30 Film Terkeren 90an: Era Eksplorasi & Campur Aduk di Hollywood

in ,
Film Terkeren dekade 90an
Terminator 2 Judgement Day | Variety

Apabila era eksplorasi industri musik terjadi di dekade 70an, maka industri perfilman (terlebih di Hollywood), terjadi di dekade 90an.

Di dekade ini, bisa dikatakan gak ada sama sekali genre yang dominan. Mau itu drama, horor, komedi sci-fi, bahkan animasi semuanya sama-sama ramai di dekade ini. Ditambah lagi, di dekade 90an inilah kali pertamanya Hollywood, mulai mencoba-coba untuk ber-eksplorasi dengan genre lain.

Dan salah satu eksplorasi genre “gak biasa” pertama kali dilakuakan yang mana di dekade 2000an dan sekarang menjadi hit, adalah found-footage horror atau found-footage secara general.

Pokoknya semuanya campura aduk, kacau balau dah dunia entertainment di dekade ini. Namun di tengah kekacauan tersebut, berikut adalah 30 film-nya yang gue anggap paling keren di era-nya ini.

30. Scream (1996)

5jzlgro7fcls96wcyy6fdkklj9i
Scream | All Horror

Bisa dikatakan genre horor di dekade 90an lesu banget. Ada sih beberapa yang keren. Tapi secara general, well, meh.

Nah di tengah kelesuan inilah, film garapan sutradara horor legendaris, Wes Craven (A Nightmare on Elm Street) ini, sukses menyalakan kembali genre favorit sejuta umat ini.

Dan selain dikarenakan kostum Ghostface yang ikonik itu, adalah konsep horor parodi namun pada akhirnya tetap mengedepankan unsur horor-nya lah yang membaut Scream begitu unik.

Ditambah lagi, film yang mempopulerkan aktris televisi, Neve Campbell (Party of Five) ini menampilkan latar karakter remaja di dekade-nya ini alias generasi X (Gen-X) yang tentunya, membaut filmnya terasa semakin relatable dengan keadaan generasi-nya kala itu.

29. Jurassic Park (1993)

Jurassic Park 1 980x520 1
Jurassic Park | CSO Sounds & Stories

Setelah memukau kita semua 2 dekade berturut-turut dengan Close Encounters of the Third Kind (1978) dan E.T (1982), sosok sutradara mumpuni, Steven Spielberg, lagi-lagi mendominasi dekade berikutnya ini, dengan rilisan film dinosaurus super populer ini.

JANGAN LEWATKAN •
Yuk Bikin Festival 90an Keren Versi Kita Sendiri!

Secara kisah, film yang diadaptasi dari novel karya Michael Crichton (1990) ini, memang biasa aja. Tapi yang membaut adaptasi ini menjadi keren binti legendaris, adalah kecanggihan efek teknologi-nya yang sukses membuat audiens kala itu yakin bahwa T-Rex dan kawan-kawannya, memanglah nyata.

Belum lagi, filmnya menampilkan performa keren dari seluruh aktor-nya yang alhasil, membuat seluruh karakter-karakter di filmnya masih begitu diingat hingga detik ini.

28. Mission: Impossible (1996)

Mission Impossible Vault 1996
Mission Impossible | Talk Film Society

Gak dipungkiri, bahwa seri drama mata-mata Mission: Impossible yang ditayangkan dari tahun 1966-1973), sangat nge-hit.

Tak ayal ketika Tom Cruise (A Few Good Man) bersama Paramount Pictures berinisiatif untuk membuat versi layar lebar-nya ini, terdapat lumayan banyak orang yang merasa skeptis.

Tapi pada akhirnya, ke-skeptisan tersebut berubah menjadi gemuruh tepuk tangan ketika adaptasi perdanannya ini, sukses banget di pasaran. Memang secara narasi, kisah film ini memiliki alur dan twist yang cukup musingin pala.

JANGAN LEWATKAN •
5 Film Ini Pernah Buat Masyarakat Geger, Kok Bisa?

Namun semua itu sedikit dimaafkan dan tertutupi oleh adegan-adegan action keren beserta tentunya, penampilan mengagumkan nan meyakinkan dari Cruise sebagai si agen top mata-mata Impossible Mission Force (IMF), Ethan Hunt.

27. Dazed & Confused (1993)

Dazed Confused 1993 Featured
Dazed Confused |Texas Monthly

Jauh sebelum sukses dengan trilogi Before (Before Sunrise, Before Sunset, Before Midnight) dan Boyhood (2014), adalah film coming of age inilah yang mempopulerkan sosok sutradara Richard Linklater.

Dan sama seperti dengan Boyhood serta film-film Linklater lainnya, adalah naskah-nya yang 50% tertulis & 50% improvisasi pemain-nya lah yang alhasil membuat kisah film-nya, terasa seperti menyaksikan sebuah dokumenter real-life saja.

Plus dengan gaya naskahnya tersebut, kitapun juga bisa melihat tumbuh kembang karakter-nya tanpa perlu terasa dibuat-buat. Oh ya aspek yang juga gak boleh dilupain, adalah seluruh calon aktor film ngetop yang tampil di film-nya ini.

JANGAN LEWATKAN •
23 Film Marvel Cinematic Universe Terkeren Sejauh Ini

Ben Affleck (Justice League), Adam Goldberg (Saving Private Ryan), Renee Zellweger (Judy), Milla Jovovich (Resident Evil), dan tentunya Matthew McConaughey (Magic Mike) yang dari film inilah, ia mempopulerkan catchphrase top-nya itu, “Alright, Alright, Alright”.

26. Reality Bites (1994)

B000id1j4k Realitybites Uxnb1. V391273506 Sx1080
Reality Bites | Amazon

Gue yakin pasti banyak dari kalian (termasuk gue) yang lebih duluan ngede-ngerin soundtrack film-nya ketimbang film-nya ini sendiri.

Ya, inilah film yang mempopulerkan lagu hit 90an “Stay (I Missed You)” milik vokalis wanita top, Lisa Loeb. Tapi jangan salah juga guys. Reality Bites alias film-nya, juga sama kerennya.

Sama seperti Scream dan Dazed & Confused, adalah fokus kisah percintaan ala generasi X-nya yang membuat film arahan Ben Stiller (The Cable Guy) ini menjadi sangat asyik nan romantis sendiri ketika disaksikan.

25. The Quick and the Dead (1995)

E4gosmnubvegvinl3bc5vc7fihu
The Quick and the Dead | Empire

Sebenarnya film koboi (western) arahan Sam Raimi (Spider-Man) ini, gak ada bedanya sih dengan film-film koboi kebanyakan.

JANGAN LEWATKAN •
20 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton!

Namun yang membuat The Quick and the Dead begitu dikenang, tentunya adalah sinematografi, pengarahan serta konsep kisah lone gunwomen-nya yang sangat fresh kala itu (biasanya tokoh utama film-film koboi, adalah koboi pria).

Oh ya, jangan lupain juga dengan seluruh aktor-aktor super top yang terlibat yang dimulai dari si senior Gene Hackman (Superman) hingga si Leonardo DiCaprio (Titanic) muda. Gak heran jika film ini, kerap dianggap film paling underrated gak hanya untuk ukuran film dekade 90an, namun juga di dalam filmografi milik Raimi.