria yang menjadi obyek penderitanya. Dari yang tadinya banyak menampilkan momen indah dan romantis, kini justru momen miris-nya yang lebih banyak.

Dari yang tadinya ending-nya menampilkan perjuangan terbayarkan, kini gagal total.

Nah pemutarbalikkan formula ini dan tentunya performa keren dari Joseph Gordon-Levitt (The Dark Knight Rises) dan Zooey Deschanel, gak heran sekali lagi jika 500 Days of Summer dianggap keren banget.

3. Gangs of New York (2002)

Gangs Of New York1
Gangs Of New York | IndieWire

Martin Scorsese, Leonardo DiCaprio, dan Daniel Day-Lewis (There Will Be Blood). Rasanya nama-nama tersebut sudah cukup merangkum alasan mengapa Gangs of New York keren banget.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

Selain pengarahan dan performa-nya, latar tahun 1800an nya benar-benar terasa epik dan realistis.

2. Speak (2004)

Mv5bmtgxnjuwodeyov5bml5banbnxkftztcwmzy3ody4oq@@. V1
Speak | IMDB

Film drama independen ini dibintangi oleh si Bella Swan di seri “ganteng-ganteng vampir”, Twilight, Kristen Stewart.

Dan jauh sebelum diejek-ejek oleh berbagai fans dan moviegoers di film tersebut, untungnya beberapa tahun sebelumnya, Stewrat dipuja-puji melalui perannya di film ini.

Intinya, di film ini, ia tampil masterpiece banget memerankan sosok gadis SMA, Melinda Sordino yang tiba-tiba, setelah sebuah kejadian spesifik, menjadi diam selama-lamanya. Pokoknya dia kalau ngomong ya seperlunya aja.

Padahal sekali lagi, dulunya ia anak gaul banget. Loh ada apa nih? Nah langsung aja deh nonton. Pokoknya Speak adalah salah satu dari beberapa penampilan keren K-Stew sejauh ini. Gak bakalan nyesel dah.

1. Mystic River (2003)

Mystic River 14
Mystic River| Satia Haryanto Blog

Mungkin ada beberapa dari kamu yang belum nonton. Tapi mungkin udah pernah tapi lupa atau sekilas saja.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

Yap. Posisi puncak di daftar film terkeren rilisan dekade 2000, jatuh ke film arahan aktor sekaligus sutradara legendaris Clint Eastwood (Million Dollar Baby) ini.

Bahkan film ini kala itu sukses memberikan penghargaan aktor terbaik bagi Sean Penn. Dan gak salah emang. Soalnya penampilannya sebagai Jimmy Markum, seorang ayah yang anaknya tewas secara misterius sangatlah kelas papan atas.

Belum lagi Eastwood, sukses memperlihatkan tangan dingin nan hadalnya sebagai sutradara.

Pokoknya secara keseluruhan, Mystic River, merupakan kisah drama kriminal yang sangat menguras emosi kita ketika menyaksikannya. Dan di dekade 2000, rasanya gak ada film yang bisa menguras emosi kita sekeras itu, selain film ini.

Bisa kamu buktikan sendiri. Nah dari 30 filmnya ini, yang mana yang kalian anggap sebagai film keren di dekade 2000an?