30 Film Terkeren Dekade 1980an: Awal Modernisasi Sci-Fi & Dominasi Coming of Age

in ,
30 Film Terkeren Dekade 1980an
Back to the Future | BacktotheFuture

Dekade 80an, seperti yang gue udah sering bilang, merupakan dekade paling asyik dan dinamis di rana hiburan (entertainment).

Mau itu lagu atau film, semuanya sudah jauh lebih variatif dan lebih colorful. Terlebih rana film. Di dekade ini, genre sci-fi dan fantasi ngeyel sudah terlihat semakin canggih dan moderen saja. Maklumlah, di dekade ini jugalah, komputer sudah semakin canggih bahkan, masuk rumah aka PC.

Selain itu, genre coming of age juga banyak banget filmnya yang alhasil membuat remaja kala itu merasa super relatable dengan masalah yang juga mereka sedang hadapi sehari-harinya.

Atas fakta-fakta tersebut, maka gak heran seperti hal-nya musik, banyak banget film-film asyik nan keren yang diproduksi di dekade favorit sejuta umat ini. Namun dari semua, berikut adalah 30 terkeren diantaranya.

30. Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989)

Intro 1592407549
Bill & Ted’s Excellent Adventure |Looper

Bagi kamu yang memang movie mania, pastinya beberapa waktu lalu, udah menyaksikan cuplikan trailer film ketiga dari franchise film stoner ini, Bill & Ted: Face the Music yang sedianya akan dirilis pada tanggal 14 Agustus 2020 mendatang.

Dan gak heran jika film yang dibintangi oleh Alex Winter (Fever, Grand Piano) dan Keanu Reeves aka John Wick muda ini, bisa sampai 3 film. Pasalnya film ini emang enteng banget dicerna ceritanya, “mabok” untuk dilihat dan chemistry Winter-Reeves yang super luar biasa.

Dijamin even katakanlah kamu baru nonton filmnya pertama kali, bakalan langsung ketawa abis-abisan dan bahkan setelah itu meniru aksen stoner keduanya setiap kali mengucapkan kata “Excellent”, “Dude”, dan “Bogus”. Oh ya hampir lupa, kamu juga pasti bakalan langsung ber-gitar udara (air guitar) sampai pagi.

JANGAN LEWATKAN •
23 Film Marvel Cinematic Universe Terkeren Sejauh Ini

29. Batman (1989)

Tim Burton Batman1
Batman |Variety

Terlepas banyak orang yang mengatakan kalau Batman ter-oke adalah trilogi The Dark Knight milik sineas jenius, Christopher Nolan (Memento), Tapi tetep aja bagi gw dan beberapa fans, mem-favoritkan Batman milik sutradara Tim Burton (Beetlejuice) ini.

Kenapa? Selain penampilan Michael Keaton (Spotlight) dan Jack Nicholson (Terms of Endearment) yang super memukau sebagai Batman dan Joker-nya, Batman memiliki tone yang menurut gue sudah sangat pas dengan style gothic dan depresif Burton serta karakteristik keseluruhan si manusia kelelawar.

28. When Harry Met Sally (1989)

4a08f114e9e88c093aaaa68fc5574ce4ea83c6b1
When Harry Met Sally |Cinemablend

Sekilas ketika dirilis, film yang dibintangi oleh Billy Crystal (The Princess Bride) dan Meg Ryan (The Doors) ini, gak lebih dari film-fil komedi romantis (Rom-Com) kebanyakan.

Dan emang sih guys. Secara general, filmnya memang demikian. Tapi, yang membuat When Harry Met Sally beda, adalah chemistry mengagumkan Crystal dan Ryan, adegan “fake orgasm” yang ikonik itu, dan juga filosofi mendalam nan relaistis jika seorang pria dan wanita menjalin hubungan pertemanan.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Film Adventure Terbaik, Mulai dari Arkeolog hingga Bajak Laut

27. Top Gun (1986)

19sp Topgun Inyt1 Superjumbo
Top Gun |The New York Times

Memang, film yang membuat audiens pertama kali tahu nama dan sosok Tom Cruise adalah film drama remaja coming of age, Risky Business (1983).

Tentunya hal tersebut dikarenakan adegan berdansa handuk kamar mandi yang sangat ikonik itu. Walau demikian, tetep aja yang sukses me-mainstream-kan sosok Crusie, adalah drama aviasi ini.

Sebenarnya, kisah Top Gun biasa-biasa saja. Intinya film ini mengisahkan Pilot angkatan laut Pete “Maverick” Mitchell (Cruise) yang melakukan seis pelatihan (training) dengan calon-calon pilot lain di kapal pelabuhan pesawat (aircraft carrier) terkenal, USS Enterprise.

Tapi yang membautnya begitu hit bahkan cult classic, adalah kharisma Cruise dan tentunya, soundtrack-soundtrack filmnya yang enak banget terutama, soundtrack utama, “Take My Breath Away” dari grup Berlin.

26. Beetlejuice (1988)

Beetlejuice1
Beetlejuice |Design My Night

Jauh sebelum bekerjasama dengan sutradara gothic, Tim Burton di Batman (1989), si sosok Batman-nya, Michael Keaton dan Burton, melakukan kerjasama sukses pertamanya melalui film komedi-horor ini.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Film Perjalanan Waktu Terbaik Sepanjang Masa

Disinilah kita bisa melihat kegilaan sekaligus kejeniusan Keaton sebagai sosok komedian. Tentunya kata jenius juga harus disematkan ke pengarahan sekaligus ide cerita yang ditampilkan Burton di filmnya ini.

Pokoknya, kalau belom nonton wah, rugi deh. Soalnya Bettlejuice adalah salah satu film paling fun yang dirilis di dekade-nya ini.

25. Fast Times at Ridgemont High (1982)

Ee3a943a Fd87 44d6 9923 Bcc9a22f84a6 260 0000004d0316642b
Fast Times at Ridgemont High | Papa Woody’s Wood Fired Pizza

Diirlis di awal-awal dekade 80an, film arahan Amy Heckerling (Clueless) ini kala itu langsung hit.

Pasalnya, Fast Times sukses menggambarkan evolusi gaya hidup anak muda di dekadenya. Di dekade ini seperti yang digambarkan di filmnya, sifat berontak (rebel) seenak jidad aka cuek, kian menggila saja.

Seperti yang kita lihat saja di foto penyerta pembahasannya, karakter Jeff Spicoli (Sean Penn) dengan cuek-nys memesan dan memakan Pizza di dalam kelas tanpa dosa sama sekali.

JANGAN LEWATKAN •
Tom Holland Jadi Marty McFly, Back to the Future Bakal Dibuat Ulang?

Selain pemberontakannya, yang membuat film yang diadapatsi dari novel karya Cameron Crowe begitu dikenang hingga detik ini tentunya adalah adegan seksi keluar kolam renang yang dilakukan oleh karakter Linda Barrett (Phoebe Cates). Pasti kamu inget deh adegannya he…he