AnimasiMovieMovie List

10 Film Pixar Yang Akan Bikin Kita Nangis Bombay Ketika Menontonnya

Inilah 10 film Pixar sedih yang dijamin akan bikin kita nangis bombay sendiri ketika menontonnya.

Walaupun film-filmnya merupakan film berformat animasi yang terlihat lucu-lucu, namun tak memungkiri plot kisah dalam film animasi Pixar, kerap menguras air mata kita. Padahal sekali lagi kalau kita pikir, filmnya berformat animasi yang seharusnya terasa riang gembira.

film pixar sedih
Inside Out | Walt Disney Motions Pictures

Tapi ya begitulah keadaannya guys. Nah dari seluruh rilisan film-film Pixar sedih tersebut, berikut adalah 10 film Pixar sedih yang dijamin akan bikin kita nangis bombay sendiri ketika menontonnya.

Film Pixar Sedih

10. Wall-E (2008)

Film Pixar sedih pertama yang dijamin akan bikin kita nangis bombay ketika menontonnya adalah Wall-E.

Kalau kita pikir sekali lagi, film ini berkonsep menggunakan karakter robot. Namun siapa sangka sebuah mesin canggih ini, bisa memberikan pukulan telak ke dalam hati kita hingga mewek sendiri.

Tapi ya memang itulah yang berhasil Pixar lakukan melalui film ini. Dengan tema kesendirian dan hilangnya kehidupan menyenangkan baik terhadap diri sendiri maupun bersama yang kita cintai, tak ayal membuat kisah ini sangat relevan dan sedih banget.

9. Toy Story 2 (1999)

Film Pixar sedih selanjutnya adalah sekuel Toy Story (1995) ini. Memang kalau dibandingkan Toy Story 3 dan Toy Story 4, Toy Story 2 memang masih jauh kalah sedihnya. Namun, bukan berarti film keduanya ini, tidak memberikan kita sedikit tetesan air mata.

Selain membuat kita terharu di adegan Buzzlightyear (Tim Allen) yang mengajak Woody (Tom Hanks) balik bersama grup mainan Andy. Kita juga terharu dengan backstory si koboi wanita, Jessie (Joan Cusack) yang dilupakan oleh pemiliknya, Emily.

8. Monster Inc. (2001)

Umumnya film bertemakan atau berkarakter monster (walau itu berformat animasi), akanlah menyeramkan. Namun Monster Inc. sukses merubah pandangan kita tersebut.

Yang ada, kita justru malah menjadi sangat terharu dengan kisah kedua sahabat monster, Sulley (John Goodman) dan Mike (Billy Crystal) beserta anak gadis yang menjadi sahabat keduanya, Boo (Mary Gibbs).

Selected for you
Sutradara Turning Red Harap Filmnya Patahkan Pembicaraan Tabu Mengenai Pubertas

Siapa sangka film yang sekali lagi dengan karakter utama monster ini, mengangkat tema kesendirian dan tidak rela berpisah yang benar-benar relevan.

Terlebih ketika adegannya menampilkan Boo membuka lemari pakaiannya yang biasanya menjadi portal Sulley dan Mike ke kamarnya, di akhir film kembali menjadi lemari biasa. Benar-benar membuat baper sendiri ketika menyaksikannya.

7. Toy Story 4 (2019)

Jujur ketika gue (well kebanyakan dari kalian mungkin juga sih) mengetahui adanya film ke-4 Toy Story ini, gue merasa sangat was-was dan sedikit kesal sih. Pasalnya ending Toy Story 3 sudah sempurna banget. Ngapain sih dilanjutin lagi?

Dan ternyata film keempatnya ini juga sama okenya dengan ke-3 film sebelumnya. Juga selain itu, filmnya masih sukses membuat kita menitikkan air mata walau memang, tidak sedahsyat film ketiganya dulu.

Tapi tetap kok filmnya bisa membuat kita terharu biru. Spesifiknya ketika ending-nya mengisyaratkan bahwa kini seluruh mainan Andy dikepalai oleh Jessie. Dan Woody beserta Bo Peep (Annie Potts), kini sudah tidakkbersama mereka lagi.

Keduanya kini akan berpetualang bersama untuk menjadi penyenang hati seluruh anak-anaknya. Ketika menyaksikan adegan pergantian generasi mainan barunya ini, tak ayal membuat kita langsung emosional untuk berpisah dengan sheriff yang setia bersama kita selama 2 dekade tersebut.

6. Finding Nemo (2003)

https://www.youtube.com/watch?v=DDtUWcIOAnw

Walau adegan kesedihannya sederhana, alias kisah adegannya sudah sering kita lihat di film lain, tetap saja adegannya membuat kita mewek tidak karuan.

Adegan tersebut tentunya ketika Marlin (Albert Brooks) dan Nemo (Alexander Gould), akhirnya bertemu lagi setelah dari awal hingga menjelang akhir film, Nemo hilang dari pengawasan sang ayah.

Jangankan kita yang jelas-jelas sudah tidak punya ayah lagi. Kita-kita yang masih punya ayah pun juga langsung nangis gak karuan dan langsung mencium bahkan, memeluk hangat kembali ayah kita.

Bahkan mungkin sampai meminta maaf atas kesalahan yang mungkin kita pernah kita buat terhadapnya. Jadi sayangilah ayah kalian ya guys!

5. Onward (2020)

Lagi-lagi film Pixar yang bertemakan ayah tercinta. Dan kali ini adalah kisah mengenai kakak beradik, Ian (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt).

Selected for you
Mengapa Bullseye Toy Story Gak Pernah Berbicara Sama Sekali?

Keduanya dalam film ini dikisahkan harus mencari batu permata bernama Phoenix Gem yang memiliki kemampuan magis. Spesifiknya, batu permata ini bisa menghidupkan kembali seseorang dalam 24 jam.

Nah mengetahui ini, keduanya pun berinisiatif untuk menggunakan phoenix gem untuk menghidupkan ayah tercinta mereka, Wilden (Kyle Bornheimer). Ya pada dasarnya walau mungkin sang ayah nantinya kembali dalam 24 jam saja, yang penting keduanya bisa melihat lagi sosok tercinta keduanya ini.

Keharuan pun semakin menjadi ketika selama perjalanan, Ian dan Barley secara perlahan, mulai memiliki diskusi dan petualangan emosional. Yang mana akhirnya keduanya, mengetahui makna keluarga yang sesungguhnya.

4. Coco (2017)

Waduh sepertinya Pixar suka sekali ya menampilkan kisah yang berpusat pada seorang ayah. Mau sang ayahnya menjadi subyek karakternya atau obyek karakternya. Dan setelah Finding Nemo dan Onward, kini giliran Coco.

Dengan latar perayaan tradisional Meksiko, Dia de Muertos atau Day of the Dead, film ini mengambil arahan unik untuk mengisahkan kekangenan seorang anak ke ayahnya yang sudah lama meninggal dunia melalui cucunya.

Dan ketika Miguel (Anthoby Gonzalez) menyanyikan ‘Remember Me’ ke Mama Coco (Ana Ofelia Muruguia), lagu yang merupakan lagu milik ayah Coco yang sudah meninggal, Hector (Gael Garcia Bernal), langsung membuatnya menitikkan air mata.

Kitapun yang menyaksikan, turut menitikkan air mata. Tentunya kita semua pernah mengalami bukan ketika tiba-tiba menitikkan air mata atau mewek, setelah mendengar lagu yang mengingatkan kita ke ayah tercinta? Ya sama seperti itulah rasanya ketika kita menyaksikan adegan ini.

3. Up (2009)

Awalnya ketika menyaksikan trailer dan screenshot filmnya, kita merasa terpukau dengan konsep rumah yang bisa terbang di udara dengan menggunakan banyak balon saja.

Namun keterpukauan itu berubah menjadi tangisan air mata ketika mengetahui backstory dari rumah balon yang dibuat oleh kakek bernama Carl Fredricksen (Ed Asner) ini. Faktanya rumah balon ini merupakan impian sekaligus janjinya kepada sang istri, Ellie.

Jadi awalnya Carl menginginkan dan sudah berjanji ke Ellie, untuk melakukan perjalanan romantis ke Paradise Falls. Sayang karena selalu ada saja hal-hal yang menghalangi, alhasil rencana selalu tertunda.

Dan ketika rencana akhirnya akan dilaksanakan, Ellie malah keburu meninggal dunia. Ya, kisah penebusan dan rasa bersalah Carl ini benar-benar terkemas dengan sangat mengharukan. Pokoknya akan membuat kamu benar-benar mengharu biru sendiri ketika menyaksikannya.

Selected for you
Disney Bagikan Banyak Poster Tahun Baru China

2. Brave (2012)

Setelah dari tadi ngomongin film Pixar yang berfokus pada seorang ayah, nah sekarang kita berfokus pada sosok yang melahirkan kita, ibu. Dan sebagai sosok yang sejak 13 tahun hanya bersama ibu saja, film inilah justru yang membuat gue mewek sendiri.

Dan yang gokilnya, semua adegan yang ditampilkan dalam film ini sangat relatable. Mulai dari Merida (Kelly Macdonald) yang pertama berkonflik hebat dengan sang ibu, Elinor (Emma Thompson), hingga Merida yang berharap ibunya tidak bersamanya lagi.

Untungnya keinginan Merida ini tidak terjadi setelah di akhir filmnya, kutukan menjadi beruang itu tidak menjadi permanen. Menyaksikan film ini, gue pun menyadari bahwa sekuat-kuatnya diri kita, tetap saja pada akhirnya akan terisak pula ketika ibu kita terkena masalah yang sangat besar.

1. Toy Story 3 (2010)

Yap, film mana lagi bukan yang menempati posisi puncak daftar ini kalau bukan film ketiga Toy Story ini? Dan kalau kita pikir sekali lagi, apa yang franchise Toy Story lakukan terhadap emosi kita ini benar-benar “keterlaluan sekali”.

Apalagi Toy Story 3. Ya, siapa sangka kalau ending perpisahan Andy (John Morris) dengan Woody beserta geng mainannya itu, bisa membuat kita yang notabene manusia biasa, langsung mewek nan bombay tidak karuan?

Padahal kita menyaksikan manusia berpisah dengan mainan yang notabene, benda mati (walau ya dalam seri ini, mereka bisa hidup). Dan setiap kali kita menyaksikan ulang filmnya, rasa tersebut pasti kita akan menitikkan air mata lagi untuk mungkin yang ke-50 kalinya.

Benar-benar luar biasa apa yang franchise ini dan Pixar lakukan terhadap audiens-nya. Itulah tadi 10 film Pixar sedih yang dijamin akan bikin kita nangis bombay sendiri ketika menontonnya.

Dari 10 film tersebut yang manakah yang menurut kalian paling sedih? komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications