30 Film Terkeren Dekade 1980an: Awal Modernisasi Sci-Fi & Dominasi Coming of Age

in ,

18. Big (1988)

Big Movie
Big | Cinema Sips

Tentunya ketika kecil, kita sering banget berharap untuk cepat-cepat jadi dewasa. Dan tentunya juga di dunia nyata hal tersebut, gak semudah seperti membalikkan telapak tangan.

Tapi faktanya, gak demikian dengan film yang dibintangi si legenda, Tom Hanks (Toy Story) ini. Karena film arahan Penny Marshall (A League of Their Own) uini sukses menghidupkan fantasi kecil kita tersebut.

Dan Hanks sebagai Josh Baskin dewasa (versi ciliknya diperankan oleh David Moscow), sangatlah gokil di filmnya ini. Hanks yang kala itu berusia sekitar 21-22 tahun, sukses bertransformasi layaknya seperti bocah 12 tahun kebanyakan.

Gak dipungkiri bahwa kehebatan transformasinya ini, merupakan ujian sekaligus pembuktian hebat Hanks sebagai seorang aktor.

17. Raging Bull (1980)

Raging Bull
Raging Bull | Movies Ate My Life

Rocky (1976) yang dibintangi oleh Sylvester Stallone (Rambo), gak dipungkiri adalah film drama tinju keren nan klasik sepanjang masa. Alhasil gak heran jika banyak yang kaget banget ketika film biopik petinju Jake LaMotta ini dirilis.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Film Adventure Terbaik, Mulai dari Arkeolog hingga Bajak Laut

Di-shot dalam tampilan hitam putih, alhasil sukses memberikan feel emosional dan kedalaman dari film serta karakternya.

Belum lagi, penampilan si aktor legendaris Robert DeNiro sebagai sang petinju, kian membuat Raging Bull terlihat kian intens ketika disaksikan dan tentunya, memberikannya penghargaan aktor terbaik di ajang penghargaan Oscar tahun 1981.

16. Heathers (1989)

Heathers Slater Ryder 9192 H 2016 0
Heathers | Hollywood Reporter

Genre black comedy bagi kamu yang mungkin belum ngerti, adalah genre komedi yang unsur kelucuannya ditampilkan melalui perbuatan atau visual yang miris atau tidak nyaman atau bisa juga kesleuruhan tema-nya dalam rana tersebut.

Dan di dekade 80an, masih sangat sedikit sineas yang membuat film ber-genre ini. Namun sekalinya dibuat dan dirilis, film tersebut langsung menjadi pembicaraan. Dan Heathers adalah salah satunya.

Film ini mengisahkan siswi SMA, Veronica Swayer (Winona Ryder) yang tergabung dalam geng trio wanita (Veronica adalah anggota keempat) yang ketiganya memiliki nama depan Heather.

JANGAN LEWATKAN •
30 Film Terkeren 90an: Era Eksplorasi & Campur Aduk di Hollywood
Heathers 1
Heathers |Catatan Tia

Nah geng yang juga dikenal dengan sebutan Heathers ini, adalah trio terpopuler di sekolahnya. Dan Veronica sudah lama bergabung bersama mereka. Karena sudah lama dan sudah gak betah dengan kelakukan ketiganya yang sombong, iapun ingin keluar.

Alhasil, iapun berinisiatif untuk keluar dengan berencana membunuh pemimpin geng-nya, Heather Chandler (Kim Walker). Veronica kian mantap dengan rencananya ketika ia bertemu dengan pria badung pemberontak, Jason Dean alias J.D (Christian Slater).

Iklan Guardian Tales - Middle Post (336x280)

Ketika membaca sinopsis tersebut, mungkin kamu langsung bergumam (bagi yang belum nonton), “wuih unik nih, beda”. Emang banget guys. Heathers memang bukan tipikal film teen 80an kebanyakan, ada komedi, thriller, sedikit action.

Intinya seperti yang dikatakan sebelumnya, Heathers memanglah pelopor black comedy yang gokil banget.

15. St. Elmo’s Fire (1985)

Image
St. Elmo’s Fire | Entertainment Weekly

Setelah hampir 5 bulan sebelumnya audiens remaja menyaksikan hit coming of age, The Breakfast Club, 5 bulan kemudian film arahan sutradara yang ketika tulsian ini dibuat belum lama ini baru saja meninggal dunia, Joel Schumacher inipun, dirilis.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 1980-an: Dekade Dinamis Nan Favorit Sepanjang Masa

Walau menghadirkan 3 bintang Breakfast Club-nya besrta Demi Moore (Ghost) ketika muda, dan storyline yang hingga kini masih sangat relevan dengan kebanyakan sisaw-siawi SMA yang baru lulus, sayang kala itu St. Elmo’s Fire masih kalah hit dari The Breakfast Club.

Walau demikian, tetap saja bagi gue pribadi dan mungkin sebagian besar kalian yang sesusia, film ini masih memberikan efek nostalgis mendalam tidak hanya terhadap filmnya dan kedua soundtrack-nya yang legendaris, namun juga terhadap masa-masa lulus SMA itu.

14. Star Wars Episode 6: Return of the Jedi (1983)

Scale.01
Star Wars Episode 6: Return of the Jedi | The Ringer

Oke oke, mungkin banyak dari kalian yang menganggap Star Wars Episode 5: The Empire Strikes Back (1980), adalah film SW terbaik sepanjang masa (bahkan banyak kritikus yang menganggap demikian).

Dan memang dengan twist “aku babe-mu” itu, siapa sih yang gak menganggapnya terbaik? Tapi entah mengapa bagi gue pribadi, adalah sekuel sekaligus penutup paruh saga Skywalker (sori gue gak nganggep Episode 7-9 ya!) inilah yang paling keren.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Film Perjalanan Waktu Terbaik Sepanjang Masa

Selain memiliki tampilan environment yang lebih colorful (terutama Planet Endor), ya pokoknya secara overall , asyik aja filmnya. lebih fun. Terlebih pas adegan Darth Vader (David Prowse) yang akhirnya kembali ke sisi terang dang membunuh Darth Sidious (Ian McDiarmid), mantap tenan!

Ya kalau kamu masih gak setuju kalau Return of the Jedi lebih keren dari Empire, tenang saja guys. Bahkan semenjak perilisannya hingga detik ini, kedua film SW klasik ini memang masih terus dibandingkan dan memiliki fanbase masing-masing nya.

13. WarGames (1983)

M8qcwokhffn21
WarGames | Reddit

Seperti yang dikatakan di paragraf pembuka, dekade 80an, adalah dekade dimana PC atau komputer secara general sedang jaya-jayanya.

Dan film arahan John Badham (Short Circuit) ini, sukses banget dalam memanfaatkan momentumnya. Dibintangi oleh Matthew Broderick pre Ferris Bueller’s Day off dan Ally Sheedy pre The Breakfast Club, WarGames benar-benar memberikan hype besar-besaran pada kemampuan dari sebuah PC kala itu.

JANGAN LEWATKAN •
Tom Holland Jadi Marty McFly, Back to the Future Bakal Dibuat Ulang?

Selain itu, film ini juga sukses dalam menampilkan kepolosan (innocent) dari sosok remaja ingusan pada umumnya dan oh ya, (hampir saja) Perang Dunia 3

Bagikan jika kamu suka