30 Film Terkeren Dekade 1980an: Awal Modernisasi Sci-Fi & Dominasi Coming of Age

in ,

6. Blade Runner (1982)

62223746 1197 11ea 82cd 148dc44829b8 Image Hires 011549
Blade Runner | South China Morning Post

Seperti kita tahu, semenjak tahun 1977 hingga awal 80an, adalah Star Wars yang dianggap sci-fi canggih dan revolusioner.

Namun semua itu berubah ketika si sutradara Alien (1979) Ridley Scott membuat film yang basis plot-nya diadaptasi dari novel sci-fi hit, Drem of Electric Sheep? (1968) buah karya Philip K. Dick ini.

Satu kata sih guys, WOW! Dengan keterbatasan teknologi komputer di dekade-nya ini, Scott sukses menampilkan kota futuristik yang benar-benar terlihat canggih dan tentunya membuat seluruh audiens-nya kala itu menganga sendiri ketika menyaksikannya.

Benar-benar merupakan sebuah revolusi visual di dalam dunia sinema. Alhasil, membuat kita menjadi tak peduli dengan kejelimetan plot-nya itu. Oh ya ngomong-ngomong soal plot, bisa dikatakan Blade Runner adalah salah satu film yang mana kejlimetan plot-nay masih diperdebatkan hingga sekarang.

JANGAN LEWATKAN •
23 Film Marvel Cinematic Universe Terkeren Sejauh Ini

Satu hal terakhir, yep guys Deckard (Harrison Ford) adalah Replican bukan manusia. Gak setuju? Yuk deh debat! He..he..he

5. Rain Man (1988)

7yznl7kaksm3quzaxw6dahlnval
Rain Man | Onion Play

Lagi-lagi nama Tom Cruise ada di daftar ini. Dan gak heran memang. Karena Cruise memanglah aktor paling hot commodity di dekade ini.

Semua film yang dibintanginya pasti langsung hit. Namun drai Top Gun, Risky Business, Cocktail, dan lainnya, tetep aja bagi gue adalah di film Rain Man ini yang paling keren.

Soalnya Cruise memerankan seorang adik yang mana, kakak laik-lakinya, Ray Babbitt (Dustin Hoffman), penderita autis. Beradu akting dengan aktor method seperti Hoffman aja udah berat, ditambah lagi, Cruise harus yang banyak “membawa” filmnya ketimbang sang senior, makin dobel bahkan tripel deh beratnya.

Tapi untunglah Cruise sukses banget dalam me-navigasi kesulitannya tersebut. Alhasil membuat Rain Man seperti yang dikatakan sebelumnya, penampilan Cruise terbaik di dekade ini setelah memerankan Joel Goodson di Risky Business 5 tahun sebelumnya.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Film Adventure Terbaik, Mulai dari Arkeolog hingga Bajak Laut

4. The Shining (1980)

9f92738e 2b3e 491b A38e 98004058c4a5 Maxresdefault
The Shining | Bustle

Bagi gue pribadi dan mungkin beberapa dari kalian, adaptasi novel horor Stephen King berjudul sama ini, adlaah film horor terseram sepanjang masa.

Dan gak heran. Pasalnya sutradara legendaris, Stanley Kubrick (2001: A Space Oddysey) sukses mnyuntikkan elemen paranoid sekaligus kewarasan pelan-pelan yang kian dirasakan oleh Jack Torrance (Jack Niholson) di film-nya, juga ke otak dan kedua mata kita.

Belum lagi shot-shot yang ditangkap Kubrick di film-nya ini ditangkap dengan presisi angle yang sempurna namun, tetap sukses mempertahankan unsur creepy psikologis-nya.

3. The Breakfast Club (1985)

Eu7m9okucaeszya
The Breakfast Club | Twitter / Budak Skripsi

Waduh! Sepertinya gue gak perlu jelasin panjang lebar lagi kan kenapa The Breakfast Club masuk daftar ini, dan memang kerap dianggap sebagai film influensial di dekade 80an?

Iklan Guardian Tales - Middle Post (336x280)

Karena ya memang udah jelas banget sih. Selain naskah kisahnya enteng namun, di saat yang sama tetap terasa berat (men-tackling isu abussive parent dan ketidakstabilan emosi intinya, mental illness) dan penampilan keren dari seluruh bintangnya, adalah kejeniusan Hughes dalam menyeimbangkan porsi peran-nya lah yang sangat di-applaud oleh banyak audiens dan kritikus hingag detik ini.

JANGAN LEWATKAN •
Tom Holland Jadi Marty McFly, Back to the Future Bakal Dibuat Ulang?

Lebih spesifiknya, selain kelima karakter-nya ditampilkan dengan kepribadian unik (ciri khas) tersendiri, serta mendapatkan jatah / porsi peran yang pas lagi berimbang.

2. Back to the Future (1985)

1 Hgosarjbyeemwlrwbcgniw
Back to the Future 1 | Medium

Dua film pertama drai franchise sci-fi legendaris ini, dirilis di dekade 80an. Dua-duanya emang sama kerennya.

Tapi tetep aja bagi gue pribadi, adalah film yang memulai semuanya lah yang masih keren dan membekas hingga detik ini. Memang sekuelnya, Back to the Future Part II (1989), membawa kita berimajinasi bagaimana keadaan tahun 2015 (gambaran di tahun tersebut).

Tapi tetep aja balik bernostalgia itu dimana-mana jauh lebih seru daripada mengkhayalkan bagaimana nantinya 20 atau 30 tahun dari sekarang. Selain itu ya secara kesleuruhan kisah film orisinilnya ini masih sangat simpel untuk dicerna.

1. Ferris Bueller’s Day Off (1986)

20140707 Ferris Bueller Car 1440x743 1
Ferris Bueller’s Day Off | Do512 Family

Sebenernya kalau gue bisa bikin daftar ini sampai 100 besar, gue akan masukin semua film keren yang ada di dekadenya. Tapi hmm, tetep aja sih even 500 atau 1000 terbaik, nomor satunya bagi gue ya film karya (lagi dan lagi) John Hughes ini.

JANGAN LEWATKAN •
30 Film Terkeren 90an: Era Eksplorasi & Campur Aduk di Hollywood

Gue sih juga sebenernya bimbang antara Back to the Future atau film ini yang harus menempati posisi puncak. Karena dua-duanya bagi gue keren banget, Tapi pada akhirnya gue memilih Ferris.

Alasannya, film ini bukan hanya sekedar tentang film coming of age komedi yang menceritakan sosok murid SMA Ferris Bueller (Matthew Broderick) yang kepingin bolos dan menjadikan hari bolos seharinya tersebut benar-benar maksimal, oh bukan hanya sekedar itu.

Film ini bisa dibilang sangat revolusioner dan grounbreaking di dunia sinema. Spesifiknya tentu adalah pengenalan pemecahan dinding ke-4 (breaking the 4th wall) yang ditampilkan dari awal hingga akhir yang mana, kala itu belum pernah dilakukan sebelumnya.

Oke koreksi, film Alfie yang dibintangi oleh Michael Caine (The Dark Knight) di tahun 1966 adalah yang pertama melakukannya. Tapi tetep aja yang mempopulerkannya, adalah Ferries Bueller’s.

Saking populer-nya, adegan akhir kredit film inipun, kemudian diparodikan di film superhero Marvel, Deadpool (2016) di bagian akhir kredit-nya juga. Dan alasan lainnya tentu, adalah pilihan soundtrack-soundtrack-nya yang ajib-ajib banget.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 1980-an: Dekade Dinamis Nan Favorit Sepanjang Masa

Nah itulah tadi, 30 film terkeren di dekade 1980an. Dari semuanya, yang mana nih yang favorit kalian?

Bagikan jika kamu suka